Jogging adalah salah satu olahraga yang paling banyak diminati saat ini. Nggak hanya mudah dilakukan, olahraga ini juga nggak membutuhkan banyak perlengkapan. Cukup ke taman atau kompleks perumahan di pagi atau sore hari, dan kamu bisa menemukan banyak orang berlari.

Kalau kamu perhatikan dengan seksama, ada berbagai jenis pelari yang mempunyai ciri khas dan keunikan sendiri. Siapakah mereka? Inilah 13 stereotipe pelari yang pasti pernah kamu temui.

1. Si geek teknologiteknologi

Via BrownAleGirl

Jogger tipe ini selalu terlihat dengan berbagai macam gadget-nya. Nggak hanya smartphone saja, pelari ini juga getol menggunakan produk teknologi seperti health tracker, GPS, dan headset. Biasanya, si geek teknologi akan mempunyai rekor lari atau bakar kalori yang dicatat dalam sebuah gadget khusus.

Karena mengikuti perkembangan teknologi, kamu nggak mungkin melihat pelari ini menggunakan gadget yang ketinggalan jaman. Kalau kamu punya teman seperti ini, biasanya dia juga akan membagikan pencapaiannya di media sosial.

2. Si “Usain Bolt”usain_bolt-1250x750Via youredm1

Yuk, sekalian berkenalan dengan Usain Bolt. Pria yang mempunyai reputasi sebagai pelari tercepat di dunia ini sudah memenangkan 3 piala olimpik dan menjadi inspirasi banyak orang.

Tipe pelari yang terinspirasi dari Usain Bolt ini biasanya akan rutin dan terus berlari, walaupun hujan sedang menerpa. Pelari ini nggak peduli berapa berat tantangan yang dihadapi, dia akan terus menerjang sampai target hariannya terpenuhi.

Ketika berlari, pelari ini juga nggak banyak berhenti untuk minum atau beristirahat karena hanya akan membuang waktu. Yang paling menonjol dari tipe pelari ini adalah cara dan kecepatan berlarinya yang super cepat dan berstamina!

3. Si “Kim Kardashian”kim-kardashian

Via Huffington Post

Nah, kalau tipe yang satu ini sih bisa ditemukan di mana-mana. Bahkan mungkin orang-orang terdekatmu termasuk tipe “Kim Kardashian”. Umumnya tipe “Kim Kardashian” adalah wanita yang ikutan jogging karena nggak mau ketinggalan tren.

Ciri khas dari tipe pelari ini adalah makeup yang menutupi keringat. Walaupun sebenarnya dalam berolahraga makeup nggak terlalu dibutuhkan. Pakaiannya juga super sporty, modis, dan cakep. Tujuan utamanya ya, mengumpulkan perhatian semua pelari.

Selain makeup dan pakaian, pelari ini juga bisa dikenali dari gaya rambutnya yang selalu hits dan cetar. Biasanya kalau sebuah tren sudah berakhir, kamu nggak bakal melihat orang ini melakukannya lagi.

Oh ya! Dia juga teman si pecandu Snapchat dan Instagram loh (No.11)!

4. Si tukang ngerumpichitchat

Via Ladies on a Mission

Agak mirip dengan “Kim Kardashian”, fokus jogging bukanlah untuk meningkatkan kesehatan, tetapi malah untuk mendengarkan gosip panas. Biasanya jogging lebih sering dilakukan sendirian atau berdua, tapi tipe ini malah akan mengajak satu kampung untuk berlari bersama.

Nggak heran juga kalau jogging bisa dijadikan ajang arisan oleh tipe pelari ini. Walaupun berlari bersama, pelari ini tetap lebih memilih untuk berlari (terkadang berjalan) bersama orang-orang yang dia kenal saja. Bergosip memang lebih aman dilakukan dengan orang-orang terpercaya.

5. Si tukang tebar pesona

tebar-pesona

Via Tyler Graham

Kalau si tukang tebar pesona sudah mulai kelihatan batang hidungnya, pasti hanya ada 2 kemungkinan yang terjadi. Pertama, banyak lawan jenis yang meleleh dan membuntuti tipe ini berlari. Kemungkinan kedua adalah cemoohan yang dilontarkan karena kesal melihat tipe pelari yang satu ini.

Pelari ini biasanya akan sengaja jogging di tempat yang banyak tongkrongan anak mudanya. Trik-trik untuk menarik perhatian lawan jenis ketika berlari pun nggak ada habisnya.

Salah satu trik dari tipe tukang tebar pesona adalah sengaja terlihat kecapekan – seolah habis jogging lama – di depan kumpulan lawan jenis, kemudian menyiram air di sekujur tubuh. Wih!

6. Si lebay

lebay

Via Soulmate

Kalau kamu melihat tipe pelari ini sedang beraksi, kamu pasti akan langsung berpikir bahwa pelari ini sangat berlebihan. Walaupun baru berlari dengan jarak kurang dari 1 km, tipe pelari ini akan langsung terlihat ngos-ngosan dan sibuk mengelapi keringatnya.

Tipe pelari lebay juga selalu memperlihatkan mukanya yang seperti orang sekarat setiap kali dia sedang berlari. Mungkin baru pertama kali, atau memang kondisi tubuh nggak memungkinkan. Namun, bukan raganya, melainkan ekspresi  ingin pingsannya yang membuat orang terheran-heran: “Nih anak lagi kebelet BAB ya?”


BACA JUGA 4 Benda yang Bikin Kamu Kayak Anak Lari Banget


7. Si pasangan sehat

couple

Via Crystal Mejia

Bagi pasangan yang masih “hangat-hangatnya” atau pacaran tahap awal, biasanya mereka nggak mau terpisahkan. Jadi, kemana-mana pun harus terlihat mesra dan olahraga nggak menjadi pengecualian.

Saking mesranya, duo ini bisa jogging sambil bergandengan. Wah.. bagaimana caranya ya berlari sambil bergandengan tangan? Emang film Twilight?

Tapi nggak semua pasangan sehat seperti ini, ada juga yang hanya menunjukkan kemesraanya dengan menggunakan kaos kembaran. Dan ada juga yang memang mempunyai tujuan ingin sehat bareng pacar.

Intinya, nggak hanya pada malam minggu, pasangan ini juga membuat para jomblo sedih di minggu paginya.

8. Si pecinta hewan

pecinta-hewan

Via Make Houston Great

Biasanya terlihat di taman-taman perumahan, si pecinta hewan selalu berolahraga dengan hewan peliharaannya baik itu seekor anjing atau malah kucing. Yang membuat tipe ini mencolok adalah ke-kekaran hewan peliharaan yang nggak kalah dari majikannya.

Tipe pelari yang satu ini mau nggak mau harus banyak berhenti karena banyak orang yang ingin bermain dan memotret hewan peliharaannya. Tapi terkadang si pecinta hewan juga menakuti banyak orang karena penampilan hewan peliharaannya yang terlalu kekar dan gahar.

9. Pelari usia lanjut yang kuatnya keterlaluan

usia-lanjut

Via Shelley Emling

Pelari dengan usia lanjut memang bikin salut banget. Nggak terpengaruh oleh jumlah umurnya, pelari ini tetap semangat berolahraga. Memang kelihatannya tipe pelari ini nggak bisa berlari lebih dari 5 km, tapi jangan salah, pelari usia lanjut lebih kuat dari yang kamu kira.

Mereka adalah orang-orang lansia yang sudah terbiasa jogging dengan jarak yang jauh, walaupun memang nggak akan secepat anak muda. Pelari ini biasanya terlihat sehat bugar dan nggak menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti orang lain pada usianya.

Kalau sedang beristirahat, biasanya pelari usia lanjut nggak berhenti total, mereka akan melakukan gerakan senam seperti menepuk tangan atau stretching. Mereka adalah teladan kesehatan yang patut ditiru semua anak bangsa.

10. Si pemalas yang kebanyakan istirahat

pemalas

Via Susan Paul

Sangat berlainan dari tipe pelari usia lanjut, si pemalas akan lebih sering duduk dibanding jogging. Biasanya tujuan awalnya memang untuk berolahraga, tapi karena kurang tahan capek, tipe pelari ini lebih memilih untuk duduk beristirahat.

Fase dari tipe pelari ini pun sangat klise. Awalnya, pelari ini bersemangat dan bertekad akan jogging lebih ekstrim, tapi belum ada 5 menit pelari ini mulai merasa lelah dan lari pun berubah jadi jalan.

Lebih lucunya, jalan pun masih terasa melelahkan sehingga akhirnya pelari ini akan memilih untuk duduk diam dan main handphone. Delapan puluh persen keringat yang didapat itu dari panas matahari yang menyentuh kulitnya.

11. Si pecandu Snapchat dan Instagram

media-sosial

Via Manonsafavi

Ini dia tipe pelari yang paling umum dan paling sering kamu temukan di media sosial. Tipe ini akan selalu berlari membawa tongsis atau Go-Pro, dan tipe ini juga selalu update dengan Snapchat dan Instagramnya.

Caption andalan si penggila media sosial ini biasanya adalah “Lari sore guys. Capek! Tapi harus tetap sehat!”. Ayo ngaku, walaupun bukan termasuk tipe yang suka terus-terusan selfie waktu jogging, kamu pasti pernah kan sesekali melakukan ini?

12. Ayah/ibu sehat yang selalu bawa anak

family

Via NBC News

Tipe pelari ini sangat sayang dengan keluarganya. Biasanya, ia akan selalu terlihat berolahraga dengan anggota keluarganya sambil bercanda-canda. Mereka biasanya akan disebut sebagai keluarga bahagia sempurna di kalangan masyarakat umum.

Biasanya yang di ajak untuk menjadi korban keringetan bersama adalah sang anak. Kalau sang anak masih balita, biasanya anak ini akan digunakan sebagai pemberat saat berlari. Tipe ayah atau ibu yang seperti ini umumnya menjadi contoh orang tua lainnya.

13. Si penguntit

penguntit

Via 101 Ways to Survive

Ada juga tipe yang sangat mengerikan seperti tipe penguntit. Tipe ini biasanya hanya akan jogging kalau gebetannya sedang jogging juga. Nggak berhenti di situ saja, tipe ini akan menggunakan rute jogging yang sama dengan rute sang gebetan.

Atau, ia bisa berawal dari tipe jogger biasa. Namun, ketika ia melihat ‘target’, maka track larinya akan berubah. Bisa-bisa kalau kamu jadi targetnya, diikutin sampai pulang ke rumah.

Jangan salah, jogger dengan tipe seperti ini benar-benar ada. Contohnya adalah Logan Fagre yang dikenal suka membuntuti jogger wanita sampai akhirnya berujung ke pengadilan.

Wah, sebelum kamu dituduh membuntuti gebetan kamu, lebih baik kamu menggunakan cara lain untuk melakukan pendekatan.

Nah, dari 13 tipe pelari yang paling sering muncul, tipe manakah yang paling mirip dengan kamu?

Apapun stereotipe-nya, pastikan kamu selalu menggunakan sepatu yang tepat untuk berlari. Adidas Pureboost X merupakan pilihan utama dalam berlari, karena bahannya yang lentur dan nggak bisa bikin kaki kamu sakit.

microsite-4-r3

Ayo serbu! Larilah lebih kencang dari Usain Bolt, lebih kuat dari para lansia, dan yang penting pastikan kalau ada penguntit, kamu bisa kabur tanpa jejak dengan cepat!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY