Euforia film Star Wars: The Force Awakens memang sudah lama berakhir. Namun bagi para penggemar sejatinya, Star Wars bukan hanya sekedar serial fiktif namun juga bagian dari hidup mereka.

Nggak heran jika setiap berita tentang film franchise Sci-Fi tersukses di dunia ini selalu menjadi hal yang menarik untuk diikuti. Apalagi Rogue One sebentar lagi muncul di bioskop!

Begitu terobsesinya, bahkan tanggal 4 Mei sebagai Star Wars Day! Pada hari tersebut para penggemar biasanya akan mengucapkan “May the Forth be with you” (plesetan dari “May the force be with you”) yang diikuti dengan parade kostum karakter Star Wars hingga membahas teori-teori apa saja yang terjadi dalam dunia Star Wars.

Bagi kamu yang bukan pecinta Star Wars tentu penasaran, ada apa sebenarnya dengan film yang satu ini hingga membuat para penggemarnya tergila-gila bahkan terobsesi.

Untuk mempersiapkan dirimu menonton Rogue One, yuk kita simak dulu beberapa fakta menarik dari seluruh franchise-nya!

Mulai dari: Trilogi Orisinil

Trilogi orisini merupakan sebutan bagi episode empat (A New Hope), lima (Empire Strikes Back), dan enam (Return of the Jedi) dari keseluruhan franchise.

1. Peran Yoda hampir diperankan oleh seekor kera
yoda

Bahkan yang bukan penggemar pun pasti tahu siapa itu Yoda. Sosok Jedi Master yang bijaksana dan berwibawa ini nggak jarang menampilkan sisinya yang lucu.

Perhatikan saja cara dia berbicara. Tata bahasa yang terbalik-balik merupakan ciri khas utama selain tubuh mungilnya

Tapi tahukah kamu, bahwa menurut buku The Making of Star Wars karangan J.W. Rinzel, sosok Yoda awalnya akan diperankan oleh seekor kera! Kera tersebut rencananya akan dilatih untuk memakai topeng dan membawa tongkat. Untungnya ahli lightsaber ini tetap mempertahankan wujud bonekanya.

2. Judul dan akhir cerita Return of The Jedi hampir berubah

return-of-jedi

Via lettherebemovies

Mulanya, Star Wars episode VI:The  Return of The Jedi akan diberi judul Revenge of the Jedi. Begitu seriusnya, bahkan trailer dan poster dengan judul tersebut telah diluncurkan.

Lucunya, franschise rival Star Trek II: The Wrath of Khan juga awalnya berjudul Revenge of Khan. Produser kedua film pun kemudian memutuskan untuk mengganti judul film masing-masing untuk menghindari kebingungan.

Nggak hanya soal judul, George Lucas juga sempat bermain dengan gagasan Luke akan menjadi Vader baru dan bergabung dengan sisi kegelapan setelah membuka helm ayahnya. Mungkin akhirnya nggak jadi karena judulnya juga nggak jadi bernuansa ‘balas dendam’ ya.

3. Suara lightsaber tercipta secara nggak sengaja

lightsaber

Via technobuffalo

Ini dia yang jadi ikonnya Star Wars. Bisa dibilang bukan Star Wars rasanya jika nggak ada pedang cahaya. Senjata yang satu ini merupakan salah satu merchandise Star Wars yang paling banyak dicari.

Selain tampilan dan desainnya yang unik dari senjata-senjata lain. Lightsaber juga punya suara yang khas begitu digunakan, seperti suara tembakan laser pendek yang berat. Siapa sangka kalau suara tersebut ditemukan secara nggak sengaja.

Ben Burtt adalah sosok yang nemuin suara lightsaber. Si pengarah suara ini saat itu sedang berjalan melewati TV sambil membawa microphone. Ternyata tubrukan gelombang suara yang dihasilkan menciptakan suara lightsaber yang kita dengar sekarang.

Lanjut dengan: Trilogi Prekuel

Trilogi ini terdiri dari episode satu (A Phantom Menace), dua (Attack of the Clones), dan tiga (Revenge of the Sith). Bagian ini menceritakan hal-hal yang terjadi sebelum trilogi orisinil di atas.

4. Alien dari film E.T muncul dalam The Phantom Menace

alien

Via starwars.com

Sudah bukan rahasia lagi kalo George Lucas adalah teman baiknya Steven Spielberg, sutradara film E.T. Hal ini semakin dibuktikan dari kemunculan alien-alien E.T dalam The Phantom Menace pada adegan Galactic Senate cukup menarik perhatian.

Kira-kira kenapa ya, alien-alien tersebut berpartisipasi dalam dunia Star Wars? Mungkinkah E.T adalah anggota Jedi? Jangan-jangan, E.T adalah alien terdampar di bumi karena kapal mereka di serang Empire? Nggak ada yang tahu.

5. Alat komunikasi Qui-Gon merupakan alat cukur?

qui-gon

Via keywordsking

Masih ingat dengan alat komunikasi yang dipakai Qui-Gon dalam The Phantom of Menace? Itu loh, si Jedi yang diperankan Liam Neeson. Siapa sangka bahwa desain dari alat komunikasi tersebut datang dari sebuah alat cukur untuk wanita.

Yup, ide dari alat komunikasi yang digunakan oleh Qui-Gon ternyata merupakan modifikasi dari Gillette Ladies Sensor Excell Razor. Mungkin Qui-Gon harus menanyakan kejelasan deesain ini ke pabrik pembuatnya.

6. USS Enterprise dari film Star Trek terlihat di episode The Phantom Menace

uss

Via la-escotilla.blogspot

Lagi-lagi ada hubungan tersembunyi dengan kedua rival. Jika kamu memperhatikan The Phantom Menace, terlihat pesawat mirip USS Enterprise yang dikemudiakan Kapten Kirk melintas (masih diperankan William Shatner).

Nggak tahu apa maksudnya, tapi hal ini tentu saja menjadi hal yang cukup menghebohkan dikalangan pecinta film Star Wars dan Star Trek. Mungkin kemirip-miripan seperti ini yang membuat orang sulit membedakan kedua franchise.


BACA JUGA 7 Selebriti Ini Ternyata Fans Berat Star Wars


Star Wars: The Force Awakens

Episode ke tujuh ini merupakan bagian pertama dari trilogi sekuel. Terjadi bertahun-tahun setelah trilogi orisinil, film ini akan dlanjutkan oleh episode delapan dan sembilan.

7. Seragam Jenderal Hux terinspirasi dari seragam Nazi

jenderal-hux

Via loop.co.id

Bagi kamu yang nonton Star Wars: The Force Awakens tahun lalu, pasti nggak asing lagi deh dengan Jenderal Hux. Pimpinan dari Pengkalan Utama First Order, Starkiller Base yang diperankan oleh Domhnall Gleeson ini terlihat berwibawa dengan seragam hitamnya.

Faktanya, desain seragam tersebut terinspirasi dari seragam Nazi yang dipadukan dengan seragam angkatan laut. Wah pantas saja, kostum tersebut agak mengingatkan kita kepada Red Skull, penjahat Nazi di film Captain America: The First Avenger. Warna mukanya sama lagi.

8. Mark Hamill hampir nggak mau main lagi

mark-hamilll

Luke Skywalker yang diperankan oleh Mark Hamill merupakan karakter penting dalam cerita Star Wars. Sebagai salah satu pemeran inti, karakter Luke tentunya akan menambah bumbu cerita di trilogi mendatang.

Untungnya, ia bersedia bermain dalam cerita Star Wars: The Force Awakens, yang merupakan 30 tahun setelah peristiwa The Return of The Jedi.

Awalnya Mark Hamill sempat menolak untuk kembali memerankan Luke Skywalker dalam Star Wars: The Force Awakens.

Namun George Lucas berhasil membujuknya dengan mengatakan bahwa jika dirinya tidak ikut bermain, maka karakter Luke Skywalker akan dihapus dari cerita.

Star Wars: Episode 8

9. Mengadaptasi kesuraman The Empire Strikes Back

starwars

Jika The Force Awakens bersifat petualangan dan kejar-kejaran seperti A New Hope, maka Episode VIII kemungkinan akan memiliki unsur yang sama seperti The Empire Strikes Back.

Film yang rencananya akan rilis pada Desember 2017 ini nantinya akan mengadaptasi kesuraman dari cerita Star Wars Episode IV. Bisa dipastikan bahwa film ini nantinya akan lebih suram dibandingkan The Force Awakens.

Fakta ini semakin dipastikan karena, banyak yang berpendapat bahwa episode tujuh di atas memang hasil ‘fotokopi’ dari episode empat. Jadi, sebenarnya kita bahkan bisa mengatakan bahwa episode sembilan akan mirip episode enam. Siapa ya, yang bakal kembali?

Star Wars Anthology: Han Solo 

10. Akan digarap oleh pembuat The Lego Movie

starwars-anthology

Apa jadinya ya, jika pembuat Star Wars dan mainan Lego bersatu dalam film? Kabar terbaru menyebutkan bahwa Phil Lord dan Chris Miller, yang nggak lain adalah pembuat The Lego Movieakan menjadi sutradara Star Wars Anthology: Han Solo.

Naskah film yang yang dijadwalkan akan rilis pada 25 Mei 2018 ini, ditulis oleh Lawrence Kasdan dan Jon Kasdan. Ceritanya akan berfokus tentang petualangan Han Solo menjadi pencuri dan penyelundup.

Hal yang menyenangkan dari cerita ini adalah hadirnya Boba Fett, sosok pemburu Han Solo yang misterius dan kuat. Apakah kita bisa melihat duel di antara keduanya lagi? Siapakah yang bakal menang? Mari kita tunggu.

Sengaja kalau kali ini penulis tidak menyebut apa-apa tentang Rogue One untuk membangun antisipasi para fans akanfilm tersebut. Sambil menunggu rilisnya bulan depan, kamu bisa menonton kembali film-film terdahulunya.

Alternatif lain, kamu bisa bernostalgia sambil mengumpulkan beragam merchandise seru ala Star Wars. Misalnya, Bandai First Order dari film The Force Awakens yang bisa kamu koleksi.

Kalau kamu mencari merchandise lain, nggak perlu bingung ke mana, Blibli.com punya banyak koleksi yang ingin kamu temukan! Tunggu apa lagi, yuk diintip!

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY