me

Ini 5 Alasan untuk Upgrade ke Mobil Listrik yang Wajib Kamu Catat!

Feb 14, 2024.By
Bagikan

freepik.com
Simak 5 alasan untuk upgrade ke mobil listrik ini dulu sebelum beli!

Alasan untuk Upgrade ke Mobil Listrik — Apakah mobil listrik woth it? Kalau Blibli Friends sedang menimbang-nimbang untuk ganti mobil ke mobil listrik, mungkin ada banyak hal yang kamu pertimbangkan. Nah, 5 alasan untuk upgrade ke mobil listrik di bawah ini mungkin bakal meyakinkanmu. Sebelumnya, simak sekilas info dulu terkait mobil listrik, yuk!

Baca Juga: 


Tentang Mobil Listrik

Tentang Mobil Listrik
freepik.com

Mobil listrik menggunakan listrik sebagai energi penggeraknya, jadi nggak membutuhkan bahan bakar minyak. Beberapa tahun belakangan ini, mobil listrik mulai gencar dipromosikan dan digunakan, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan perlunya menghemat persediaan minyak bumi. 

Selain itu, kondisi udara yang kian dipenuhi polusi jadi alasan banyak orang beralih ke mobil listrik. Emisi gas dan karbon yang berperan besar dalam perubahan iklim pun bisa dikurangi dengan penggunaan mobil listrik. Inilah yang menjadikan mobil listrik kian digemari, meskipun masih ada yang berpikir panjang untuk beralih. 

Alasan untuk Upgrade ke Mobil Listrik

Alasan untuk Upgrade ke Mobil Listrik
freepik.com/biancoblue

Jadi kenapa kita perlu upgrade dari mobil biasa ke mobil listrik? Ini dia beberapa alasan yang mungkin penting bagi Blibli Friends:

  • Mobil Listrik Lebih Ramah Lingkungan

Salah satu keunggulan mobil listrik adalah lebih ramah lingkungan. Mobil listrik mengeluarkan emisi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak. Bukan cuma waktu digunakan saja, lho, tapi keseluruhan siklus mobil listrik. 

Di jaman sekarang, di mana perubahan iklim jadi isu yang semakin serius, jelas ini adalah alasan kuat yang perlu dipertimbangkan. Mobil listrik mampu mengurangi polusi udara, terutama di daerah perkotaan yang polusinya tinggi. 

  • Mobil Listrik Aman

Dengan nggak menggunakan bahan bakar, bukan berarti mobil listrik mengorbankan fitur keamanannya. Mobil listrik jaman sekarang sudah terbukti sama amannya dengan mobil yang bahan bakarnya bensin maupun solar. 

  • Mobil Listrik Biayanya Lebih Murah

Yup, memang harga mobil listrik jaman sekarang masih relatif tinggi, namanya juga teknologi baru. Tapi kalau dilihat dari biaya jangka panjangnya, jelas mobil listrik lebih hemat. Mobil listrik nggak menggunakan mesin pembakaran internal, tanpa oli, dan kemungkinan rem aus lebih sedikit. Jelas, perawatannya lebih murah. 

Selain itu, biaya untuk membeli bahan bakar minyak juga nggak diperlukan kalau kita pakai mobil listrik. Seperti yang kita semua tahu, harga minyak cenderung naik terus, jadi pengeluaran ini bisa dikurangi. 

  • Charging Station Mulai Bermunculan

Setidaknya di kota-kota besar di Indonesia, charging station untuk mengisi daya mobil listrik sudah semakin banyak bermunculan. Kalau sudah ada banyak, kenyamanan berkendara pun semakin terjamin karena nggak perlu khawatir kehabisan daya. 

  • Opsinya Semakin Beragam

Di Indonesia saja, pilihan mobil listrik sudah semakin beragam. Sekarang sudah dirilis mobil listrik model sedan, hatchback, SUV, dan bahkan truk pickup. Sebagai konsumen, kita bisa memilih sesuai selera dan kebutuhan masing-masing. Semakin banyak konsumennya, pasti pilihannya akan semakin berkembang lagi. 

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Alasan untuk Upgrade Ke Mobil Listrik
freepik.com

Tentu saja, setiap inovasi punya kelebihan dan kekurangan, termasuk mobil listrik. Sebelum membeli, kelebihan dan kekurangan ini bisa jadi bahan pertimbangan supaya semakin yakin dengan pilihanmu. Ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang perlu kamu tahu:

  • Hemat Energi

Mobil listrik jelas lebih hemat energi dan ini dampaknya bagus banget untuk mengganti penggunaan minyak bumi yang nggak tergantikan. Dengan mengendarai mobil listrik, kita ikut serta dalam upaya penghematan. 

  • Mengurangi Emisi

Emisi dan karbon bisa dikurangi jika semakin banyak yang menggunakan mobil listrik. Di tengah perubahan iklim yang kian buruk kondisinya seperti sekarang, usaha nyata untuk mengurangi emisi penting banget dilakukan. 

  • Maintenance Lebih Simpel

Mobil listrik performanya baik dan mesinnya senyap. Mobil listrik juga nggak membutuhkan maintenance yang rumit seperti mobil biasa. Nggak perlu pusing kapan harus ganti oli dan detail-detail serupa. 

  • Jarak Tempuh Pendek

Nggak bisa dipungkiri, mobil listrik jarak tempuhnya memang terbatas. Rata-rata jarak tempuhnya hanya di 160 – 320 km. Ini karena dayanya terbatas dan harus diisi dulu untuk perjalanan panjang.  

  • Mengisi Daya Butuh Waktu

Untuk mengisi daya mobil listrik butuh waktu, karena itu sulit untuk punya rencana tiba-tiba. Kita perlu membuat rencana dengan baik tiap kali keluar rumah. Kalau perjalanan nggak direncanakan dengan baik, bisa-bisa kehabisan daya di tengah jalan!

Rekomendasi Mobil Listrik

Makin tertarik dengan mobil listrik? Simak ketiga rekomendasinya ini, yuk!

1. DFSK SERES E1 Type L 

DFSK SERES E1 Type L
dfskmotors.co.id

Pilihan yang pertama ada DFSK SERES E1 Type L. Menggunakan motor listrik tunggal, mobil listrik yang harganya relatif terjangkau ini tenaga maksimalnya mencapai 30 kW dengan jarak tempuh maksimal mencapai 220 km. 

DFSK SERES E1 Type L Mobil

Mobil ini panjangnya 3.30 mm, lebarnya 1.495 mm dan tingginya 1.640 mm. Baterainya menggunakan Lithium Iron Phosphate IP67 yang kapasitasnya sebesar 16.8 kWh. Durasi isi baterainya sekitar 3.5 jam dari 10% ke 90%. 

2. Wuling Binguo EV 333 KM Long Range

Wuling Binguo EV 333 KM Long Range
facebook.com/WulingMotorsIndonesia

Berikutnya ada Wuling Binguo EV 333 KM Long Range yang menawarkan teknologi baterai canggih dengan pilihan dara 31.9 kWh dan 37.9 kWh. Yuk, tingkatkan pengalaman mengemudi kamu dengan efisiensi energi yang optimal dengan mobil ini!

” price=”Rentang Harga: Rp 348.000.000 – Rp 353.000.000″ images=”https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full/catalog-image/109/MTA-153867691/wuling_wuling_full01.jpg?w=1200″ url=”https://www.blibli.com/p/wuling-binguo-ev-333-km-long-range-ac-mobil-jakarta/ps–BLM-56557-02681?utm_source=SEOBBF&utm_medium=SEOBBF&utm_campaign=SEOBBFOTO” button=”Blibli Sekarang”]

Selain itu, mobil ini juga sudah resmi lolos Tingkat Komponen Dalam Negeri sebesar 47.5%. Artinya, beli Wuling Binguo EV 333 KM sudah resmi mendapat insentif PPN! Oh ya, ada garansi seumur hidup untuk baterainya, lho. 

3. Citroen New E C3 All Electric 

Citroen New E C3 All Electric
cvtindonesia.co.id

Terakhir ada Citroen New E C3 All Electric yang nggak kalah menarik. Mobil listrik ini kabinnya kedap suara, jadi berada di dalamnya jelas lebih nyaman. Selain itu, suspensinya juga luar biasa nyaman di berbagai kondisi jalanan. 

” price=”Rentang Harga: Rp 382.000.000 – Rp 385.000.000″ images=”https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full//catalog-image/98/MTA-138461228/citroen_citroen_full01.jpg?w=806″ url=”https://www.blibli.com/p/citroen-new-e-c3-all-electric-mobil-jakarta/ps–CIB-70048-00111?ds=CIB-70048-00111-00001&source=SEARCH&sid=2d5d2c6a245dff7b&cnc=false&pickupPointCode=PP-3428671&pid1=CIB-70048-00111 ?utm_source=SEOBBF&utm_medium=SEOBBF&utm_campaign=SEOBBFOTO” button=”Blibli Sekarang”]

Jarak tempuh mobil listrik Citroen ini mencapai 320 km. Pengisian dayanya juga termasuk cukup cepat, jadi nggak perlu menunggu lama kalau sedang terburu-buru. Melanjutkan perjalanan pun jauh lebih nyaman. 


Baca Juga:

Setelah tahu 5 alasan untuk upgrade ke mobil listrik, semakin tertarik untuk ganti mobil? Kalau begitu, langsung saja meluncur ke promo upgrade ke mobil listrik di Blibli! Pilihannya beragam, harganya bersaing, dan transaksinya pasti aman di Blibli!

Tag: