Mungkin di dunia ini, hal yang lebih lembut dari sutra dan lebih halus dari kapas adalah kulit bayi. Namun jika moms tidak merawatnya dengan benar, kulit si kecil yang super lembut itu bisa terkontaminasi banyak agen penghancur, membuatnya rentan terhadap iritasi dan penyakit.

Padahal, kulit si kecil memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan dan melindungi dirinya dari kuman, bakteri dan hal lain yang bisa membuatnya gatal-gatal, sakit, dan juga rusak. Tidak hanya itu, kulit si kecil juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuhnya. Karena itu, kesehatan kulitnya harus selalu menjadi salah satu prioritas moms.

Ada 7 hal wajib yang harus selalu moms perhatikan untuk menjaga kesehatan kulit si buah hati. Apa sajakah itu?

1. Si kecil tidak perlu mandi terlalu sering

tidak-perlu-mandi-terlalu-sering

Jika sebelumnya moms menganggap kalau si kecil harus mandi setiap hari seperti orang dewasa, maka segera ubah mindset tersebut. Pola makan, pola tidur, dan terlebih lagi pola mandi bayi sangat berbeda dengan orang dewasa.

Pada awal kelahiran, kulit bayi memiliki minyak alami yang berfungsi untuk melindungi dan menjaga kelembabannya. Kalau moms memandikan si kecil lebih dari 2 kali dalam seminggu, maka minyak tersebut bisa hilang. Resikonya, kulit si kecil akan kehilangan perlindungan dan lebih rentan terhadap iritasi.

Karena itu, usahakan untuk memandikannya maksimal 2 kali dalam seminggu. Selain dua kali waktu tersebut, moms bisa membersihkan tubuhnya dengan menggunakan spons di area mulut, kulit yang berlipat (seperti ketiak, paha dan juga dagu) serta area popok.

2. Lindungi dia dari sinar matahari

lindungi-dari-sinar-matahari

Mungkin selama ini moms sering mendengar dari orang-orang tua kalau menjemur bayi di pagi hari akan membuatnya jadi lebih sehat. Alasannya, untuk kebutuhan vitamin D dan membunuh bakteri pada kulit.

Namun, ternyata kulit bayi yang berusia di bawah 6 bulan belum tahan dengan panas dan radiasi UV matahari. Hal ini dikarenakan kandungan melanin yang memberikan warna dan perlindungan pada kulit masih sedikit sehingga moms justru harus melindunginya dari pancaran sinar matahari.

Jika tetap ingin membawa si kecil jalan-jalan di pagi hari, lakukan sebelum jam 9. Lebih pagi, lebih baik. Pakaikanlah ia topi dan juga lengan panjang untuk membantu melindunginya dari sinar UV.

3. Selalu cuci pakaian dan handuknya

cuci-pakaian-dan-handuknya

Biasanya si kecil cenderung memiliki kulit yang sensitif, karena itu Akademi Pediatrik Amerika menyarankan untuk selalu mencuci pakaian dan handuknya agar si kecil terhindar dari iritasi.

Sebenarnya moms tidak perlu repot-repot untuk menggunakan deterjen khusus untuk pakaian miliknya kok, cukup pastikan saja pakaiannya selalu dicuci sebelum dipakai.

Namun bila si kecil memiliki kulit yang super sensitif, maka moms harus menggunakan deterjen khusus bayi yang hanya meninggalkan sedikit zat sisa setelah selesai dicuci. Zat sisa yang sedikit itu tidak akan membuat iritasi pada kulit sensitif si kecil sehingga moms tidak perlu khawatir lagi.

4. Perhatikan popok si kecil

perhatikan-popok-si-kecil

Apakah moms pernah melihat ruam pada area popok si kecil? Jika ya, moms tidak perlu khawatir karena ruam di daerah yang lembab tersebut memang sering terjadi jika si kecil sering menggunakan popok.

Tapi meskipun wajar, ruam yang muncul akibat iritasi tersebut haruslah dihindari, karena berpotensi menjadi sarang tumbuhnya bakteri. Moms bisa melakukan beberapa hal yang bisa mencegahnya. Mulai dari membiasakan untuk lebih sering mengganti popok si kecil.

Ketika membersihkan, moms bisa menggunakan air hangat dan sabun khusus bayi. Bahkan, kalau bisa biarkan si kecil bebas dari popok untuk beberapa waktu. Dengan begitu area popok tersebut akan lebih kering dan terhindar dari ruam.

Moms juga bisa menggunakan petroleum jelly atau krim anti ruam khusus pada bagian kulit di area popok untuk mengurangi gesekan dengan popok.

Terakhir, yang harus diperhatikan adalah penggunaan tisu basah, yang bisa membuat kulit bayi yang halus menjadi kering. Jika moms tetap ingin membersihkan area popok dengan tisu basah, pastikan tisu tersebut bebas dari alkohol dan pewangi.

5. Hindari pakaian yang terlalu tebal untuk si kecil

hindari-pakaian-yang-terlalu-tebal

Mungkin moms khawatir kalau si kecil masuk angin saat memakai baju yang terlalu tipis. Namun, hal ini bukan berarti si kecil harus selalu dibalut pakaian yang tebal. Jika terlalu tebal, yang ada malah bisa muncul ruam pada kulit yang kepanasan dan tidak bisa bernafas.

Jika moms ingin memakaikan baju tebal, usahakan baju tersebut longgar saat dipakai sehingga sirkulasi udara pada kulitnya lancar.

6. Berikan nutrisi untuk kulitnya

berikan-nutrisi-untuk-kulitnya

Via mumentoes.wordpress.com

Meskipun bayi terlihat seperti memiliki kulit yang halus dan sehat, sebenarnya kulit bayi itu sangat mudah kehilangan kelembabannya.

Karena itu, menghindari pemakaian tisu beralkohol saja tidak cukup. Moms juga perlu memberikan nutrisi bagi kulitnya. Misalnya, dengan memberikan krim pelembab yang aman dan nyaman untuk kulit bayi.

Ketika memakaikan pelembab pada si kecil, gunakan gerakan menepuk pelan dan jangan mengoles, agar pelembab tersebar lebih merata dan lebih mudah menyerap ke kulit.

7. Perhatikan produk yang digunakan untuk kulitnya

perhatikan-popok-yang-digunakan

Via happybabyskin.com

Kulit bayi yang sensitif membuat moms harus benar-benar memperhatikan produk-produk yang digunakan pada kulitnya. Selalu gunakanlah produk yang dirancang khusus untuk kesehatan kulit bayi agar tidak terjadi iritasi pada kulitnya. Lebih baik riset sedikit sebelum menentukan pilihan produk.

Sebisa mungkin, setialah pada satu merk saja sehingga kulit si kecil tidak terpapar terhadap banyak zat yang berbeda secara bersamaan. Namun, jika kulitnya menunjukkan tanda-tanda alergi, jangan pernah ragu untuk langsung mengganti produk yang digunakannya.

Ketujuh hal di atas merupakan hal-hal penting yang harus moms ketahui agar dapat merawat kulit si kecil dengan tepat. Banyak orang tua yang mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan kulit bayi, sampai pada akhirnya butuh pertolongan medis. Jangan sampai lengah ya moms!

Kulitnya yang sensitif tentu sangat bisa merasakan berbagai hal sampai hal terkecil yang membuatnya tidak nyaman. Karena itu ikutilah tips-tips di atas dan gunakanlah produk terbaik yang bisa didapatkan oleh si kecil.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY