Blibli Catat Tren Permintaan Tinggi Atas Produk Kesehatan dan Perawatan Diri Selama Ramadan dan Lebaran 2020

Foto 3_Kurir menyiapkan paket dengan prosedur sanitasi_dokBlibli

Jakarta, 29 Mei 2020 

  • Pelanggan meningkatkan pembelian produk-produk untuk menjaga kesehatan dan perawatan tubuh selama Ramadan dan menjelang Lebaran, yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19
  • Peningkatan pertumbuhan permintaan selama bulan Ramadan menunjukkan pelanggan semakin nyaman berbelanja kebutuhan rumah tangga melalui platform e-commerce selama mereka #dirumahaja
  • Blibli juga memenuhi komitmen pengiriman cepat sejalan dengan strategi kualitas layanan “Customer Satisfaction First” dengan menyelesaikan pengiriman dalam waktu 15 menit barang sudah diterima seorang pelanggan di kota Denpasar

 

Bulan suci Ramadan dan Lebaran yang disambut di tengah COVID-19 dan pembatasan aktifitas luar ruangan telah mempengaruhi pilihan produk para pelanggan Blibli, di mana mereka meningkatkan pembelanjaan kebutuhan sehari-hari serta produk-produk yang membantu menjaga kesehatan dan perawatan tubuh.

Pembelanjaan produk-produk keseharian dan kesehatan pun menopang kinerja kategori BlibliMart, Olahraga & Aktifitas Luar Ruang, Kesehatan & Kecantikan, serta Home & Living. Terlebih lagi, program Ramadan Blibli, yaitu “Ramadan Lebih Baik” yang berlangsung antara 23 April – 23 Mei 2020, semakin mendorong aktifitas belanja para pelanggan.

“Pada tahun ini, bulan suci Ramadan dan Lebaran yang berlangsung di tengah COVID-19 telah membuat para pelanggan semakin fokus pada menjaga kesehatan dan perawatan tubuh. Karena itu, mereka semakin rajin memasak hindangan di rumah, selain menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga dan memastikan kerapihan diri sendiri,” kata Yolanda Nainggolan, Vice President (VP) of Public Relations Blibli.

Di BlibliMart, kategori groceries di Blibli, pelanggan banyak berbelanja kebutuhan sembako, seperti minyak goreng, beras, dan bumbu masak. Terlebih lagi, pelanggan juga kini mempercayakan pembelanjaan makanan segar secara online, yang terlihat lonjakan penjualan produk-produk makanan segar sebesar 7 kali lipat sepanjang Ramadan 2020 jika dibandingkan Ramadan 2019.

Tren mengolah masakan di rumah selama Ramadan dan menjelang Lebaran telah mendorong penjualan berbagai produk di kategori Home & Living, termasuk produk peralatan dapur dan memasak yang mengalami kenaikan order hingga 4 kali lipat selama periode Ramadan 2020 jika dibandingkan dengan Ramadan 2019.

Menjaga kebugaran tubuh juga menjadi perhatian pelanggan selama Ramadan dan Lebaran. Pada kategori Olahraga & Aktifitas Luar Ruangan, jumlah order aksesori fitness, yang mencakup treadmill dan sepeda statis, mengalami peningkatan hingga 4 kali lipat di Ramadan 2020 jika dibandingkan dengan Ramadan tahun sebelumnya. Ini mencerminkan bahwa pelanggan kini melakukan olahraga dari rumah dengan tutupnya berbagai fasilitas olahraga bagi publik.

Selain kebugaran tubuh, pelanggan juga merawat kebersihan dan kerapihan diri dengan membeli berbagai produk di kategori Kesehatan & Kecantikan, seperti hand sanitizer dan vitamin. Di luar produk sanitasi, pelanggan juga membeli produk-produk perawatan rambut dan kulit. Selama Ramadan 2020, jumlah order hair clipper meningkat 5 kali lipat dan perawatan wajah sebanyak 4 kali lipat jika dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu.

Blibli juga didukung oleh infrastruktur logistik sebanyak 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia dan armada kurir pengiriman BES. Kehadiran infrastruktur logistik ini menjaga agar pengiriman paket dapat dilakukan dengan cepat supaya pelanggan menerima pesanan tepat waktu. Di Ramadan ini, pengiriman tercepat diselesaikan Blibli dalam waktu 15 menit untuk pesanan produk groceries BlibliMart seorang pelanggan di Denpasar, sedangkan lokasi pemesan terjauh adalah untuk seorang pelanggan di Merauke.

Agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran, program “Ramadan Lebih Baik” mencakup berbagai penawaran menarik berupa Brand Deals, gamification, serta gratis ongkir yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan aman. Tentunya seluruh inisiatif dari Blibli ini merupakan bagian dari komitmen Customer Satisfaction First untuk terus mengedepankan kepuasan pelanggan #KarenaKamuNo1.

***

Tentang Blibli

Blibli berdiri tahun 2011, merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Sebagai mal online terbesar dan terpercaya, Blibli menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas yang disediakan oleh lebih dari 75.000 mitra usaha, mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik & gadget, kebutuhan sehari-hari hingga produk untuk keperluan gaya hidup. Kecepatan pengiriman barang di Blibli didukung oleh armada BES dan 15 mitra logistik, serta memiliki 20 gudang barang dan 32 hub yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan visi menjadi e-commerce nomor satu yang memiliki jumlah pelanggan setia terbanyak di Indonesia, Blibli berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan belanja melalui 24/7 layanan customer care, kepastian 15 hari pengembalian barang serta pilihan pembayaran yang lengkap dan aman kepada pelanggan.

Kunjungi laman kami di www.blibli.com atau unduh aplikasi Blibli.com di Android, dan iOS.