Nggak banyak perempuan yang benar-benar paham soal gadget satu ini. Biasanya, kalau memburu laptop baru, mereka akan menyerahkan urusan pilih-memilih ke temannya memang mengerti soal laptop. Bener nggak, girls?

Tapi kalau nggak sesuai kebutuhan dan selera, kamu bakal kecewa. Jadi gimana dong? Nggak perlu bingung. Memilih laptop itu nggak jauh berbeda sama milih pacar.

Artikel ini dibuat khusus untuk kalian para wanita yang mencari laptop! Dengan 7 tips ini, kamu nggak lagi butuh bantuan dalam memilih pacar, eh, laptop idaman!

1. Tanyakan dulu dirimu sendiri, mengapa kamu butuh laptop?

kenapa-perlu

Via – US Seek

Ini adalah hal pertama yang perlu kamu tahu. Buat apa kamu membeli laptop? Membeli laptop itu pilihan hidup yang berat. Hampir seperti memilih pacar. Tidak semudah memutuskan mau minum apa di Starbucks atau bangun jam berapa besok.

Bukan soal harga. Tapi soal komitmen! Jangan sampai setelah dibeli, nyesal. Pacar kalau nggak suka bisa diputusin. Kalau laptop dijual lagi belum tentu ada yang mau! Jadi, sudah jelas beli laptop buat apa?

2. Perhatikan dulu spesifikasinya yang kamu incar

spesifikasi

Setelah tahu motivasimu membeli laptop, kamu bisa sesuaikan spesifikasi dengan kebutuhan kamu. Kalau kamu anak kampus biasa, spesifikasi nggak usah terlalu tinggi. Beda dengan anak design, jelas butuh yang RAM yang gede dan grafis yang tajam! Buat anak fotografi, tentu perlu laptop yang storage-nya besar biar bisa simpan foto-foto RAW sebelum ditaruh di hard disk eksternal.

Banding-bandingkan dulu sebelum membeli. Jangan langsung ketipu sama desain. Cowok yang ganteng aja hatinya bisa bandel!

3. Apapun yang kamu pilih, ingat: baterai, baterai, dan baterai!

baterai

Kita harus menerima bahwa generasi cewek (cowok juga sih) sekarang adalah generasi mager alias malas gerak dan pelupa. Oleh karena itu, baterai laptop yang tahan lama itu akan sangat menolong bila kamu malas buat ngecas atau kelupaan bawa charger!

Colokan nggak selalu ada di sudut kafe, kan? Maka dari itu, laptop yang tahan lama baterainya itu bisa jadi penolong hidup! Nyari pacar juga pasti mau nyari yang tahan lama dong!

4. Cari ukuran yang paling tepat buat kamu

cari-ukuran-yang-tepat

Via – Tree Hugger

Perlu diingat, ukuranlah yang akan menentukan seberapa besar siksaanmu waktu di kampus. Nggak mau dong laptop yang selalu membebani kamu? Semakin aktif dan sering bepergian, semakin kamu butuh laptop yang ringan.

Namun, jangan cari yang sekecil mungkin ya. Terkadang kenyamanan mengetik dan lebar layar nggak boleh kompromi! Buat kamu yang mencari laptop bergrafik tinggi, spec oke, dan ringan, kamu mungkin harus mencoba Macbook.

5. Merek ternyata juga perlu kamu perhatikan

merek

Brand bukan hanya dijadikan pride bagi penggunanya, tetapi juga menentukan ketahanan laptopmu. Jangan sembarangan pilih brand yang kurang terpercaya atau terkenal kurang andal. Masa kamu perlu gonta-ganti laptop setiap dua tahun sekali?

Kamu perlu tentukan dulu brand yang menonjolkan apa yang kamu butuhkan, dan sering terdengar. Jangan terima yang abal-abal. Apalagi yang tiruan! Memilih pacar juga begitu!

6. Cari budget yang nggak bikin kamu keringat dingin

budget

Ini waktunya bicara soal budget. Kamu harus mampu berkata tegas pada dirimu sendiri untuknggak tergiur laptop yang harganya nggak sesuai dengan kantong. Laptop hanya satu bagian dari hidup. Kamu nggak dituntut untuk mengorbankan terlalu banyak untuknya.

Walaupun bagus dan kualitasnya worth it, jangan sampai kamu jadi nggak makan sampai berbulan-bulan! Sama seperti memilih pacar, harus tahu batasan mana yang perlu diperjuangkan dan mana yang tidak. Jangan sampai kamu rugi girls! Gunakan instingmu mencari laptop dengan harga yang paling bersahabat!

7. Bertanyalah pada ahlinya!

bertanya-pada-ahli

Via – Tegonity

Setelah melalui 6 tahap tadi, mari kembali ke topik awal sekali, mungkin kamu sudah punya pilihan di benak. Tapi, sebelum membuat keputusan, kamu perlu cari review dulu. Nggak cuma forum online, tapi juga ke teman-teman kamu yang lebih berpengalaman! Intinya, jangan termakan kebagusan di awal, karena jangka panjangnya belum tentu begitu.

Sebenarnya, kuncinya cuma satu: anggaplah memilih laptop baru itu seperti sedang memilih pacar. Kamu ingin yang terbaik, kamu perlu cari tahu semua informasinya. Namun, jangan kehilangan dirimu dalam proses pencariannya. Nah, 7 tips di atas bisa memandu kamu dalam menemukan pacar, eh laptop yang tepat.

Jangan lupa, girls, bila sudah menentukan pilihan, kamu bisa menemukan laptop idamanmu di Blibli.com! Bila belum, Blibli.com punya segudang pilihan laptop yang bisa kamu telusuri untuk segala kebutuhanmu! Apakah kamu siap bertemu laptop idamanmu?

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY