Menjadi Entrepreneur di Tengah Pandemi, Mengapa Tidak ?!

Presentasi_5

Jakarta, 18 Juni 2020 – Blibli Perkenalkan Entrepreneurship kepada Mahasiswa Palangka Raya

Blibli berkesempatan memperkenalkan e-commerce dan dunia entrepreneurship di kalangan mahasiswa Fakultas Teknik Informatika (FTI) Universitas Palangka Raya (UPK) pada Rabu, 17 Juni lalu. Andreas A. Pramaditya, Vice President of Galeri Indonesia Blibli memaparkan presentasi bertema tentang “Entrepreneurship Dengan Pemanfaatan IT di Tengah Pandemic Covid-19” pada kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Universitas Palangka Raya didukung oleh BCA KCU Palangka Raya dan Telkomsel Sales Regional Kalimantan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa.

Andreas membagi tips untuk berjualan online dengan menampilkan produk yang baik, deskripsi produk yang detil, tampilan foto produk menarik, mencantumkan nomor kontak atau alamat yang bisa dihubungi. “Selain itu merespon cepat pertanyaan dari customer. Dan jika produk sama dengan pemain lain, maka bedakan dengan extra-mile berupa servis atau layanan,” kata Andreas.

Ia pun memberi semangat kepada para mahasiswa ini untuk jangan patah arang. “Jika ada masalah, maka harus perbaiki diri dan tahu kekurangan apa pada produk kita,” tukasnya. Karena semua proses usaha dijalani bertahap dan bisa pula menjalin kerja sama dengan platform e-commerce.

Menurut Andreas, bahwa motivasi berjualan terdapat pada diri sendiri. Sementara produk yang dijual, bisa berupa bikinan sendiri atau jadi reseller. Terapkan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi).

Webinar ini memperoleh antusiasme positif dari para audiens. Sebanyak 98 audiens bersemangat menghadiri seminar ini secara virtual, menyimak dan bertanya.

Kepala BCA KCU Palangka Raya, Sulastri, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) di bidang wirausaha dan membuat roda ekonomi tetap berjalan. Dari paparan yang disampaikan, diharapkan peserta mahasiswa mendapat gambaran untuk menjadi seorang entrepreneur. Seperti persiapan apa yang harus ada, attitude, semangat atau semangat kerja untuk menjadi entrepreneur. Selain itu mahasiswa juga mendapat gambaran tentang kerja suatu e-commerce dan kiat-kiat untuk masuk ke e-commerce.

“Saya mewakili masyarakat Palangka Raya berharap acara ini bermanfaat dan menciptakan dunia kerja baru yang dapat membantu ekonomi Palangka Raya,” kata Sulastri.

 Sementara Tatau Wijaya selaku Wakil Dekan III Bagian Kemahasiswaan FTI UPK mengapresiasi dukungan pihak BCA dan Blibli terhadap kegiatan webinar ini dan berharap kegiatan ini berkelanjutan karena entrepreneur itu membutuhkan pendampingan. “Sekiranya jika mahasiswa lulus bisa pula memanfaatkan entrepreneur dengan memanfaatkan e-commerce,” ujarnya.

 (*)