Anak Bosan Menunggu Waktu Berbuka? Enaknya Ngapain Ya?

Ibadah puasa terkadang terasa berat buat anak-anak yang sedang belajar menahan lapar dan dahaga. Jika tidak ada kegiatan di sore hari, ia akan merasa bosan menunggu waktu maghrib yang berjalan begitu lambat sambil menahan perut yang keruyukan. Tak heran jika si kecil bolak-balik bertanya, “Bunda, sudah boleh makan atau belum?”

Hal ini menjadi tantangan tersendiri buat para ibu. Jadi Moms harus menyiapkan segudang ide aktivitas ngabuburit bareng si kecil.

Olahraga

Photo by Pixabay

Kalau Moms sudah selesai menyiapkan makan malam dan hidangan berbuka, maka luangkan waktu untuk menemani si kecil berolahraga. Beberapa jenis olahraga yang bisa dipilih untuk ngabuburit antara lain jalan santai dan bersepeda. Jangan ambil rute terlalu jauh agar anak tidak kelelahan dan kehausan. Cukup berolahraga di sekitar perumahan saja sudah bisa bikin si kecil senang kok.

Akhiri kegiatan olahraga sekitar pukul lima sore. Kemudian Moms dan si kecil masih punya waktu untuk mengeringkan keringat dan membersihkan diri. Percayalah, tak lama setelah itu, kamu akan mendengar sayup-sayup suara azan maghrib sehingga bisa langsung minum untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga.

PILIHAN SEPATU YANG 100% ASLI MEREK SKECHERS INI BAKAL BIKIN SI KECIL LEBIH SEMANGAT BEROLAHRAGA

Bermain Bersama

Photo by Pixabay

Semua anak suka bermain. Saat Moms sibuk untuk menyiapkan makanan berbuka, si kecil akan mencoba mencari kegiatan dengan bermain sendiri sampai bosan atau dolan bersama teman di luar rumah. Tetapi, sekali waktu Moms bisa merencanakan untuk menyelesaikan urusan dapur lebih awal agar bisa bermain bersama anak sambil menunggu waktu berbuka.

Jika sedang hujan, Moms bisa ngabuburit dengan memilih permainan indoor seperti ular tangga, ludo atau monopoli. Sementara pada cuaca cerah, kamu dapat mengajak anak bermain gelembung sabun di halaman rumah.

BUBBLE FLOOD DRAGON INI TIDAK HANYA BISA MENGELUARKAN GELEMBUNG LHO. MAINAN INI DILENGKAPI SUARA DAN LAMPU JUGA

Membuat Prakarya

Photo by Pixabay

Siapkan kertas dan karton warna-warni untuk membuat prakarya bersama si kecil. Biarkan ia mengembangkan ide untuk menyulap bahan-bahan tersebut menjadi hiasan atau kartu lebaran. Kamu harus mengawasi anak saat membuat prakarya. Apalagi jika aktivitas ini melibatkan gunting yang bisa saja melukai tangannya.

Kegiatan ngabuburit yang satu ini bakal bikin anak sibuk dan melupakan rasa lapar hingga adzan maghrib berkumandang. Setelah membuat prakarya selesai, si kecil akan mendapat dua hadiah: hasil karyanya dan hidangan berbuka.

SET GUNTING ANAK DARI IKEA INI AMAN UNTUK ANAK KREATIF YANG BERUSIA 4 TAHUN KE ATAS

Membaca Buku

Photo by Pixabay

Kalau Moms sudah melakukan berbagai aktivitas ngabuburit, tapi anak masih merasa bosan juga, maka kembalilah ke buku. Jika si kecil sudah dapat membunyikan kombinasi huruf yang dilihatnya, maka lakukan kegiatan membaca bersama di ruang keluarga. Bila anak belum bisa membaca, maka ceritakan kisah di buku untuknya. Pilih buku favorit si kecil agar ia lebih bersemangat.

Agar anak tidak bosan, bacakan buku dengan cara dan intonasi yang menarik. Setiap kali membacakan kalimat dari tokoh yang berbeda, usahakan menggunakan nada suara dan gaya berbicara yang lain pula.

SI KECIL BISA BANYAK BELAJAR DARI BUKU CERITA ANAK-ANAK MUSLIM YANG SATU INI

Menyiapkan Hidangan Berbuka

Photo by Pixabay

Daripada sibuk sendiri di dapur, mendingan kamu ajak anak untuk menyiapkan makan malam dan hidangan berbuka. Berikan ia tugas mudah yang tidak melibatkan pisau dan kompor, misalnya melumuri pisang dengan adonan tepung, atau memisahkan daun sayuran dari tangkainya.

Oh ya, biasanya Moms juga akan kebagian tugas untuk menyiapkan takjil untuk jamaah masjid di lingkungan tempat tinggal. Artinya, kamu harus membuat hidangan berbuka lebih banyak dari biasanya. Kamu bisa melibatkan si kecil mulai dari proses memasak hingga menyerahkan makanan tersebut ke masjid. Dengan begitu, ia bisa belajar berbagi dan hidup bermasyarakat.

CELEMEK MOTIF DORAEMON BIKIN ANAK SEMAKIN SEMANGAT MEMBANTU MOMS MEMASAK

Mengaji

Photo by Pixabay

Bila si kecil tidak ada jadwal mengaji sore ini, Moms bisa ngabuburit dengan mengajak anak belajar membaca huruf hijaiyah dan menghapal surat pendek di rumah. Kamu dapat mengecek kemajuan bacaan hingga ketepatan melafalkan huruf.

Sementara itu, saat mulai menghapal surat pendek, Moms bisa menggunakan alat bantu boneka hafiz atau media yang dapat diajak berinteraksi sehingga si kecil merasa sedang bermain. Kalau perlu, kamu dapat memakai microphone –atau benda lain yang dianggap seperti mic-, agar anak merasa seperti sedang tampil dalam sebuah acara di panggung.

TERNYATA ADA BONEKA HAFIZ DAN HAFIZAH YANG BERPAKAIAN KOKI LHO. CEK AJA DI SINI

Menonton Film

Photo by Pixabay

Moms bisa mengajak si kecil menonton film di bioskop untuk menghabiskan waktu. Cek kategori film untuk “semua usia” agar bisa ditonton anak-anak. Selain itu, perhitungkan jam tayang dan lama pemutaran agar tidak bentrok dengan azan maghrib. Film yang diputar mulai jam 14.00 atau 15.00 dan berdurasi dua jam cocok buat ngabuburit bersama anak.

Jika tidak ada film bioskop yang bagus, Moms bisa ngabuburitdengan menonton video di rumah. Siapkan beberapa film yang kisah nabi dan para sahabatnya agar pengetahuan si kecil tentang sejarah Islam semakin bertambah.

Ngabuburit bareng anak akan membuat ikatan antara Moms dan si kecil semakin erat. Jadi, kamu harus punya segudang ide untuk mengisi waktunya dengan kegiatan positif selama bulan Ramadan. Kalau perlu alat pendukung untuk setiap aktivitas ngabuburit, kamu bisa cek di Blibli.com yang siap melayani pelanggan dengan 24/7 customer care.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY