Banyak orang yang sudah tidur tapi begitu bangun ternyata justru badannya terasa kurang segar. Salah satu penyebabnya adalah mimpi buruk semalaman. Entah tiba-tiba mimpi dikejar hantu, mimpi proyek gagal, atau mimpi ala-ala film seram model Hollywood. Pasti nggak enak. Apalagi kalau sampai merasa bangun dan tubuh ternyata berkeringat dingin.

Agar bisa tidur nyenyak dan mimpi indah, ternyata ada kok cara-caranya yang bisa dilakukan. Yang penting, lebih baik tidak asal tidur. Apa maksud asal tidur? Ini adalah tidur di mana Anda tidur dalam posisi kecapekan. Karena dalam posisi kecapekan, biasanya otak masih bekerja keras untuk mengembalikan kondisi tubuh ke tingkat relaks. Inilah yang membuat otak kadang merespons dengan membuat ingatan buruk tiba-tiba datang.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar tidur bisa lebih nyenyak dan mimpi indah yang datang? Berikut beberapa hal di antaranya:

1. Berikan waktu yang berkualitas bersama teman dan keluarga

Cara Tidur Nyenyak_2

via lonelyplanet.com

Dengan bercanda, bersenang-senang, atau sekadar ngobrol santai sebelum tidur, akan membuat perasaan bahagia datang lebih mudah. Ini akan membuat otak lebih relaks sehingga tidur pun lebih nyenyak. Efeknya, ingatan baik akan membuat mimpi indah yang datang.

2. Tulis sesuatu yang membahagiakan pada diary atau status media sosial Anda

Cara Tidur Nyenyak_3

via katherine-louise.com

Pancing rasa bahagia datang lebih mudah. Salah satunya dengan menulis karena ini akan memancing ingatan sadar dan bawah sadar untuk merasakan hal yang sama. Menulis pada buku diary atau media sosial tentang apa yang membuat bahagia di hari itu akan menjadikan ingatan Anda penuh rasa bahagia sehingga mimpi indah pun lebih mudah muncul.

3. Hindari makan sesaat sebelum tidur

Cara Tidur Nyenyak_4

viaย carolinejordanfitness.com

Tubuh perlu mencerna makanan. Pencernaan yang masih bekerja keras saat tidur akan membuat tubuh tidak bisa relaks. Usahakan makan maksimal 2-3 jam sebelum tidur. Dengan begitu tugas yang diemban organ tubuh untuk mencerna makanan akan lebih ringan. Sehingga, saat tidur Anda pun bisa lebih nyenyak.

4. Cari posisi tidur yang paling nyaman

Cara Tidur Nyenyak_5

via viral-next.com

Posisi tidur yang nyaman bisa diperoleh dengan kasur, bantal, dan guling yang nyaman pula. Jika tempat tidur Anda kurang nyaman, coba cari saja di Blibli. Anda bisa memilih beberapa kasur empuk dan bantal guling yang nyaman dengan sekali klik. Mudah, diskon berlimpah, barang pun diantar tanpa ongkos kirim langsung ke rumah.

5. Lakukan meditasi atau relaksasi yang membuat Anda nyaman

Woman doing yoga in room

viaย amazonaws.com

Ada beragam cara meditasi. Anda bisa memilih melakukan yang sesuai dengan kebutuhan dan kesenangan. Dari yoga, mendengarkan musik, atau sekadar mencari kesenangan yang bisa melegakan. Dengan cara ini, Anda bisa membuat tubuh dan pikiran merasakan istirahat yang penuh kedamaian. Ini akan membuat Anda lebih nyenyak dan memudahkan mimpi indah datang ke Anda.

Nadine

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves make up too! My routines is reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment.

Before that, I have another habit such jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning.

I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.
Nadine

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY