Musim hujan (terutama akhir tahun) adalah saat di mana daya tahan tubuh menjadi sangat rapuh. Cuaca dan suhu yang tidak menentu membuat tubuh sulit mengembangkan mekanisme pertahanan yang tepat.

Kondisi ini membuat kita sangat rentan terutama terhadap nyamuk yang berkembang biak pesat pada musim hujan. Hal ini tentu membuat kamu harus mulai was-was akan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk seperti demam berdarah, malaria, hingga virus zika!

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari gigitan nyamuk. Mulai dari melakukan program 3M (menguras, menutup dan mengubur) pada tempat-tempat penampungan air hujan dan lainnya hingga menggunakan lotion anti nyamuk.

Tapi, selain itu masih banyak kebiasaan sederhana yang ternyata bisa bantu kamu terhindar dari gigitan nyamuk, lho!

1. Jaga pola makan sehat

jaga-pola-makan-sehatVia Health Harvard

Jika kamu merasa sering digigit nyamuk, mungkin kamu harus coba mengecek kadar kolesterol kamu. Siapa yang menduga ternyata serangga kecil ini menyukai darah seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Nggak percaya?

Jerry Butler, PhD seorang ilmuwan dari Universitas Florida mengatakan bahwa seseorang dengan konsentrasi kolesterol tinggi dalam tubuhnya cenderung menarik perhatian nyamuk. Alasannya, karena hasil metabolisme yang akhirnya terkumpul di pori-pori merupakan nutrisi bagi nyamuk.

Jadi, kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk mengurangi kadar kolesterol di tubuh kamu dengan diet agar terbebas dari gigitan nyamuk demam berdarah dan nyamuk lainnya. Hindarilah makanan yang digoreng serta yang mengandung banyak lemak jahat.

Selain terbebas dari gigitan nyamuk, kamu juga akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan proposional. Asik banget!

2. Selalu dekat dengan kipas angin

selalu-dekat-dengan-kipas-anginVia BC Hydro

Coba deh kamu ganti kebiasaan kamu menggunakan AC menjadi kipas angin. Dijamin jumlah nyamuk yang akan mendekatimu akan berkurang. Bingung kenapa seperti itu?

Meski berbahaya, ternyata nyamuk itu nggak begitu jago terbang. Dengan mendekatkan diri dengan kipas di mana gerakan angin cukup kencang, maka sudah dipastikan nyamuk nggak akan bisa mendekati kamu.

Hal ini dikarenakan ia tidak akan bisa terbang dengan stabil jika angin di sekitar kamu bertiup kencang. Kalau nggak percaya, coba saja tiup nyamuk ketika ia mendekatimu. Langsung sempoyongan!

3. Puasa pisang

puasa-pisang Via Genologics

Suka makan pisang? Jika ya, mungkin sementara kamu harus puasa makan buah satu ini. Hal ini disebabkan pisang yang kaya akan kalium bisa meningkatkan jumlah asam laktat yang dikeluarkan kulit kamu. Terus, apa hubungannya dengan nyamuk?

Asam laktat yang dikeluarkan kulitmu memiliki aroma tertentu yang disukai oleh nyamuk! Artinya, nyamuk menyukai orang-orang yang gemar mengonsumsi pisang! Selain pisang, makanan yang mengandung banyak kalium adalah kentang, alpukat, dan sayur bayam. Jadi, usahakan ganti asupan makanmu dengan sayuran atau buah lainnya, ya.

Alternatifnya, makan buah jeruk! Kulit jeruk yang dikupas jangan langsung dibuang, karena nyamuk benci banget dengan aroma segarnya! Buat kamu yang kapok diserang, segera letakkan di samping tempat tidur, dan rasakan bedanya di malam hari!

4. Bercocok tanam

bercocok-tanamVia What Woman Needs

Untuk kamu yang memiliki hobi bercocok tanam, mungkin hobi ini bisa membantu kamu terhindar dari gigitan nyamuk. Tapi, hal ini tergantung tanaman apa yang kamu tanam.

Beberapa tanaman ternyata memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk. Seperti lavender, sereh, tulsi, dan juga lidah buaya. Menanam tanaman ini di sekitar rumah kamu akan membuat nyamuk nggak berani mendekati rumah kamu. Juga, bisa memperindah rumah dan taman yang kamu miliki.

5. Makan bawang putih

makan-bawang-putih

Via Mom Junction

Meski belum ada penelitian komprehensif yang mendukung, namun banyak orang yang percaya bahwa seperti layaknya drakula, nyamuk ternyata juga takut dengan bawang putih. Hal ini dikarenakan aroma bawang putih yang menyengat.

Jadi, kamu bisa mulai mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung bawang putih untuk menjauhkan dirimu dari gigitan nyamuk. Lagipula masih banyak manfaat kesehatan lainnya dari umbi yang kaya anti-oksidan satu ini. Jadi, nggak ada salahnya bukan  mengonsumsi bawang putih.

6. Memelihara ayam

memelihara-ayam Via My Pet Chicken

Jika nggak ada manusia, nyamuk memang akan menghisap darah hewan-hewan. Namun, ternyata nggak semua hewan disukai oleh penghisap darah kecil satu ini. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Ethiopia dan Swedia menemukan fakta bahwa nyamuk cenderung menghindari ayam dan jenis burung lainnya.

Bahkan dalam salah satu uji coba, mereka tidur bersama ayam dan memang terbukti bahwa nyamuk menghindari jauh-jauh. Hasilnya? Nol gigitan nyamuk!

Tentu kamu nggak perlu sampai tidur dengan ayam agar terbebas dari serangan nyamuk. Tapi, kamu bisa memelihara ayam atau unggas lainnya di rumah agar aromanya menjauhkan rumahmu dari para nyamuk nakal ini.

Nggak ada orang yang mau sakit. Apalagi sakit demam berdarah bukan? Jadi, nggak ada salahnya mulai melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk menjauhkanmu dari berbagai penyakit akibat gigitan nyamuk.

Untuk tetap siaga, kamu juga bisa menggunakan asuransi demam berdarah yang bisa kamu dapat di Blibli.com, lho. Nggak ada salahnya bukan mempersiapkan diri? Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY