Memasak itu adalah kegiatan yang seru dan juga memiliki hasil nikmat. Sayang, terkadang niat untuk memasak bisa hilang karena banyaknya bahan dan alat masak yang memusingkan. Belum lagi bicara soal membersihkan seluruh perlengkapan tersebut. Aduh, bisa malas duluan.

Untungnya, ada satu alat masak yang begitu praktis dan universal, bisa untuk hidangan apa saja. Alat yang tidak perlu gas ataupun arang ini adalah pemanggang (grill) elektrik! Penasaran dengan apa saja yang bisa dimasaknya? Yuk, simak 7 resep super mudah ini!

1. Sarapan lengkap yang terbungkus roti

sandwich-roti

Via – Southern Living

Ketika memanggang roti dengan panci, kamu perlu memasak roti dan bahan isiannya secara terpisah. Namun, bentuk pemanggang elektrik mengizinkan kamu untuk memanggang roti dan isinya secara merata!

Dengan demikian, sensasi hangat pada roti akan tersebar dalam setiap gigitan. Di lain sisi, karena bahan-bahan seperti keju, ham, selada, potongan tomat, dan bawang berada di antara roti, kesegaran dan rasa juicy mereka juga akan terjaga. Berbeda bila kamu menggunakan panci secara langsung dimana kelembapan makanan akan langsung menguap.

2. Jagung bakar

jagung-bakar

Ingin makan jagung bakar? Gak usah repot-repot beli di luar atau menghabiskan 30 menit buat menyalakan arang. Kalau kamu punya pemanggang elektronik, kamu tinggal colok listrik dan tunggu panggangannya panas.

Tanpa asap yang menyesakkan, kamu juga jadi lebih bebas berkreasi. Jagung dengan bumbu BBQ kedengarannya enak, tapi bagaimana dengan jagung lapis keju bertaburkan seledri?

3. Aneka waffle

aneka-wafle

Kangen dengan hidangan satu ini, tapi enggan pergi ke restoran? Padahal cara membuatnya nggak sulit. Kamu tinggal aduk telur, tepung, susu, gula, baking powder, garam, dan vanilla. Seusai membuat adonan, tinggal tuang saja ke pembuat waffle elektrik.

Takut bosan? Ada banyak ruang untuk kreasi. Kamu bisa taburkan bubuk kayu manis di adonan ataupun membungkus selai blueberry dengan adonan. Kalau nggak, ya taburkan es krim!

4. Aneka daging panggang sederhana

daging-panggang-sederhana

Memasak daging yang enak itu tidak perlu repot. Kalau punya pemanggang elektrik kamu gak perlu membayangkan koki profesional yang keterampilan memotong dagingnya sudah selangit seperti ini:

Cukup bermodalkan daging fillet dan bumbu rempah-rempah yang sederhana, kamu sudah bisa membuat daging panggang yang lezat.

Kuncinya adalah mendiamkan daging di kulkas semalaman dengan bumbu pilihanmu agar meresap. Kamu bisa mulai dengan yang paling sederhana, garam, bawang tumbuk, dan lemon. Dari situ kamu bisa mulai mengembangkan kreasi dengan bahan lain seperti madu ataupun daun-daunan herbal.

5. Frittaffle

frittafle

Via – ALDI Blog

Omelette mungkin sudah jadi hidangan telur yang biasa, tapi bagaimana dengan Frittaffle? Campuran hidangan telur ala Italia dan waffle ini bisa jadi bekalmu untuk brunch.

Makanan ini sebenarnya seperti waffle versi gado-gado, alias langsung campur berbagai bahan dan masukkan ke pemanggang waffle. Umumnya, Frittaffle ini memiliki isi telur, potongan daging, potongan sayur, parutan keju, potongan kentang panggang, dan juga paprika cincang.

6. Brownies

brownies

Memang bentuknya tidak akan seperti brownies pada umumnya, tapi membuat brownies dengan alat pemanggang itu amat mungkin dilakukan. Bahan yang dibutuhkan juga mirip dengan waffle, tapi dengan tambahan bubuk kokoa dan mentega.

Nggak perlu repot-repot pake oven untuk memasak adonan, pemanggang elektrik juga mampu kok menghantarkan panas dari segala sisi biar brownies-mu empuk dan renyah sekaligus.

7. Omelette

omelette

Via – Palace Grill

Ya masakan satu ini memang kamu pasti sudah tahu. Tapi, ada satu alasan masakan ini cocok untuk kamu yang punya pemanggang elektrik.

Bila kamu baru saja memanggang roti, daging, ataupun hidangan lainnya, kamu bisa membuat omelet seusainya. Dengan mudah, telur yang kamu panggang akan membersihkan pangganganmu dari segala macam bumbu dan bahan yang tersisa. Tidak hanya itu, omeletmu juga jadi punya cita rasa masakan sebelumnya!

Ternyata banyak juga ya hal yang bisa dilakukan dengan pemanggang elektrik. Mulai dari hidangan sarapan, brunch, makanan utama, sampai camilan juga bisa dibuat.

Untuk kamu yang ingin mencoba memasak, tapi malas membeli berbagai perlengkapan, pemanggang elektrik memang solusi paling cerdas.

Ngomong-ngomong, di Blibli.com lagi ada weekend deal loh. Kamu bisa memiliki Heles 4in1 Toaster yang punya wadah pemanggang, pembuat donut, waffle, dan sandwich dengan diskon 35%! Yuk, memasak lebih mudah dengan Blibli.com!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY