me

Aturan Naik Pesawat Terbaru yang Wajib Kamu Tahu

Oct 25, 2021.By Nadine
Bagikan

Image source: ef.com

Kamu ada rencana untuk naik pesawat waktu dekat ini? Kamu harus tahu karena ada aturan naik pesawat terbaru yang wajib untuk dipatuhi. Dengan mematuhi aturan ini perjalananmu menjadi lebih mudah dan aman sampai tujuan. Aturan ini dibuat pemerintah untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar penyebaran virus tidak semakin banyak.

Sebenarnya aturan ini hampir sama dengan aturan sebelumnya, hanya saja ada beberapa point yang diubah untuk syarat penerbangan. Penasaran dengan aturan apa saja yang harus dipatuhi? Blibli Friends bisa menyimak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga : Tips Naik Pesawat yang Harus Kamu Baca Sebelum Traveling

_________________________________________________________________________________________________________________________

Syarat Melakukan Perjalanan Pesawat

perjalanan pesawat
Image source: travel.okezone.com

Ada beberapa aturan penting yang perlu dipatuhi untuk bisa melakukan perjalanan menuju Jawa-Bali dengan nyaman. Kamu perlu melampirkan sertifikat vaksin paling tidak dosis pertama disertai dengan hasil tes PCR paling tidak 2×24 jam sebelum penerbangan dilakukan. Syarat ini harus dipatuhi oleh Blibli Friends yang ingin mengunjungi antar kota masih di dalam Jawa dan Bali.

Kemudian aturan berikutnya yang perlu dipahami adalah bagi kamu yang sudah melakukan vaksin dosis kedua atau dosis lengkap wajib membawa sertifikat vaksin lengkap dua dosis dan surat keterangan Rapid Antigen negatif paling tidak 1×24 jam sebelum keberangkatan. Syarat ini berlaku untukmu yang ingin mengunjungi wilayah antar kota yang masih di dalam Jawa-Bali.

Aturan selanjutnya yang harus dipatuhi ini untuk Blibli Friends yang hendak masuk atau keluar ke wilayah Jawa-Bali wajib melampirkan PCR minimal 2×24 jam sebelum keberangkatan. Kamu juga harus melampirkan kartu vaksin minimal dosis pertama atau lengkap untuk bisa melalui perjalanan. Aturan ini berlaku untuk penumpang minimal berumur 12 tahunan.

Aturan di atas berlaku untuk penerbangan hingga 23 Oktober 2021. Lalu bagaimana dengan yang ingin bepergian di atas tanggal itu? Kamu jangan khawatir karena beberapa ketentuan baru berlaku di tanggal berikutnya seperti di bawah ini:

Aturan menurut SE Kemenhub

swab pcr
Image Source: homecare24.id

Aturan lengkapnya bisa dipantau menurut SE Kemenhub No 88 Tahun 2021 dan SE Satgas COVID-19 No 21 Tahun 2021 ada aturan lain yang perlu dipahami untuk PPKM Jawa-Bali level 1-4 ada ketentuan penting seperti di bawah ini:

  • Syarat penerbangan ini diberlakukan sesuai pembaharuan aturan pergi dan masuk pada wilayah Jawa-Bali sesuai kondisi PPKM di destinasi tersebut. Kamu bisa mengecek level PPKM yang dimaksud agar tidak salah memberikan syarat perjalanannya. Hal ini dikarenakan setiap level destinasi memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda.

Kamu tidak bisa menyamakan satu wilayah dengan lainnya karena sudah berkembang sesuai level PPKM yang dilakukan. Sehingga syarat untuk penerbangannya juga mengikuti. Kamu sama sekali tidak bisa mengganti syarat ini dengan ketentuan lain karena sudah ditetapkan oleh pemerintah.

  •  Aturan terbaru untuk naik pesawat anak-anak di bawah usia 12 tahun sudah boleh naik. Syarat naiknya adalah harus dalam pendampingan orang tua dan memenuhi tes COVID 19 yang berlaku dibuktikan dengan surat keterangannya. Jangan lupa melampirkan KK untuk data dirinya. Kamu bisa lebih tenang untuk mengajak anak jalan-jalan.

Hal ini tentunya berbeda dengan aturan penerbangan yang sebelumnya dimana untuk anak usia 12 tahun dibatasi atau belum diperbolehkan untuk naik. Hal ini membuat banyak orang tua masih was-was untuk bepergian apalagi harus meninggalkan anak. Namun untuk yang sekarang jauh lebih lega karena sudah diperbolehkan.

  • Kamu yang berniat untuk menuju atau dari Pulau Jawa-Bali dengan level PPKM 1-2 bisa melampirkan surat keterangan PCR paling tidak 2×24 jam sebelum keberangkatan atau Rapid Antigen paling tidak 2×24 jam sebelum keberangkatan. Jadi kamu perlu mempersiapkan diri untuk membawa surat keterangan ini agar bisa berangkat dengan tenang.

Kamu wajib melakukan tes dan beberapa syarat di atas selain membawa data diri untuk membuat perjalanan semakin nyaman. Direkomendasikan untuk melakukan tes semepet  mungkin untuk membuat masa berlakunya lebih panjang. Banyak kasus terlalu lama melakukan jarak tes dengan keberangkatan sehingga membuatnya hangus.

  • Untuk kamu yang ingin pergi atau masuk ke wilayah Jawa-Bali dengan status PPKM level 3-4  membutuhkan syarat yang berbeda. Untuk PPKM level ini kamu perlu melampirkan sertifikat vaksin paling tidak minimal dosis satu atau sudah lengkap. Kemudian lampirkan lagi hasil tes PCR yang diambil paling tidak 2×24 jam sebelum hari keberangkatan.

Jadi jangan lupa untuk ikut vaksin minimal dosis satu, selain bisa digunakan untuk syarat penerbangan dengan vaksin kamu juga bisa lebih aman ketika terjangkit virus yang satu ini. Apalagi syarat terkait vaksin memang ditekankan untuk keperluan bepergian baik antar wilayah dan pulau di indonesia.

Jangan lupa sebelum berangkat kamu juga harus melakukan serangkaian tes dan vaksin sesuai aturannya. Selain aturan terkait penerbangan terbaru yang harus dipatuhi kamu juga harus tahu beberapa hal penting yang diatur di bawah ini. Hal ini berkaitan dengan sertifikat vaksin, dosis yang digunakan dan juga tes COVID 19 yang berlaku. Jadi kamu tidak akan salah melampirkannya.

Aturan terkait aplikasi Peduli Lindungi

peduli lindungi
Image source: tirto.id

Tentunya kamu sudah banyak mendengar aturan terkait aplikasi Peduli Lindungi dan ketentuan penggunaannya. Sehingga banyak yang bingung apakah penggunaan aplikasi ini akan dilanjut atau dialihkan dengan aplikasi lainnya. Namun Blibli Friends jangan khawatir karena aturannya bisa dilihat secara lengkap di bawah ini:

  1. Laman dari aplikasi ini nyatanya tetap digunakan untuk memudahkan proses pemantauan kondisi terkini terkait perkembangan COVID 19 dan memperbaharui aturan yang dimaksudkan. Kamu bisa memantau terus laman yang diberikan untuk mempermudah penggunaannya. Apalagi aplikasi ini juga cukup ringan untuk digunakan dan praktis dibawa kemana-mana dan melekat di ponsel.
  2. Untuk membuat hati lebih nyaman sebelum memutuskan untuk berangkat jangan lupa membaca dan memahami semua syarat penerbangan sesuai destinasi yang dibutuhkan. Nyatanya hal ini bisa menyelamatkanmu dari gagal terbang. Bahkan kamu juga bisa melihat beberapa pertanyaan untuk memastikan jawaban dari penanya yang sama.
  3. Kamu perlu memantau terus perkembangan terkait aplikasi Peduli Lindungi mengenai keterkaitannya dengan beberapa aplikasi di bulan Oktober 2021. Tentunya dengan aplikasi ini kamu bisa lebih mudah untuk melihat kondisi perkembangan yang telah terjadi. Dengan begitu kamu tidak akan tertinggal informasi terupdate yang penting.

_________________________________________________________________________________________________________________________

Baca juga: Tips Agar Tidak Ketinggalan Pesawat

Kira-kira mau bepergian ke mana setelah mengenal aturan yang dijelaskan di atas? Selalu patuhi protokol kesehatan dan lakukan tes sesuai syarat penerbangan yang dimaksud. Dengan begitu kamu bisa lebih aman dan nyaman sampai ke tujuan yang dimaksud.

Blibli Friends ingin memesan tiket pesawat tanpa ribet? Jangan lupa untuk memesan di Blibli saja. Ada banyak pilihan destinasi dan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki. Apalagi beli di Blibli juga banyak untungnya mulai dari promo, gratis ongkir dan cashback yang sayang untuk dilewatkan.

PESAN TIKET PESAWAT TERMURAH HANYA DI SINI

 

Tag: