Salah satu hal yang bisa mendongkrak mood untuk semangat tiap hari adalah melihat kondisi dompet. Nggak hanya dompet, saldo ATM yang ada di batas aman juga bisa bikin hatimu tenang. Apalagi saat kondisi dompet lagi tebal-tebalnya, saking senengnya kamu udah nggak sabar untuk membeli ini dan itu.

Sering nggak disadari, kebiasaan ngepoin online shop akan menuntunmu buat memborong semua barang yang dijajakan. Hati-hati, ini bisa bikin dompet dan saldomu masuk masa kritis. Sebelum kejadian, yuk mengantisipasi biar ketebalan dompet dan level aman saldomu lebih terjaga pas belanja online. Bisa banget untuk diandalkan sampai waktu yang ngak ditentukan! Khawatir bisa kamu kesampingkan.

1. Tulis dalam list barang yang pingin kamu beli. Pikir sekali lagi mana yang butuh atau hanya sekadar ingin.

List Barang

via pinterest.com

Namanya juga manusia, punya ini itu pasti sudah terbesit di dalam benak. Mulai dari hal yang penting sampai yang sepelenya di titik maksimal, inginmu adalah bisa punya semuanya. Sebelum kamu memantapkan hati buat beli, ada baiknya kamu menulisnya di atas kertas semua barang yang pingin kamu miliki.

Langkah selanjutnya adalah menluangkan waktu untuk berpikir dua kali. Lihat tiap kata dalam list-mu sambil bertanya dalam hati…

“Ini butuh atau cuma nafsu?”

Kalau hati bilang butuh, lewati. Kamu harus membelinya. Tapi kalau hanya nafsu karena lapar mata, jangan segan buat segera mencoret tanpa basa-basi.

2. Survey harga dan kualitas barang adalah wajib. Mulai dari pake hashtag, kepo detail barang, sampai tanya teman.

Survey Harga

via picjumbo.com

Sebelum mulai berburu membeli barang, mencari tahu tentang harga dan kualitas produk yang perlu kamu lakukan. Memang terkesan lebih repot dan butuh banyak tenaga. Kamu harus kepoin e-commerce pilihan, sampai tanya-tanya ke customer care tentang detil barangnya.

Kalau kamu mau cepat, coba tanya saja sama temanmu yang pernah berkutat untuk membeli hal-hal yang kamu cari. Sambil cari testimoninya, guys! Tapi nantinya kamu akan dibuat puas kok. Apalagi saat bisa beli barang berkualitas apik dengan harga yang terjangkau, senang hati rasanya!


BACA JUGA 7 Gaya Belanja yang Cewek Banget, Ngaku Deh!


3. Real picture itu wajib ada. Kamu bisa membayangkan barang yang kamu pingin saat sampai ke tanganmu.

Real Picture

via elitedaily.com

Salah satu hal yang sering bikin kecewa orang-orang setelah belanja online adalah barang di foto beda dengan aslinya. Sebelum hal ini menimpamu, kamu perlu bertanya dengan admin, manfaatkan customer care yang ada. Atau paling tidak, kamu bisa nge-zoom detilnya. Sambil membayangkan kira-kira pas nggak ya buat kamu. Saat barang sudah sampai, kamu akan dibikin puas dan senang!

4. Teman memang diperlukaan di momen genting saat belanja. Dia membantumu menentukan keputusan beli atau tidak.

Teman Memang Diperlukan

via elitedaily.com

Salah satu reminder terbaik yang harus ada di sampingmu sebelum memutuskan untuk belanja adalah teman. Apalagi kalau kalian punya selera yang sama, makin asik kalau saling minta pendapat tentang barang yang akan kamu beli. Dia nggak akan segan untuk memberikan pertimbangan yang masuk akal. Kamu nggak perlu ragu buat memutuskan beli atau tidak nantinya!

5. Biar total belanjaanmu bisa lebih hemat, masukkan saja voucher kupon yang ada.

Voucher

via stocksy.com

E-commerce kesayanganmu, pasti punya banyak cara untuk bikin bahagia pelanggannya. Salah satunya adalah dalam bentuk voucher. Contohnya adalah Promo Big Payday Blibli.com yang bisa bikin kamu jadi smart shopper. Kode-kode itu bukan untuk didiemin aja, lho. Itu sama saja kamu menyiakan diskon yang bisa menghemat pengeluaranmu. Diskonnya pun beragam ditambah ekstra diskon. Wah, sayang banget kalau dilewatkan! Rasa puas bisa kamu rasakan dobel, dompetmu tetap aman deh ketebalannya!

Biar dompet tetap ada di fase aman saat belanja online, yuk praktikkin tips yang super sederhana ini! sudah bukan saatnya kamu belanja tapi berekor dengan penyesalan.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY