5 Trik Agar Tidak Kesiangan Bangun Sahur

Akhirnya kita sampai lagi di bulan yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslim. Bagi kamu yang akan menjalani puasa, pasti sudah tau dong akan ada perubahan dalam aktivitas kamu sehari-hari, apalagi jam tidur! Dengan menjalani sahur waktu pagi dini hari, diperlukan teknik pintar supaya tidak kesiangan, pasti kamu gak mau kan bangun langsung dengar azan subuh?

Jangan khawatir, yuk ikuti tips ampuh berikut ini!

1. Hindari Begadang Hingga Larut Malam

Vai Pexels

Nah, kalau kamu termasuk night-owl atau sudah terbiasa begadang, sebaiknya kerutinan ini diubah dulu selama bulan puasa. Dengan asupan makan dan minuman yang kurang dari biasanya, tubuh kamu pasti terasa lebih gampang lelah di siang hari.

Oleh sebab itu, usahakan kamu mendapat tidur yang lebih berkualitas dengan membuat diri kamu senyaman mungkin! Kalau kamu tidur cukup dan pulas, tubuh juga akan terasa lebih segar, lho!

TINGKATKAN KUALITAS ISTIRAHAT DENGAN BANTAL TIDUR INI

2. Pasang Alarm Manual

Via Pexels

Nah, pasti setiap orang mempunyai kebiasaan menekan tombol snooze pada alarm di handphone masing-masing, kan! Untuk menghindari hal ini terjadi, saatnya kita gunakan kembali jam weker manual.

Selain suaranya yang menggelegar, kamu juga harus benar-benar melek untuk mematikannya! Tidak heran kan kenapa kakek dan nenek kita tidak pernah bangun kesiangan?

PILIHAN JAM WEKER INI BIKIN KAMU LANGSUNG BANGUN UNTUK SAHUR 

3. Nyalakan Radio

Via Pexels

Sebagian besar negara yang memiliki mayoritas penduduk muslim pasti mempunyai program khusus Ramadhan, baik itu di televisi maupun radio. Selain memberikan kamu hiburan dan juga edukasi di saat menyantap sahur, kamu juga bisa menjadikan sebuah program favorit sebagai patokan untuk bangun, lho. Dan setelah itu, kamu tinggal nunggu azan subuh, deh.

Psstt, ini juga dapat kamu aplikasikan saat ngabuburit, ya.

DENGARKAN PROGRAM RAMADHAN DI RADIO INI

4. Tukar asupan kopi dengan air putih di malam hari

Via Pexels

Bagi kamu penikmat kopi, mungkin perubahan ini akan terasa sulit di minggu pertama. Tapi pasti juga akan terbiasa, kok! Meski merasa butuh, coba kurangi asupan kopi kamu, apalagi saat menjelang tidur.

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi (dan juga daun teh), memiliki efek samping yang membuat jantung kamu berdegup lebih cepat dari ritme normalnya. Bisa-bisa kamu bisa tidak merasa mengantuk sama sekali, lho!

Oiya, teh dan kopi juga bersifat diuretik atau cenderung membuat kamu lebih sering buang air kecil. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh kekurangan cairan.

Jadi untuk menghindari kualitas tidur yang kurang dan dehidrasi, ganti minuman kopi kamu dengan air mineral, ya!

GANTI CANGKIR KOPI KAMU DENGAN TUMBLER BARU INI

5. Minta Dibangunkan Orang Lain

Via Pexels

Minta tolonglah kepada orang rumah untuk dibangunkan sahur pada waktunya. Nah, untuk kamu yang tinggal sendiri, cobalah minta tolong untuk dibangunkan orang tua, abang, kakak, hingga teman melalui telepon. Biasanya hal ini lebih untuk kamu yang sedang merantau, ya.

Nah, kalau minta tolong menggunakan cara ini, jangan lupa cari orang yang zona waktunya tidak terlalu jauh beda dengan kamu, ya!

DAFTAR CHARGER TAHAN LAMA UNTUK HANDPHONE KAMU

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY