6 Cara Biar Nonton di Rumah Serasa di Bioskop

Photo via pexels.com

Buat bikin suasana nonton di rumah berasa kaya di bioskop, simpel banget. Kuncinya cuman ada di ukuran layar, kualitas gambar, sama suara sound yang menggelegar. Kalo tiga hal ini bisa dipenuhin, dijamin nonton di rumah rasanya udah sama kaya di bioskop. Nah, biar ada bayangan, aku mau kasih tau caranya biar bisa nyulap ruangan TV kayak bioskop.

  1. Sesuaiin Ukuran TV Sama Ruangan
Photo via pixabay.com

Bioskop emang layarnya gede banget. Tapi gak harus beli TV yang gede-gede amat. Penting buat ngepasin ukuran TV sama ukuran ruangan. Soalnya kalo TV-nya gede tapi ruangannya kecil bisa bikin mata sakit. Biar nyaman, ada rumusnya nih. Ukuran TV baiknya ⅓ jarak tempat duduk ke tempat naro TV. Misalnya kalo ruangannya gede dan jarak dari sofa ke meja TV itu 5 meter, berarti ukuran TV baiknya 1.6 meter atau 60 inch. Nah, kalo kayak gitu kan gedenya dapet, nyamannya juga dapet. Bikin jarak tempat duduk sama ukuran TV jadi seimbang deh.

  1. Speaker Tambahan Biar Makin Jeder
Photo via pixabay.com

TV jaman sekarang emang udah dilengkapin sama sound system bawaan yang bagus. Tapi, kalo mau bikin sensasi nonton bioskopnya dapet, harus pake speaker tambahan. Biar suaranya lebih muantepp, cari speaker yang lengkap pake bass, tweeter dan ada sound bar-nya. Ada banyak desain yang bisa dipilih dan disesuain sama desain ruangan di rumah. Coba aja hunting di sini.

SOUNDBAR & SPEAKER TV

  1. Refresh Rate Tinggi
Photo via unsplash.com

Mungkin banyak yang gak paham urusan spek TV yang ini. Maksud dari refresh rate adalah itungan refresh gambar yang dipake TV buat satu detik. Makin tinggi refresh rate, gambarnya bakal lebih mulus. 60Hz bisa dijadiin bates minimal atau coba yang 240Hz biar tiap adegannya kerasa alus banget.

  1. Jenis Layar Kekinian
Photo via pixabay.com

Spek layar juga jadi syarat penting buat bikin sensasi nonton makin mantep. Biasanya ada dua pilihan buat jenis layar TV, LED atau OLED? Tapi perlu juga dicek kualitas gambarnya, apa HD atau 4K. HD punya resolusi gambar 720p, Full HD sampai 1080p, dan 4K 2160p. Kalau pingin kualitasnya bagus, pilih aja yang OLED 4K.

  1. Port dan Konektivitasnya Lengkap
Photo via unsplash.com

Jangan cek depannya aja, tapi perlu juga perhatiin konektivitas. Buat TV yang kekinian, mendingan cari TV yang udah support buat banyak perangkat video. Contohnya kayak Chromecast, sound Bar, atau Roku. Tampilannya juga lebih bagus. Jangan lupa port lainnya kaya USB, HDMI 2.0/2.0A, HEVC decoding, dll.

  1. Merek & Garansi Terjamin
Photo via pixabay.com

TV yang mereknya bagus udah pasti punya kualitas dan ada garansinya. Jadi nggak perlu bingung kalau ada yang rusak, service centernya pasti ada di mana-mana. Jadi, jangan milih TV cuma gara-gara murah doang. Beli TV yang bagus dan harganya sesuai juga sama kantong. Coba aja cek link di bawah ini, barang kali ada yang cocok.

SMART TV HD & 4K

Poin-poin di atas bisa dijadiin acuan buat nyulap ruang TV jadi bioskop. Enaknya lagi, buat dapetin barang-barang di atas ga perlu repot-repot pergi ke toko elektronik. Tinggal klak-klik aja dari rumah, Blibli.com bisa anterin TV dan aksesorisnya langsung sesuai alamat. Pilihan ukuran dan mereknya juga lengkap banget, plus ada garansi resminya. Jadi bisa langsung bikin home theatre di rumah. Biar lebih adem di kantong, coba aja cari yang ada promonya di sini.

PROMO TV DI BLIBLI.COM

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY