Bagi kamu yang suka membaca buku, kamu tentu bisa menghabiskan waktu berjam-jam tenggelam bersama cerita yang ada di dalam buku itu, bukan?

Tapi tetap saja, rasa jenuh dan bosan bisa datang ketika kamu tengah membaca buku. apalagi untuk kamu yang nggak begitu gemar membaca. Lalu bagaimana jika rasa jenuh itu datang?

Tenang. Banyak hal yang kamu bisa lakukan untuk membuat hobi membaca kamu lebih menyenangkan, lho. Seperti beberapa hal ini contohnya.

1. Ditemani segelas kopi atau teh hangat

segelas-kopi

Via Itripto

Segelas kopi merupakan teman ideal kamu untuk membaca buku. Kandungan kafein yang ada di dalamnya bisa membuat kamu tetap fokus ketika membaca setiap kata yang ada di dalam buku yang kamu baca.

Bahkan populernya kebiasaan membaca buku sambil menyeruput kopi menginspirasi munculnya berbagai book cafe. Cafe dimana kamu nggak cuma bisa memesan kopi, tetapi juga membeli atau meminjam buku-buku menarik untuk menjadi teman ngopi kamu. Jadi, jika kamu suntuk membaca di dalam kamar, coba mampir ke book cafe terdekat aja.

Untuk kamu yang kurang menggemari kopi, kamu bisa menggantinya dengan berbagai minuman hangat lainnya seperti teh, coklat, atau susu.

2. Mendengar musik instrumental

mendengarkan-musik Via Cheap Audio Books

Siapa bilang cuma film dan sinetron yang memerlukan background musik? Membaca juga bisa kamu lakukan sambil mendengarkan musik. Pilihlah musik instrumental yang menurut kamu pas dengan isi buku yang kamu baca.

Kamu nggak perlu takut konsentrasi membaca kamu terganggu karena menurut penelitian dari pakar komunikasi Universitas Stanford, otak yang kita gunakan untuk membaca dan mendengarkan musik instrumental itu berbeda. Namun hal ini nggak berlaku jika musik yang kamu dengan mengandung lirik. Malah nggak fokus nanti jadinya.

Bahkan musik instrumental yang pas juga bisa merelaksasi tubuh dan pikiran kamu sehingga membaca jadi lebih fokus dan menyenangkan.

3. Mengonsumsi snack coklat

mengonsumsi-cokelat Via Otis Fundraising Ideas

Nggak cuma minuman, makanan-makanan manis juga bisa kamu jadikan teman ketika membaca buku favorit kamu. Kamu bisa coba berbagai makanan ringan yang terbuat dari coklat atau mengandung coklat seperti biskuit, donat, atau brownies.

Tahukah kamu jika coklat memiliki manfaat anti depresi dan juga menenangkan saraf-saraf dalam tubuh kamu? Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung coklat, perasaan kamu tentu akan lebih tenang dan mudah untuk menikmati setiap lembaran buku yang kamu baca.

Membaca lebih menyenangkan dan stress pun hilang!

4. Duduk di kursi santai

duduk-di-kursi-santai
Via Home Trend Design

Jika kamu penggemar cerita Sherlock Holmes, maka kamu akan menyadari bahwa detektif satu ini kerap memikirkan dan membaca setiap detail kasusnya di kursi santai dekat perapian ruang kantornya di Baker Street.

Kira-kira kenapa ya? Tentu hal ini dikarenakan rasa nyaman dan tenang ketika duduk di kursi santai bisa menstimulasi otak kamu untuk berpikir lebih jernih. Jadi, jika kamu memiliki tempat duduk yang nyaman seperti kursi santai atau bean bags, mungkin itu bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu menikmati buku favoritmu.

5. Lakukan aktivitas di luar ruangan

lakukan-aktivitas-di-luar-ruangan
Via Rolandoforispeaks

Jika kamu merasa suntuk dan jenuh ketika membaca buku, mungkin bukan bukumu yang membosankan tetapi suasana yang ada di sekitar kamu. Cobalah untuk membaca di luar ruangan untuk menciptakan suasana baru.

Kamu bisa mencoba ke taman, halaman belakang rumah, teras, atau bahkan ke cafe outdoor di sudut kota. Pastikan tempat yang kamu kunjungi juga memberikan ketenangan yang cukup agar kamu tetap bisa menikmati buku yang tengah kamu baca.

6. Sambil berolahraga

sambil-olahraga

Via 2048px

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan sembari membaca adalah melakukan olahraga ringan. Nggak hanya memberikan keseruan baru ketika membaca, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lebih, yaitu kesehatan.

Tentu nggak semua jenis olahraga bisa kamu lakukan sembari membaca buku. Kamu bisa memilih olahraga seperti berlari di atas treadmill atau mengayuh sepeda statis.

7. Lakukan bersama orang yang kamu cintai

lakukan-bersama-yang-dicintai

Via Express

Rahasia terakhir yang bisa membuat hobi membacamu lebih menyenangkan adalah melakukannya dengan orang yang kamu sayangi. Temukanlah pasangan atau sahabat yang memiliki hobi membaca yang sama denganmu.

Nggak hanya memiliki teman ketika membaca, kamu juga bisa berdiskusi dan saling bertukar pikiran akan hal-hal yang kamu baca. Selain menyenangkan, kegiatan membaca bersama ini bisa mempererat hubungan kalian juga, lho. Siapa sangka membaca bisa menjadi kegiatan yang romantis.

Selain hal-hal di atas ada beberapa hal lain yang bisa mempengaruhi kegiatan membacamu, seperti pilihan buku yang tepat hingga pencahayaan yang memadai. Bahkan bila perlu, siapkan lampu baca khusus agar kegiatan membacamu semakin sempurna.

Kamu bisa menemukan berbagai kebutuhan membacamu mulai dari buku hingga lampu baca dengan mudah secara online di Blibli.com.

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY