Alesan Kenapa Anak-anak Demen Banget Pergi Teraweh

Photo via pexels.com

Yang namanya anak-anak, maen jadi keseharian yang gak bakal kelewat, apalagi pas masuk bulan puasa, bakal lebih sering tuh maen malem timbang maen siang. Pasti kalo siang, alesan gak mau maen ya gegara takut aus terus tiba2 pengen batalin puasanya.

Makanya anak-anak demen banget pergi teraweh. Gak cuma solat, tapi bisa juga maen sama temen2nya.

Inget gak, jaman anak-anak dulu, apalagi pas masih sekolah di bulan puasa, kita dapet buku sakti yang biasanya bikin anak-anak keliatan rajin banget ke mesjid mulai dari subuhan sampe teraweh. Gak pernah bolong, sampe semua isi buku penuh banget gegara sering ngejar2 pak ustad pas abis teraweh.

Abis puas ngisi buku Ramadhan, anak-anak gak bakal balik ke rumah langsung. Mumpung abis teraweh dan masih pake sarung, saatnya buat maen perang sarung sama temen. Gulung-gulung sarungnya, trus gebak-gebuk sana-sini. 

Gak cuma maen perang sarung, anak-anak biasanya bakal bawa duit barang dua rebu sampe lima rebu. Bukan buat kencleng di mesjid, tapi buat beli kembang api atau beli petasan cabe rawit yang kecil-kecil. Petasan cabe rawit biasanya jadi amunisi buat ngagetin temen yang lagi maen perang sarung.

Selain emang pengen maen sama temen-temen, alesan yang paling nyeremin itu gegara takut di rumah. Biarpun katanya setan2 pada diiket pas puasa, tapi tetep aja ada anak-anak yang takut di rumah sendirian. Mending ngikut deh sama papa mama ke mesjid teraweh. 

Namanya juga bulan puasa, bulan yang ditunggu2, apalagi sama anak-anak yang demen banget maen. Gak perlu dimarahin kalo emang selama bulan puasa anak-anak jadi lebih demen maen pas malem. Cukup dipantau aja atau bikin batesan jam maen biar gak kemaleman. Kan kalo kemaleman bisa2 jadi pada males saur besokannya. 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY