Berbicara mengenai kopi, nama Indonesia harus termasuk di dalamnya. Mengapa? Indonesia adalah negara produsen kopi terbesar nomor empat di dunia. Kopi termahal di dunia juga berasal dari Indonesia, yang pasti sudah kamu tahu. Ya, kopi luwak. Ikon bahasa pemrograman komputer Java, konon juga berasal dari nikmatnya kopi Jawa yang diseruput oleh James Gosling, pencipta pemrograman Java.

Fakta-fakta tadi menjadi bukti bahwa kopi Indonesia sangat istimewa bagi para pecinta kopi, bukan saja di Indonesia, tapi juga di berbagai belahan dunia. Jenis kopi enak di Indonesia jumlahnya memang sangat banyak. Uniknya, masing-masing kopi yang berasal dari Indonesia memiliki aroma dan citarasa yang berbeda-beda. Kamu bisa melihat jenis kopi nusantara di Blibli.com. Kamu juga bisa memilih kopi Nusantara di Blibli.com yang memiliki kualitas produk terjamin dan semua siap kirim ke rumahmu bebas ongkos.

Kopi terbaik dari para petani berpengalaman akan menghasilkan seduhan kopi terbaik untuk menemanimu bekerja atau bersantai bersama keluarga. Nah, apakah kamu sudah memiliki kopi favorit untuk diseduh? Bila belum, pertimbangkan lima pilihan kopi ini sebagai pelengkap koleksi kopi di rumah:

Gayo

gayo indonesia

Kopi dari Aceh ini merupakan salah satu kopi paling terkenal dari Pulau Sumatera. Kopi yang umumnya berjenis Arabika ini memiliki citarasa sedikit gurih dan hampir tidak menyisakan rasa pahit di lidah. Kopi Gayo sering disejajarkan dengan kopi Blue Mountain dari Jamaika.

Lanang

kopi lanang indonesia

Kopi lanang adalah kopi yang sangat unik. Berbeda dengan umumnya biji kopi yang memiliki dua biji, kopi lanang hanya terdiri dari satu biji kopi. Kopi jenis ini biasa disebut dengan peaberry dan biasanya hanya ditemukan di Jawa dan kaki gunung Kilimanjaro di Tanzania. Kopi ini memiliki tekstur kental dan beraroma buah.

Bali

kopi bali indonesia

Kopi dari Pulau Dewata tak kalah terkenal dibanding dua kopi di atas. Kopi kintamani dari Bali adalah salah satu kopi yang sudah mendapat sertifikasi CIRAD, yaitu sertifikasi indikasi geografis. Belum banyak kopi di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi CIRAD. Bila penasaran dengan kopi bali, cek langsung di sini.

Toraja

 toraja kopi indonesia

Salah satu kopi paling terkenal dan banyak disukai orang adalah kopi toraja. Kopi dari Sulawesi ini memiliki tekstur lembut dan citarasa yang tidak terlalu keras. Tidak aneh kopi toraja banyak disukai pria dan wanita. Bagi orang yang baru mengenal kopi, biasanya langsung jatuh hati dengan citarasa kopi toraja.

 Wamena

wamena kopi indonesia

Tanah Papua tak hanya kaya hasil mineral, tapi juga kopi. Kopi wamena terkenal sebagai salah satu kopi terbaik, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Kopi wamena terkenal dengan citarasa unik dengan citarasa anggur di dalamnya dan memiliki keasaman sedang. Kopi wamena umumnya masih diproses dengan cara tradisional, tapi tetap mengutamakan kualitas.

Melihat daftar di atas, rasanya tak salah menyebut kopi Indonesia sebagai kopi terenak di dunia. Sudah ngopi hari ini?

 

Raya

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY.

I love to travelling around Indonesia, because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other.

When i stay in the city, I usually going to spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends :)
Raya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY