5 Aplikasi Google yang BIkin Perjalanan Mudik Lebih Mudah

Tak terasa, kita hampir memasuki penghujung bulan Ramadan. Ini artinya, sebagian besar masyarakat bersiap untuk pulang kampung alias mudik.

Perjalanan mudik kebanyakan memang dilakukan di darat, khususnya yang kampungnya ada di pulau Jawa dan Sumatera. Namun, melakukan perjalanan mudik ternyata butuh kesiapan mental dan fisik yang ekstra.

Pasalnya, selain kemacetan tak terduga yang bisa terjadi di beberapa titik ruas jalan, pemudik juga pasti akan tenggelam dalam rasa bosan atau pun kesulitan mencari informasi seputar jalur mudik. Belum lagi, koneksi internet yang tidak stabil menjadi hambatan dalam mengakses informasi.

SMARTPHONE GOOGLE PIXEL 3XL 128GB BISA KAMU CEK DI SINI

Nah, dalam kesempatan kali ini, Blibli Friends yang kebetulan ingin melakukan perjalanan mudik darat, bisa memanfaatkan smartphone dengan menggunakan sederet layanan yang dimiliki Google.

Beberapa layanan tersebut juga dikhususkan hadir selama Ramadan dan Idul Fitri agar perjalanan mudik bisa lebih lancar dan menyenangkan. Apa saja fitur-fitur yang bisa digunakan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Google Search

Lewat Google Search, kamu akan  dipermudah mencari informasi dalam melaksanakan ibadah dengan beberapa kata kunci terkait.

Hanya dengan mencari kata ‘Ramadan’, ‘Bulan Ramadan’ dan ‘puasa’ di Google Search akan muncul beberapa  informasi terkait yang dibutuhkan, seperti jadwal salat dan bahkan mencari arah kiblat.

JANGAN LUPA BAWA POWER BANK SAAT MUDIK, INTIP SALAH SATU VARIANNYA DI SINI

Fitur ini jelas sangat membantu bagi kamu yang beristirahat di rest area perjalanan mudik dan hendak ingin melakukan salat. Jangan khawatir, jadwal salat yang ada di Google Search sudah didasari data dari Kementerian Agama dan juga telah disesuaikan dengan lokasi pengguna.

2. Google Assistant

Sayang rasanya jika kamu tidak memanfaatkan asisten cerdas besutan Google yang satu ini selama perjalanan mudik berlangsung. Ya, kamu bisa menggunakan Google Assistant seperti mengatur alarm supaya dapat menyala di waktu sahur.

WAJIB BAWA KABEL DATA MICRO USB AGAR BISA MENGISI DAYA SMARTPHONE KAMU, CEK DI SINI UNTUK REKOMENDASINYA 

Kamu pun dapat menyampaikan perintah suara seperti “hidupkan alarm pukul 3 pagi”. Fitur ini tentu efektif bagi kamu yang ingin dibangunkan sahur saat beristirahat di tengah perjalanan panjang.

3. Google Play

Selama momen Ramadan dan Idul Fitri berlangsung, Google juga telah mengkurasi sejumlah aplikasi bertemakan Islam agar dapat dipakai secara efektif oleh penggunanya. Adapun kurasi rekomendasi yang ditawarkan berupa ragam aplikasi termasuk gim, promo buku dan film Ramadan.

REDMI NOTE 7 BISA KAMU DAPATKAN DI SINI, SMARTPHONE BARU COCOK UNTUK TEMANI PERJALANAN MUDIK

Tak cuma itu, Google juga bermitra dengan Qraved untuk menghadirkan daftar “Restoran Untuk Bukber” yang sudah dikurasi sesuai lokasi terdekat pengguna. Jadi, kamu bisa sekalian berwisata kuliner selama perjalanan mudik

4. Google Maps

Ini dia salah satu layanan vital Google yang rasanya wajib kamu pakai selama perjalanan mudik. Selama Ramadan dan menjelang lebaran, Google sudah bekerja sama dengan pemerintah untuk memperbarui beberapa informasi seperti rute terbaik, rest area, posko mudik, dan posko kesehatan.

KLIK DI SINI UNTUK MENGINTIP SMARTPHONE OPPO F11

Menariknya, semua informasi ini sudah dikumpulkan di dalam Maps dan infomudik.go.id lewat tab “Mudik bersama Google”. Mudik kamu pun akan semakin nyaman dan lebih aman.

5. Google Duo

Google Duo juga menjadi salah satu layanan Google yang dijamin akan membuat perjalanan mudikmu terasa lebih menyenangkan.  Jika kamu melakukan perjalanan mudik secara konvoi, kamu bisa melakukan video call ke anggota keluarga lain dengan layanan ini.

Aplikasi ini, mengusung empat fitur baru, yakni Group Call, Video Message, Data Saving Mode, dan Duo on Web. Kamu pun bisa mengabari sanak saudara selama di perjalanan.

PERJALANAN MUDIK PANJANG? SIAPKAN PENGISIAN DAYA SMARTPHONE DENGAN SAMSUNG MINI CAR CHARGER

Nah, itu dia sederet layanan Google yang dikhususkan bagi para pemudik untuk perjalanan mudik darat menjelang Idul Fitri tahun ini.

Kalau Blibli Friends hendak mudik, tetap berhati-hati dan jaga kesehatan, dan semoga saja semua layanan Google ini dapat membantu perjalanan mudikmu, supaya lancar dan selamat sampai tujuan!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY