Makanan sehat memang dikenal cenderung punya rasa yang nggak enak, karena saking sehatnya kali ya? Jadi dibanding menyehatkan tubuh, nggak sedikit orang yang lebih memilih untuk memanjakan lidahnya dengan makanan lezat, gurih, dan berkalori, namun kurang sehat, seperti ciki-cikian atau goreng-gorengan.

Namun, penelitian dari Universitas Tufts menjelaskan bahwa sebenarnya otak kita dapat dilatih untuk memilih makanan sehat bergizi daripada makanan berkalori tinggi, lho.

Nah, coba liat deh 7 menu organik sehat nan aneh berikut ini. Hanya dari melihat bentuk dan warnanya, sudah bisa bikin kamu penasaran mau mencicipinya!

1. Millet, si makanan burungkacang

Via The Paleo Diet

Ketika pertama kali melihat makanan ini, mungkin kamu langsung berpikir bukankah ini makanan burung? Memang sih, Millet banyak digunakan sebagai makanan ternak, tapi banyak juga kok dijadikan makanan sehari-hari manusia, seperti dimasak menjadi bubur dan nasi lunak.

Millet adalah biji-bijian sereal yang banyak tumbuh di negara-negara hangat dan setengah gersang. 97% Millet diproduksi oleh negara-negara berkembang seperti India dan Nigeria.

Biji-bijian ini bebas gula, mengandung banyak magnesium, serat, asam fitat, serta mangan, yang akan membantu pertumbuhan jaringan ikat dan tulang tubuh.

2. Romanesco, si primadonaromanesco

Via Puntdesabor

Terdengar seperti nama orang Italia dan memiliki bentuk seperti brokoli yang lebih rumit, itulah Romanesco. Bentuknya yang artistik dan geometris ini mungkin malah buat kamu bingung harus dimakan atau difoto saja, ya?

Romanesco merupakan kuncup bunga spesies Brassica oleracea yang pertama kali ditemukan di Italia. Disebut juga sebagai kembang kol romawi, cara memasak Romanesco pun hampir sama dengan menu memasak kembang kol atau brokoli.

Makanan cantik ini ternyata banyak mengandung vitamin C, vitamin K, dan juga antioksidan lho.

3. Arame, rambut yang terpotongarame

Via Robins Key

Sekilas dilihat dari jauh, kamu akan bertanya-tanya “Ini rambut siapa yang baru dipotong?” Atau, “Ini rambut di kepala kan, ya?”

Berbentuk seperti potongan rambut yang kasar, Arame sebenarnya adalah spesies rumput laut terkenal yang sering digunakan untuk memasak oleh orang Jepang. Cita rasa yang sedikit manis dan halus membuat Arame menjadi pilihan favorit untuk dijadikan salad atau sup

Rumput laut berserabut coklat-kehitaman ini kaya akan kalsium, yodium, kalium, vitamin A, vitamin B6, niasin, fosfor, vitamin B1, dan serat makanan.

4. Kohlrabi, sayur yang ceriakolrabi

Via Green Bean Delivery

Coba perhatikan deh dua lengan kecil yang terletak di sisi kiri dan kanan Kohlrabi pada gambar. Kalau dibayangkan, sayur organik lucu berbentuk seperti orang mengangkat tangan seakan berhasil memenangkan sesuatu, bukan?

Kohlrabi adalah sayur jenis kubis yang bisa dimakan dalam keadaan matang maupun masih mentah. Rasa dan tekstur dari Kohlrabi mirip seperti kubis dan brokoli, sehingga kamu bisa memasaknya menggunakan resep yang sejenis.

Kohlrabi kaya akan vitamin A, vitamin B-kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, dan kalsium. Ia dipercaya dapat memperlancar proses pencernaan dan membantu meningkatkan sistem imun.


BACA JUGA 8 Makanan Manca Negara Ini Paling Nikmat Dimakan Pakai Tangan


5. Purple Potatoes, kentang versi “The Joker”?potato

Via Smart Cooky

Kamu pasti sudah tahu dan sering makan yang namanya kentang. Tapi gimana dengan kentang yang berwarna ungu?

Kentang yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki tekstur sedikit kasar, kering, dan rasanya mirip seperti kacang. Sama seperti kentang biasa, purple potatoes bisa dimasak menjadi sop, digoreng, tumis, atau jadikan salad.

Purple potatoes mengandung vitamin C, potasium, serat, dan antioksidan empat kali lebih banyak dari kentang biasa. Bahkan, menurut penelitian di Amerika, terbukti kentang ini dapat menurunkan tekanan darah, lho!

6. Amaranth, pilus yang bisa dimasak dengan nasiamaranth

Via Urban Cultivator

Percaya nggak sih kalau sebenarnya biji-bijian ini berasal dari tanaman cantik yang berwarna-warni? Tanaman bergenus Amaranthus ini bisa memiliki warna hijau, merah, ataupun ungu.

Amaranth dapat dimasak dengan dicampur butir-butiran padi lainnya, atau dijadikan pengental untuk saos, sup, dan jelly. Dengan tekstur garing dan mirip kacang, bahkan Amaranth juga bisa dijadikan cemilan.

Amaranth merupakan sumber vitamin A, vitamin C, kalsium, mangan, dan folat. Biji-bijian ini juga bebas gula sehingga sering dikonsumsi oleh penderita diabetes.

7.  Activated Charcoalarang

Kehabisan kata-kata buat yang satu ini. Berbeda dengan arang yang biasa dipakai untuk kamu BBQ-an, activated charcoal ini terbuat dari gambut, batubara, kayu, tempurung kelapa, dan minyak bumi yang telah diproses sehingga aman untuk dikonsumsi.

Namun, berbeda dengan bahan-bahan sebelumnya, activated charcoal ini nggak dimasak, namun bisa dijadikan kapsul atau diaduk dengan air minum.

Activated charcoal bisa membantu kesehatanmu dengan mengurangi gas dan rasa kembung pada perut, membersihkan saluran pencernaan, serta penghilang racun tubuh yang membandel.

Apakah kamu jadi semakin penasaran setelah melihat ketujuh makanan sehat yang aneh-aneh di atas? Jangan memandang makanan dari bentuk fisiknya, tapi cobain rasanya dulu. Kalau kamu penasaran ingin mencoba, ada activated charcoal lho di Blibli.com!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY