Tahun baru, semangat baru. Buat kamu yang merasa tahun 2016 membosankan dan banyak waktu yang tersia-siakan, sekarang saatnya mencoba hal-hal baru di 2017!Di tahun yang paling baru ini, banyak banget aktivitas menarik yang bisa kamu coba, seperti liburan, baca buku, traveling, dan nge-gym…

Eh tunggu dulu! Kok kesannya nggak beda jauh dengan resolusi tahun lalu sih? Well, kalau kamu benar-benar berdedikasi ingin mencoba sesuatu yang baru untuk hidupmu, kamu berada pada halaman yang tepat.

Biar tahun ini nggak berlalu begitu saja, kamu perlu senggaknya melakukan 10 hal wajib coba versi Blibli.com ini!

1. Fine diningfine-dining

Makan di restoran dengan makanan relatif mahal belum tentu bisa disebut fine dining. Aktivitas satu ini harus kamu coba senggaknnya sekali seumur hidup. Rasakan antisipasi menunggu deretan appetizer, main course, dan dessert yang keluar secara berurutan. Coba cermati nilai-nilai budaya di balik pengalaman tersebut.

Kamu bakal tahu bedanya sendok makan dan sendok sup, pisau makan dan pisau roti, garpu makan dan garpu salad, serta masih banyak lagi! Selain itu, kamu juga bakal belajar tentang pentingnya menghargai makanan, karena harga yang kamu bayar dalam fine dining dijamin worth it!

Tapi tunggu dulu, pengalaman fine dining nggak akan lengkap tanpa jas atau gaun yang elegan. So, jangan sampai saltum alias salah kostum sebelum jalan ya!

2. Nyasar ke mana-mananyasar

Kalau biasanya kamu nyasar karena nggak tau arah jalan alias nggak disengaja, tahun ini coba deh kamu sengaja “menyasarkan diri”. Caranya gampang! Pertama, kamu cukup siapin satu dua hari kosong buat kegiatan ini. Kedua, ajak teman atau kerabat kamu untuk nyasar bersama.

Selanjutnya, kamu tinggal naik angkutan umum secara random sampe kamu capek. Atau, alternatifnya naik kereta atau pesawat ke tempat nan jauh yang asing. Siapkan waktu tiga sampai 7 hari untuk ini.

Selain menambah wawasan tentang daerah-daerah yang belum pernah kamu kunjungi, kamu juga bisa bertemu dengan teman baru lewat kegiatan “menyasarkan diri” ini lho.

Jangan pernah segan untuk mengajak ngobrol orang yang kamu temui di sepanjang perjalanan (apalagi kalau orangnya kece dan cakep). Tapi jangan lupa, kamu harus tetap berhati-hati dan jaga barang-barang bawaan kamu ya!

3. Sumbangin rambut kamu untuk penderita kankerrambut

Tahu nggak kalau kamu bisa nyumbangin rambut kamu untuk penderita kanker? Ada dua skenario dimana kamu bisa melakukan ini. Pertama, rambut kamu nanti akan diolah menjadi wig atau bulu mata palsu, lalu diberikan untuk para penderita kanker yang kehilangan rambutnya akibat kemoterapi.

Kedua, rambut dan bulu mata palsu tersebut akan dijual, dan hasil penjualannya bakal disumbangkan ke yayasan-yayasan yang membantu penderita kanker! Nggak nyangka ya rambutmu bisa digituin? Pasti kamu mulai merasa sayang sehabis pulang dari salon.

Kalau di Indonesia sendiri, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dan Lotte Group pernah mengadakan event bertajuk “Hair for Love”. Lewat acara ini, kamu bisa menyumbangkan rambut kamu untuk penderita kanker. Tertarik?

4. Teliti silsilah keluarga kamusilsilah

Waktu masih SD, pasti kamu pernah dapet tugas buat bikin silsilah keluargamu. Tapi, pernah nggak kamu bikin silsilah keluarga sampai ke nenek moyangmu?

Coba deh bayangin kalau ternyata kamu adalah keturunan seorang sultan dari Afrika Timur! Atau yang nggak kalah hebat, keturunan dari jendral perang asal Mongolia! Keren banget kan?

Well, selain keren, meneliti silsilah keluarga juga bisa membantu kamu untuk belajar mengenal diri sendiri. Mengetahui siapa kita dan dari mana kita berasal bisa membuat kita lebih bijak dalam mengambil keputusan di kehidupan ini.

Selain itu, meneliti silsilah keluarga juga bisa membantu kamu mengenal kerabat-kerabatmu lho! Kenapa? Karena saat menyusun silsilah keluarga, mau nggak mau kamu harus mengumpulkan informasi dari saudara-saudaramu yang lain.

Hasil akhirnya bisa kamu jadikan mural di dinding seperti di film Descpicable Me (keluarga Gru) dan Harry Potter (keluarga Black).

5. Random acts of kindnessrandom

Mungkin di tahun 2017 kamu perlu mencoba melakukan hal-hal baik secara random bagi orang yang membutuhkan. Misalnya, beli beras dan roti kemudian dibagi-bagikan dengan orang yang butuh.

Banyak hal lagi yang bisa kamu lakukan. Adopsi peliharaan, membayar untuk orang yang ngantri di belakangmu. Temanmu tampak stres dan butuh piknik? Berikan dia voucher spa atau tiket ke Bali!

Ukirlah momen tahun ini bukan sebagai tahun di mana kamu memiliki atau mendapatkan banyak hal, melainkan sebagai tahun kamu juga memberi banyak! Reward-nya tentu nggak bersifat materialistik, namun ketenangan dan kepuasan batin. Apakah kamu siap?

6. Skydivingsky-diving

Kamu ingin terbang bebas di angkasa, tapi nggak punya baling-baling bambu? Doraemon itu fiksi, namun skydiving itu asli! Skydiving, atau terjun payung merupakan salah satu olahraga ekstrim yang memungkinkan kamu untuk merasakan sensasi paling nikmat (konon).

Prosedur standarnya kira-kira begini: pengalaman skydiving kamu bakal diawali dengan briefing, lalu dilanjutkan dengan naik pesawat, lompat di ketinggian sekitar 10.000 kaki, terjun bebas 5-10 menit, sampai mendarat. Seru banget nggak sih! Eh! Jangan lupa buka parasutnya ya!

Kamu juga nggak perlu takut! Aturan keamanan mengharuskan warga sipil yang ingin mencoba skydiving untuk ditemani oleh instruktor. Jadi, kamu nggak bakal terjun sendirian!

Buat yang tertarik, kamu bisa coba aktivitas ini di daerah-daerah dekat pantai, seperti Pangandaran, Bali, dan Lombok. Nggak yakin kalau ini pengalaman sekali seumur hidup karena kamu pasti mau coba lagi dan lagi!

7. Bikin video buat dirimu di masa depanvideo

Punya pesan buat dirimu di masa depan? Buruan rekam, lalu simpan file digitalnya. Nanti, saat malam pergantian tahun, kamu bisa tonton videonya bareng temen-temen kamu, dan lihat seberapa jauh kamu sudah berubah!

Konsep video masa depan ini fleksibel banget lho! Video bisa berisi pesan, harapan, bahkan pertanyaan buat diri kamu di masa depan, kayak “udah punya pacar belom lu?” atau “gak bosen jomblo?” Lebih ekstrim lagi, Sediakan video ini kepada dirimu di 5 bahkan 10 tahun mendatang!

Setelah menonton pesanmu, kamu bisa unggah video tersebut ke internet. Pasti banyak menginspirasi. Jangan lupa sediakan kamera yang oke buat ini.


BACA JUGA Tunjukkan Dirimu yang Baru, di Tahun Baru, dengan Semangat Baru!


8. Vertical campingcamping

Nggak perlu bingung sama istilah vertical camping, karena artinya ya memang berkemah dalam keadaan vertikal! Vertical camping bisa dilakukan di dinding-dinding tebing yang curam, dengan bantuan tenda atau hammock.

Buat yang tertarik mencoba, aktivitas vertical camping ini bisa dilakukan di Indonesia juga lho! Salah satunya di Gunung Parang, Purwakarta. Tapi ingat, buat kamu yang tidurnya sering goyang-goyang, jangan lupa pakai alat pengaman ekstra ya! Kalau bisa ajak teman lain biar lebih aman!

9. Pergi ke peramalperamal

Ingin tahu sampai kapan dirimu melajang? Tertarik untuk mengintip peruntunganmu di tahun 2017 ini? Kalau iya, nggak ada salahnya buat kamu untuk pergi ke peramal. Terlepas dari percaya atau nggaknya kamu dengan hal-hal mistis, pergi ke peramal bisa jadi pengalaman yang lumayan menyenangkan buat sekedar lucu-lucuan saja.

Pergi ke peramal juga bisa membantu meringankan beban pikiranmu. Peramal umumnya merupakan pendengar yang sangat baik. Jadi, selain bertanya tentang masa depan, kamu juga bisa curhat dengan mereka. Ya, hitung-hitung sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui lah.

10. Bikin sesuatu dari nolbikin-sesuatu

Kalau kata pepatah, segala sesuatu itu dimulai dari nol, mulai dari bisnis, hingga meteran SPBU pertamina. Dengan membuat sesuatu dari nol, kamu bakal belajar arti dari sebuah proses.

Nggak mungkin kan kamu tiba-tiba sukses tanpa usaha? Nggak mungkin kan kamu dapet pacar tanpa manuver dan PDKT yang oke? Makanya, aktivitas yang satu ini punya bobot filosofis yang cukup berat.

Kembali ke topik. Bikin sesuatu dari nol itu contohnya apa ya? Contohnya banyak! Kamu bisa mulai dengan bikin bisnis kecil-kecilan sama teman-temanmu, mulai menulis blog, bikin sebuah karya seni, merangkai kepingan puzzle, atau bahkan, ngerakit Gundam!

Ya, apalagi yang terakhir! Selain bentuknya yang keren dan jenisnya yang beragam, merakit Gundam dapat membantu menghilangkan stress, melatih konsentrasi, dan yang paling penting, mengajarkan kamu arti dari sebuah proses. Kebayang nggak sih potongan plastik kecil-kecil gitu bisa dirakit jadi robot yang super keren?

Bagaimana? Apakah hatimu sudah tergerak melakukan hal baru di tahun ini? Sudahkah kamu katakan pada dirimu untuk nggak menyia-nyiakan 2017 dengan hal yang itu-itu saja? Jika sudah, good luck! Semoga 2017-mu menyenangkan dengan aktivitas-aktivitas di atas! Stay safe and keep rockin’!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY