Zaman sekarang, kamera adalah salah satu alat yang tidak terlepaskan. Baik kamera di smartphone atau kamera DSLR, orang-orang akan menggunakannya untuk merekam aktivitas sehari-hari yang menarik.

Melihat tingginya kebutuhan pasar akan kamera, industri kamera pun berlomba-lomba menciptakan kamera yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat tertentu, salah satunya adalah kamera polaroid.

Berbeda dengan kamera digital/DSLR yang berfungsi untuk mengambil gambar berkualitas tinggi atau untuk kebutuhan profesional, kamera polaroid lebih tertuju bagi mereka yang ingin berfoto-foto dengan fun. Kalau benar kamera polaroid kalah dari segi kualitas gambar, apa yang membuatnya masih begitu populer?

Berikut adalah 5 kelebihan polaroid yang membuatnya lebih unggul dibanding kamera digital/DSLR.

1. Mudah digunakan bagi pemula

pemulaVia loveTAZA

Bagi seorang pemula dalam hal berfoto-foto yang menginginkan kemudahan penggunaan, kamera digital/DSLR bukan menjadi pilihan terbaik kamu. Hal ini disebabkan karena ada banyak setting pada kamera digital/DSLR yang perlu diatur.

Rata-rata jumlah tombol di kamera digital ada belasan, sementara sebuah kamera DSLR bisa memiliki hingga lebih dari 20 tombol, lho! Bahkan untuk beberapa teknik harus menggunakan kombinasi beberapa tombil

Sedangkan pada kamera polaroid, kamera ini memang dirancang untuk memberi kemudahan pemotretan penggunanya. Pada kamera polaroid hanya terdapat satu tombol saja yang berfungsi untuk mengambil gambar. Dengan satu tombol, tentu kamu tidak akan kebingungan dan siapapun bisa menggunakannya.

2. Mencetak foto dalam satu menit

cetak-foto

Dengan kamera digital/DSLR, mendapatkan hasil foto jadi atau yang sudah dicetak akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dibanding kamera polaroid.

Coba bayangkan saja, kamu perlu memindahkan foto dalam memory card ke dalam komputer terlebih dahulu. Lalu kamu harus memilih dan mengedit foto, dan ini bisa menghabiskan waktu berjam-jam.

Untuk mencetaknya, kamu juga harus mendatangi toko percetakan foto dan menunggu beberapa saat lagi. Terkadang kamu juga bisa diminta untuk ambil keesokan harinya. Mungkin lebih cepat kalau punya printer foto sendiri.

Beda cerita dengan kamera polaroid. Kamera ini sangat praktis dari segi pemotretan sampai percetakan. Kamu tinggal jepret kemudian fotomu sudah langsung dicetak langsung dari kamera. Kibas-kibas sedikit, dan foto kamu sudah bisa dinikmati dalam waktu semenit saja, lho!

3. Foto yang dihasilkan lebih berkesan dan berharga

foto
Via  NY Times

Hayooo! Coba deh ingat-ingat ada berapa jumlah gambar atau foto digital yang kamu miliki saat ini, 10? 100? atau bahkan sudah melewati 1000? Berbeda dengan hasil foto kamera polaroid, setelah pemotretan, foto-foto digital cenderung dibiarkan begitu saja. Hasilnya, banyak sekali foto kamu yang didiamkan dan bahkan dilupakan keberadaannya.

Hasil foto kamera polaroid lebih berharga karena foto itu adalah satu-satunya, tidak akan ada duanya lagi. Kamu juga tidak ada salinannya di dalam kamera polaroid. Oleh karena itu, kamu pasti akan lebih menghargai dan menjaga baik-baik foto tersebut.


BACA JUGA Alasan-alasan Kenapa Kamu Harus Travelling di Akhir Tahun


4. Berdesain lucu dan cocok dibawa berwisata

lucuVia  FilmPhotography.eu

Yes! Kemudahan penggunaan serta uniknya penampilan kamera polaroid, membuatnya menjadi kamera ideal yang cocok dibawa kemana-mana, khususnya saat berwisata. Dibandingkan kamera DSLR, tentu kamera polaroid jauh lebih praktis, kan?

Lalu bagaimana dengan kamera digital yang umumnya berukuran kecil juga? Kamera polaroid tidak hanya unggul dari segi fungsi dan ukuran, namun juga desain kamera itu sendiri yang lucu dan bisa dijadikan aksesoris. Lengkapi kameramu dengan tas kulit atau hardcase glow in the dark yang keren agar kamu bisa tampil fashionable sesuai outfit kamu. Jangan lupa membawa refill film yang lucu-lucu juga, ya.

5. Asik untuk kerajinan tangan

kerajinan-tanganVia Pinterest

Salah satu keunikan kamera polaroid adalah lembaran foto yang dihasilkan. Banyak sekali orang yang menggunakan foto-foto gemas kamera ini sebagai dekorasi kamar, album kenangan, ataupun kerajinan tangan lainnya. Bingkai (bagian putih) foto kamera polaroid bisa kamu tulis dengan tanggal, nama, ataupun kalimat kenangan.

Foto-foto ini juga memberi kesan retro dan funky, hal yang tidak bisa didapatkan dari hasil cetakan digital. Kamera polaroid adalah sahabatmu jika kamu sedang menghias kamar tidur atau membuat hadiah romantis yang berisi kenangan kamu dengan si dia.

Banyaknya kelebihan kamera polaroid pasti sudah membuat kamu tidak sabar untuk memilikinya, bukan? Kamera polaroid bukan menekankan pada kualitas gambar, namun lebih ke pengalaman menggunakan serta apa yang bisa kamu kreasikan dari hasil-hasil fotonya. Tidak usah ragu-ragu lagi, kamu bisa memilih kamera polaroid, aksesoris, hingga refill film lengkap di Blibli.com.

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY