Kebahagiaan Berbagi di bulan Ramadhan

Foto 1_Kebahagiaan Ramadan_dokBlibli

JAKARTA, 10 Mei 2019 – Bulan suci Ramadhan adalah bulan dimana kebaikan kita sebagai manusia diuji. Mulai dari kadar kesabaran kita terhadap situasi yang sulit sampai kepekaan kita akan kondisi anggota masyarakat yang lain. Namun bulan Ramadhan adalah saat tepat pula untuk berbagi kebahagiaan dan kebaikan Ramadhan.

Sebagai pihak yang memiliki sumber daya untuk membantu keadaan sosial masyarakat sekitar, Ramadhan adalah momen tepat bgi siapa pun untuk berbagi kepada lingkungan sekitar.

Sebagai contoh, Blibli.com sebagai sebuah platform digital berbentuk e-commerce pada bulan Ramadan inimeluncurkan program filantropi digital bertajuk #KebaikanRamadhan. Berlangsung sampai hari raya Idul Fitri pada tanggal 6 Juni 2019, program ini menggandeng situs galang dana Kitabisa.com dan melibatkan tiga lembaga swadaya masyarakat (LSM) di berbagai sektor yang ruang lingkupnya beragam agar bantuan program ini bisa berdampak besar ke berbagai sektor sosial.

Seperti bersama Precious One, sebuah lembaga sosial yang fokus ke pemberdayaan penyandang disabilitas agar mengembangkan potensi mereka dan memiliki lapangan kerja, Blibli.com memberikan wadah untuk penjualan online berbagai bentuk kerajinan tangan untuk dapat mengembangkan keterampilan diri seperti pouch, sabun, atau tas.

Dua lembaga lainnya yang bekerjasama dengan Blibli.com fokus pada kesejahteraan anak. Yayasan Sayap Ibu Banten (YSI-B) menangani anak terlantar dan membantu mensejahterakan keadaan sosial mereka, serta Yayasan Pita Kuning memberi bantuan psikososial, bantuan dana dan akses pengobatan kepada anak-anak yang menderita penyakit kanker.

Lewat program ini, Blibli.com pun berharap budaya filantropi digital terus berkembang dan masalah sosial yang cenderung terlupakan bisa dipahami lagi oleh masyarakat Indonesia agar kedepannya, filantropi tetap menjadi bagian dari budaya sosial.

β€œ#KebaikanRamadhan adalah komitmen Blibli.com untuk senantiasa menyebarkan inspirasi tentang kekuatan sinergi ekosistem digital dalam memberikan manfaat serta kebaikan kepada masyarakat yang luas,” ujar Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian. β€œDan bulan Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk mendukung budaya positif seperti ini.”

Bentuk penggalangan dana untuk kampanye ini dilakukan lewat pembelian produk kerajinan tangan dari Precious One, pembelian paket sembako dari situs Blibli.com, atau dapat mendonasikan uang secara langsung melalui laman Blibli.com dan Kitabisa.com seperti yang bisa dilihat detilnya pada Blibli.com/KebaikanRamadhan.

Pada akhir periode penggalangan dana, Blibli.com akan menggandakan jumlah donasi yang masuk sebagai upaya tambahan dari perusahaan untuk memaksimalkan dampak program tersebut.

Blibli.com percaya bahwa kebahagiaan adalah sesuatu yang kita ciptakan sendiri. Mulai dari hal sederhana seperti ide berpenampilan sama seperti di Blibli.com/BajuBersama, hingga memberikan kebahagiaan kepada sesama. Suatu tindakan berbagi kecil akan bermakna besar dalam berkah di bulan Ramadhan. (*)