3 Fakta Kue Bulan, Udah Tau Belum?

Buat kamu yang merayakan festival musim gugur, kue bulan udah pasti wajib ada di meja sebagai makanan khas. Nah, di balik kue bulan yang sekarang hadir dalam berbagai varian rasa dan nikmat dimakan, ternyata ada fakta-fakta seru lho!

Mau tau apa aja faktanya? Simak artikel ini sampai selesai. Abis itu, klik beli sekarang di Blibli.com buat menghadirkan kue bulan di festival musim gugur yang akan hadir 4 Oktober 2017 ini!

1. Ada kisah kepahlawanan di balik sepotong kue bulan

Konon, kue bulan muncul sebagai bentuk komunikasi perlawanan penjajahan Mongol tahun 1360-an. Saat itu, ada gerakan pemberontakan yang dipimpin seorang petani bernama Zhu Yuanzhang. Zhu dan penasehatnya menyebarkan desas-desus bahwa ada penyakit yang hanya bisa disembuhkan dengan memakan kue bulan pada pertengahan musim gugur. Ternyata, kue bulan adalah cara untuk menyebarkan surat pada sebagian besar rakyat untuk menggulingkan penjajah.

Dalam kue ada pesan rahasia yang disusun dalam 4 kue dalam 1 kotak, masing-masing kue harus dipotong dalam 4 bagian sehingga ada 16 potong yang harus dirangkai untuk bisa mendapatkan pesan. Berkat sistem komunikasi itu, Dinasti Yuan tumbang, digantikan oleh Dinasti Ming yang dipimpin oleh Zhu Yuanzhang sebagai kaisar pertamanya. Untuk mengenang kisah kepahlawanannya, dibuatlah festival musim gugur yang diperingati hingga kini.

2. Terbagi dalam beberapa style

Kue bulan ini ternyata terbagi dalam beberapa style, mulai dari Cantonese Style, Suzhou-style Mooncake, Beijing-style Mooncake, Chaosan (Tiociu), Ningbo-style Mooncake, hingga Yunnan-style Mooncake. Dari semua style itu, yang paling populer di Indonesia adalah Suzhou-style dan Tiociu (punya diameter lebih besar) dengan lapisan yang lebih crispy dan terlihat lapisan yang membentuknya. Bahkan, kini sudah hadir kue bulan dengan berbagai variasi isi mulai dari keju, cokelat, ketan, kopi, dan banyak lainnya!

BELI KUE BULAN DENGAN BERBAGAI RASA YANG ADA DI BLIBLI.COM!

3. Jadi nenek moyang kue pia yang terkenal banget di Indonesia

Pernah makan kue pia kan? Nah, kue bulan ternyata adalah nenek moyang kue imut yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Jogja ini. Kata “pia” bisa terbentuk berkat adaptasi penyebutan mooncake dalam dialek Hokkian “bing” yang dibaca “ping”. Makanya bentuk dan struktur di dalamnya mirip!

Udah tau kan fakta di balik kue bulan yang jadi kesayangan tiap festival musim gugur datang? Jadi, buat kamu yang belum beli kue bulan, yuk klik di sini buat beli sekarang juga di Blibli.com! Manfaatkan cicilan 0%, beragam cara pembayaran, gratis ongkir*, hingga kualitasnya yang terjamin.

KLIK DI SINI BUAT BELI KUE BULAN UNTUK PERAYAAN FESTIVAL MUSIM GUGUR DI RUMAHMU!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY