Genderang perang National Basketball Association (NBA) musim 2016/2017 akan bergulir. Musim ke 71 selama pergelaran NBA bergulir diperkirakan akan menjadi yang paling sengit dalam sejarah NBA ini. Apalagi 30 tim akan bersaing dalam 82 pertandingan pastinya akan memanjakan pencinta bola basket dunia.

Beberapa tim top yang selama ini menguasai papan atas berbenah serius untuk menyambut musim ini, terutama banyak pemain baru direkrut untuk menghentikan ambisi Cleveland Cavaliers untuk meraih gelar juara secara back to back.

Begitu pun sang juara bertahan yang tentunya ingin terus melanjutkan dominasinya pada musim 2016 2017. Apalagi mereka juga tidak terlalu banyak mengubah komposisi skuatnya musim ini.

Para tim pun sudah melakukan persiapan untuk menghadapi musim depan dengan harapan juga ada kejutan yang menarik ditunggu. Nah untuk memanaskan NBA musim 2016/2017, berikut 5 hal baru yang tidak boleh dilewatkan dari NBA musim 2016/2017.

1. Menantikan NBA Sepeninggal Kobe Bryant, Tim Duncan, dan Kevin Garnett

sepeninggal-kobe-bryant

Via NBA.com

NBA musim depan pun akan tampil tanpa kehadiran para pemain yang selama ini telah menghiasi kancah NBA. Diawali dari Kobe Bryant yang mengumumkan pensiun jauh sebelum NBA musim 2016 berakhir, disusul dengan The Fundamental, Tim Duncan. Dan yang teranyar adalah Kevin Garnett.

Tentunya menarik melihat kiprah LA Lakers, San Antonio Spurs, serta Minnesotta Timberwolves tampil tanpa bintang anyarnya. Memang mereka juga melakukan transfer untuk menggantikan peran ketiganya.

2. Menanti Kiprah Pemain Anyar di Musim Baru

kiprah-pemain-baru

Via NBA.com

Banyak klub sudah melakukan banyak perombakan di skuat namun ada beberapa transfer yang menyedot perhatian. Salah satunya kepindahan Kevin Durrant dari Oklhoma City Tunder ke Golden State Warriors selama dua musim ke depan.

Masuknya Durrant tentunya menambah daya tempir skuat Warriors. Dengan dibanderol senilai 54,3 juta dollar AS diharapkan bisa membawa Warriors meraih gelar juara.

Selanjutnya ada Derrick Rose yang pindah ke New York Knicks melalui skema pertukaran pemain (trade). Kehadiran Rookie of the Year 2009 dan MVP 2011 diharapkan membuat New York Knick bisa bersaing di papan atas Wilayah Timur.

Terakhir ada Paul Gasol, memutuskan berseragam San Antonio Spurs setelah menyelesaikan masa kontraknya bersama Chicago Bulls selama dua musim terakhir.

Juara NBA 2009 dan 2010 (bersama Los Angeles Lakers) itu akan menjadi tambahan ideal Spurs pada posisi big man pengganti Tim Duncan yang pensiun.

Sebenarnya masih ada lagi perpindahan pemain seperti Dwyane Wade (dari Miami Heat ke Chicago Bulls) dan  Rajon Rondo (dari Sacramento Kings ke Chicago Bulls)

3. Duo Finalis NBA Musim Lalu Jadi Kandidat Kuat Juara Musim Ini

duo-finalis

Via NBA.com

Dua finalis NBA musim lalu, Golden State Warriors dan Cleveland Cavaliers, masih jadi kandidat terkuat untuk juara di musim 2017 mendatang.

Cavs berstatus sebagai juara bertahan masih memiliki  skuat yang relatif masih sama seperti musim lalu, ada LeBron James, Kyrie Irving, Kevin Love, Mo Williams, dan Iman Shumpert, Cavs asuhan Tyronn Lue masih jadi salah satu kandidat kuat juara.

Sementara sang runner up ingin membalas kegagalan mereka mempertahankan titel NBA-nya. Tak ingin gagal lagi, Warriors merekrut bintang Oklahoma City Thunder, Kevin Durant, yang tentunya bakal menajamkan lini serang mereka yang sudah diisi dulu oleh Stephen Curry dan Klay Thompson.

Betul saja, hingga saat ini dua tim masih jadi yang terkuat. Buat kamu katanya ngefans sama Golden State Warriors atau Cavs, tunjukkin dong dengan menggunakan berbagai produk dari dua tim ini.

cavs-vs-golden-state-nbastore-microsite

Pas banget karena di NBAStore.co.id powered by Blibli.com sedang mengadakan campaign Golden State Warriors vs Cleveland Cavaliers. Pendukung dua tim ini gak boleh ketinggalan dong!

4. Aturan Baru di Musim Baru 2016/2017

aturan-baru-musim-baru

Via NBA.com

NBA terus melakukan perubahan untuk membuat game mereka lebih menarik. Pada musim ini mereka mengumumkan tiga aturan baru.

Pertama mereduksi pemakaian strategi “Hack a-Shaq” di pertandingan. Strategi sengaja melanggar pemain yang lemah dalam free throw di momen-momen akhir laga itu dianggap membuat pertandingan lambat dan membosankan.

Bila sebelumnya NBA menghukum tim yang menerapkan “Haq a-Shaq” dengan sekali free throw dan penguasaan bola kembali untuk lawan. Hukuman itu hanya dijatuhkan bagi tim yang melakukan strategi tersebut di dua menit terakhir kuarter keempat dan babak overtime.

Kini, hukuman lebih berat dengan diberikan kepada tim yang melakukan “Haq a-Shaq” di setiap kuarter pada dua menit terakhir.

Selain itu aturan baru yakni memberi hukuman sekali free throw dan penguasaan bola untuk lawan bagi tim yang melakukan foul saat lawan dalam posisi melakukan inbound atau lemparan ke dalam.

Satu aturan baru lainya adalah memberikan hukuman flagrant foul untuk setiap pemain yang melakukan gerakan membahayakan dengan melompat di belakang pemain lawan. Sebelumnya, gerakan seperti ini masih ada yang dijatuhi hukuman foul biasa.

5. Semakin Memanjakan Pencinta Bola Basket Dunia

memanjakan-pencinta-nba

Via nba.com

Menyambut musim baru, NBA membuat beberapa terobosan baru untuk penggemar yang berlangganan NBA League Pass. Salah satunya adalah penggemar kini bisa mengunduh tayangan ulang.

NBA League Pass. merupakan sebuah layanan yang menyiarkan pertandingan-pertandingan NBA secara langsung melalui live streaming.

Aplikasi ini bisa diakses melalui komputer, tablet, dan telepon genggam (iPhone dan iPad; ponsel Android dan tablet), serta berbagai perangkat yang terkoneksi internet.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY