Pernahkah kamu merasa bingung menentukan menu apa yang akan dicoba menjelang makan siang? Hampir semua warung langganan di sekitar kantor sudah dicoba dan akhirnya bosan dengan menu yang itu-itu saja. Ingin menu lain, tapi tak tahu harus mencari apa dan tidak ada ide yang terlintas di kepala. Bila kamu merasa bingung dengan menu makan siang apa yang akan kamu pilih, coba cek kembali menu-menu masakan tradisional Indonesia. Siapa tahu ada menu makanan yang sudah lama tidak kamu nikmati.

Banyak kekayaan kuliner Nusantara yang sangat ngangenin. Apa saja? Untuk memudahkan pilihanmu, berikut ini 7 menu asli Nusantara yang bakal membuatmu makin cinta Indonesia:

1. Mie kocok

mie kocok

Bagi kamu yang pernah tinggal di Bandung, mie kocok selalu membuat kangen. Mie kuning bercitarasa kaldu sapi ini selalu menjadi makanan spesial yang enak dinikmati. Kuah kaldu sapi kental ditambah irisan kikil, taburan tauge, bakso, irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng akan membuat lidahmu bergoyang nikmat.

2. Sup konro

sup konro

via tokomesin.com

Tak perlu meragukan lagi kenikmatan sup konro. Makanan khas Bugis-Makassar ini bisa dijumpai di banyak daerah. Sup berkuah cokelat pekat dengan isi iga sapi atau daging sapi, ditambah bumbu rempah yang kuat, membuat kamu tak ingin berhenti menyantapnya. Tak perlu malu untuk menikmatinya hingga sesapan tulangnya, karena memang rasanya nikmat sampai kuah tetesan terakhir.

3. Soto Kudus

soto kudus

via koran-jakarta.com

Salah satu soto paling terkenal dari Jawa Tengah adalah Soto Kudus. Sesuai dengan namanya, soto ini berasal dari Kudus. Soto ini salah satu ciri khasnya adalah porsi mangkuk berukuran kecil. Bila kamu belum terlalu lapar saat waktu makan siang datang, Soto Kudus bisa jadi pilihan. Soto kudus umumnya menggunakan daging ayam.


BACA JUGA Makan Enak Terjangkau? Cek di Sini


4. Gado-gado

gado=gado

via indonesiantara.com

Potongan aneka sayur dengan kuah kacang kental bisa menjadi menu yang pas di tengah hari. Apalagi saat itu rasa kantuk mulai menyerang. Mintalah gado-gado dengan rasa agak pedas. Dijamin mata kembali terbuka dan rasa kantuk hilang. Sayuran yang masuk ke pencernaan membuat rasa kenyang bertahan lama, karena mengandung banyak serat. Badan tetap segar dan bisa produktif kembali.

5. Nasi campur

nasi campur

 

Nasi campur ada di beberapa daerah di Indonesia. Namun, salah satu yang paling terkenal adalah nasi campur dari bali. Makanan ini berupa nasi putih yang dihidangkan bersama bermacam-macam lauk. Ada sambal goreng, serundeng, telur, kering tempe, dan lain-lain. Tergantung dari daerah mana makan nasi campur tersebut.

6. Sate ayam

sate ayam

via solopos.com

Sate ayam sama dengan nasi campur, berasal dari banyak daerah di Indonesia. Kamu bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai tempat. Rasanya di semua kota terdapat menu sate ayam. Makan siang dengan sate ayam berbumbu kacang kental bisa menjadi makan siang menyenangkan. Oh ya, tak usah menjauh dari pembakaran sate. Sebab, asap bakaran sate justru akan meningkatkan selera makanmu.

7. Nasi goreng babat

nasi goreng babat

Nasi goreng masuk peringkat kedua sebagai makanan terlezat versi CNN. Bila kamu ingin menu nasi goreng yang Indonesia banget, nasi goreng babat bisa jadi pilihannya. Nasi goreng babat yang gurih dan wangi aroma rempah akan menambah selera makanmu.

Mau coba semua menu itu satu per satu tanpa bingung harus pergi ke beberapa tempat? Coba saja makan di Eat & Eat. Dapatkan juga bonus istimewa jika beli paket makannya di Blibli.com. Nah, siap berburu makan siang yang Indonesia banget?

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY