Salah satu elemen fashion yang penting untuk tampil gaya adalah sepatu. Namun, banyaknya pilihan jenis sepatu kadang membuat kita bingung. Tampil gaya memang terkadang gampang-gampang susah ya.

Tapi kamu tidak perlu pusing lagi. Karena kali ini kita akan membahas 7 jenis sepatu kece yang bisa kamu pakai untuk tampil formal! Kira-kira yang mana yang cocok dengan gaya formal-mu?

1. OxfordoxfordMungkin ada yang pernah mengenal sepatu ini dari film ‘Kingsmen: The Secret Service’. Umumnya, Oxford dirancang runcing di bagian depan dengan sedikit tambahan aksen berlubang pada bagian atas.

Desain tali yang dibuat masuk ke dalam pada sepatu ini dapat memberikan kamu tampilan klasik dan formal.

Ada cerita loh dibalik nama sepatu ini. Sepatu ini pertama muncul di Skotlandia dan Irlandia dengan sebutan Barmorals. Namun, pada tahun 1800-an sepatu ini sangat populer di kalangan mahasiswa universitas Oxford. Lahir deh, julukan Oxford.

Sepatu Oxford merupakan pasangan serasi segala jenis warna pakaian terutama warna navy dan abu-abu.

Namun tampilanmu akan lebih sempurna jika memasangkannya dengan kemeja button-down dan celana jeans gelap yang dilipat pada ujung kakinya.

2. Derbyderby-shoes

Sekilas sepatu Derby dan Oxford terlihat serupa. Namun, hal yang membedakannya adalah bagian talinya yang lebih terbuka sehingga muat untuk beberapa jenis atau ukuran kaki sekaligus.

Untuk tampil keren, sepatu Derby bisa kamu kenakan bersama setelan jas, kemeja, sweater, atau celana chino.

Untuk tampilan yang lebih santai kamu bisa menggunakan warna coklat kemerahan hingga coklat terang seperti ala musisi Inggris Jarvis Cocker yang terkenal dengan sepatu Derby kecoklatannya.

3. LoaferderbyCiri dari sepatu jenis ini adalah desain tumpul di depan dan tanpa tali. Termasuk salah satu jenis sepatu yang mudah untuk dipadu-padan, sepatu ini serasi dikenakan dengan celana berbahan linen atau katun ringan.

Rancangannya yang slip-on membuatnya lebih praktis digunakan. Untuk tampil formal, pilihlah sepatu Loafers dengan model polos. Sepatu jenis ini terkadang dilengkapi hak pendek sehingga cocok untuk kamu yang ber-betis pendek.

Asal usul dari sepatu ini masih diperdebatkan, namun pada tahun 1926, Raja George VI sempat mengatakan bahwa ia menginginkan sepatu dengan bantalan rendah dan tanpa tali. Mungkin dari sinilah sepatu Loafer yang digemari oleh Raja George VI mulai terkenal ke seluruh penjuru dunia.


BACA JUGA 5 Tips Perawatan Sepatu Lama supaya Selalu Terlihat Baru


4. Chelsea Boots

loafer

Sepatu satu ini dipopulerkan oleh band asal Inggris The Beatles pada era 1960-an. Semenjak saat itu sepatu ini masuk kedalam item wajib penggemar genre rock’n’roll!

Hal yang membedakan Chelsea Boots dengan boots pada umumnya adalah modelnya yang slip-on.

Nggak hanya praktis dan nyaman dipakai, model slip-on menjadikannya terlihat lebih elegan dan rapi sehingga pas untuk tampilan formal kamu!

Tapi tentu saja tetap memberikan sedikit kesan rock’n’roll apalagi jika kamu memadukannya dengan busana lain berbahan kulit.

Untuk beberapa jenis lainnya, Chelsea Boots tampil dengan resleting pada bagian samping. Model ini digemari oleh penyanyi lawas asal Amerika Sammy Davis Jr, dan muncul sebagai sepatu favoritnya dalam film ‘Austin Powers’!

5. Dress Bootsdress-bots

Bisa dikatakan Dress Boots serupa dengan sepatu Oxford atau Derby hanya saja dengan model yang lebih tinggi.

Sepatu ini juga identik dengan solnya yang tebal dan bergerigi. Biasanya, sepatu ini terbuat dari bahan kulit atau kulit sintetis dengan satu warna serta dengan lilitan tali sepatu yang tinggi. Cukup cocok untuk dipakai pada terrain yang kasar dan keras.

Sepatu Dress Boots mampu memberikan kesan maskulin pada tampilan formalmu, terutama Dress Boots berwarna hitam atau gelap. Suara langkahnya juga lebih sigap dan tegas.

6. Monk Starpmonk-starp

Fitur yang membedakan sepatu ini dengan sepatu-sepatu sebelumnya adalah strap lebar sebagai ganti dari tali sepatu. Sepatu Monk Strap memiliki desain yang lebih rapi dan sederhana yang cocok untuk pakaian-pakaian formal seperti tuksedo, setelan jas, ataupun blazer.

William Church, salah satu direktur perusahaan sepatu asal Inggris, Joseph Cheaney & Sons bahkan berpendapat bahwa sepatu ini merupakan “Graduation Style” untuk naik level dari gaya tradisional sepatu Oxford dan ‘lulus’ ke arah sepatu yang lebih dewasa.

7. Apron Toeapron-toeSepatu ini bisa dikatakan sebagai salah satu varian dari sepatu Oxford. Ciri khas dari Apron Toe adalah pola jahitannya. Jahitan model Apron Toe dimulai dari tengah-tengah ujung sepatu, kemudian mengitari bagian pinggir sepatunya.

Dibandingkan keenam sepatu yang kita bahas sebelumnya, bisa dikatakan bahwa Apron Toe merupakan sepatu yang lebih santai namun masih cocok digunakan untuk acara-acara formal. Asalkan kamu pandai-pandai saja memasangkan warnanya dengan celana dan atasan.

Dengan mengetahui berbagai karakteristik sepatu, kita jadi lebih paham padu-padan setelan yang cocok serta acara yang pas untuk mengenakan sepatu tertentu. Pastinya hal ini akan membuat penampilan kamu tambah keren!

Sudah tahu yang mana kira-kira sepatu favorit kamu? Yuk, langsung saja cari dan bawa pulang sepatu tersebut di Blibli.com!

Salah satu elemen fashion yang penting untuk tampil gaya adalah sepatu. Namun, banyaknya pilihan jenis sepatu kadang membuat kita bingung. Tampil gaya memang terkadang gampang-gampang susah ya.

Tapi kamu tidak perlu pusing lagi. Karena kali ini kita akan membahas 7 jenis sepatu kece yang bisa kamu pakai untuk tampil formal! Kira-kira yang mana yang cocok dengan gaya formal-mu?

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY