me

Bisa Main Kembang Api Jadi Alesan Anak-anak Demen Takbiran

May 06, 2021.By
Bagikan

Photo via unsplash.com

Malem takbiran jadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu buat nyambut Lebaran. Gak cuma orang gede, anak-anak juga demen banget ikut takbiran. Soalnya, pas malem takbiran kan anak-anak dibolehin pulang malem. Makanya, pada semangat dah tuh kalo udah masuk takbiran, setaun sekali soalnya. 

Kalo uda malem takbiran, sebelum azan Isya, anak-anak uda pada nangkring di masjid biar gak ketinggalan buat ngeramein mukul bedug. Sambil nunggu, biasanya pada lari-lari di halaman masjid atau bisa juga pada main kembang api yang kotaknya sampe puluhan gak abis-abis.  Ada juga yang demen banget main petasan banting yang dilempar ke sana ke mari (hadeeeeh suka bikin jantung saya deg-degan sebenernya gara-gara bunyinya ngagetin). 

Biasanya, pas takbiran keliling kampung pada bawa obor biar makin berasa aja suasana takbirannya. Trus, ada juga yang nabuh bedug sambil nyuarain gema takbir. Pokoknya mah rame banget bawaannya, makin berasa aja deh suasana takbiran. Berasa lega banget udah bisa ngelewatin puasa sebulan penuh. 

Ada juga yang malem takbirannya bantuin ibu-ibu di rumah bikin ketupat. Keliatannya sih gampang banget cuma masukin beras ke ketupat. Aslinya mah susah, soalnya kudu masukin takaran yang pas. Kalo kelebihan bisa-bisa tuh ketupat keras, eh gak jadi Lebaran deh besoknya hehehe.

Nah, pas ketupat udah jadi, biasanya kan disuruh anterin makanan ke rumah sodara. Pergi tuh pake sepeda sambil bawa rantang yang isinya banyak makanan. Bawanya juga kudu tiati biar makanannya gak tumpah. Kalo tumpah bisa-bisa tuh rantang sayur pas nyampe tempat udah sisa daging doang, gak ada kuahnya hahaha. Trus, pas pulang rantang uda diisi lagi sama makanan yang dikasi sodara. Jadi, ibaratnya kek tukeran makanan gitu deh. 

Gak cuma itu, biasanya juga uda dikasi THR duluan sama sodara. Ini alesan kenapa anak demen banget takbiran biar bisa disuruh nganter makanan trus dapet THR duluan deh. Hihihi. 

Seru yak ngerayain malem takbiran bareng keluarga sama temen-temen. Ada aja hal seru yang didapetin. Cuma sayangnya, tahun ini masih pandemi, jadi masih gak boleh tuh ngumpul rame-rame. Huhuhu padahal saya udah kangen banget nabuh bedug sama temen-temen komplek. Cuma kan ini  demi kebaikan semua. Yang penting, inti dari takbiran kan ngerayain kemenangan, soalnya udah ngelewatin puasa sebulan penuh. Semoga semua ibadah yang kita jalanin sebulan ini diterima sama Allah SWT ya. Aminnnnn…

SEBELUM LEBARAN, MENDING BELANJA DI HIKMAH RAMADHAN BLIBLI

Tag: