Blibli Hadirkan Kurasi Menu Restoran, Dukung Inovasi Pelaku Usaha Sektor F&B di Masa Pandemi & New Normal

Bliblimart_Menu Restoran_2

Jakarta, 16 Juli 2020

 

  • Blibli melalui BlibliMart menghadirkan kurasi Menu Restoran yang menyediakan menu makanan dan minuman siap saji, mulai dari kopi literan hingga hidangan beku.
  • Kurasi meningkatkan visibility dari produk F&B yang akan mendorong penjualan para seller termasuk UMKM, selain menghadirkan kemudahan berbelanja bagi pelanggan.

 

Pandemi COVID-19 telah mendorong berbagai kolaborasi baru, termasuk antara e-commerce dan sektor food & beverage (F&B), yang menghasilkan produk dan layanan inovatif. Kolaborasi ini muncul dari kebutuhan pelaku usaha untuk menanggulangi keterbatasan operasional gerai fisik akibat protokol kesehatan dan meraih kesempatan dari kencangnya peralihan pelanggan ke online shopping agar bisa melanjutkan roda bisnis di tengah pandemi.

Melihat tren ini, BlibliMart sebagai kategori groceries Blibli melakukan ekspansi dengan menghadirkan kurasi baru untuk hidangan makanan dan minuman siap saji, yaitu Menu Restoran. Diawali dengan menghadirkan kopi literan pada April 2020, BlibliMart dengan cepat memperluas kurasi hidangan siap saji yang disugguhkan oleh pengusaha F&B, mulai dari UMKM hingga yang berskala besar, yang menawarkan produk ready-to-eat, drink, cook, and heat.

Fransisca Krisantia Nugraha, Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Blibli mengungkapkan, “Kurasi Menu Restoran dijalankan sebagai wujud komitmen kami untuk mendukung sektor F&B dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka di tengah pandemi melalui ekosistem e-commerce terintegrasi milik Blibli. Dengan menciptakan kurasi khusus, visibility dari brand serta produk hidangan siap saji menjadi sangat kuat, dan hal ini bermanfaat baik bagi seller dan pelanggan.”

Fransisca menambahkan bahwa kehadiran seller F&B di e-commerce memungkinkan mereka untuk mengekspansi saluran penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan menambah lini produk walau di tengah pandemi dan new normal. Selain itu, seller juga dapat memanfaatkan ekosistem Blibli, mulai dari sistem pembayaran, logistik, hingga keamanan, untuk memperlancar bisnis online mereka.

Sedangkan dari segi pelanggan, mereka dapat dengan mudah menemukan dan membeli menu siap saji favorit, termasuk es kopi dan bakmi, yang semuanya tersedia di Menu Restoran. Pelanggan juga bisa memanfaatkan ongkos kirim gratis dan layanan pengiriman cepat, khususnya same day dan instant delivery.

Menu Restoran saat ini menaungi 9 sub-kategori F&B yang terdiri dari Minuman Segar, Cemilan Enak, Makanan Sehat, Dessert, Asupan Kalori, Saus & Bumbu, Dim Sum, Hidangan Keluarga, dan Bakmi. Antusiasme pelanggan pun sangat baik yang ditunjukkan oleh performa positif Menu Restoran di mana jumlah order meningkat sebesar 6 kali lipat antara April – Juni 2020. Hindangan  lokal dan western yang paling populer berdasarkan jumlah order adalah bakmi, bakso, dan spaghetti untuk makanan, beserta kopi susu, earl grey tea, dan chocolate drink untuk minuman.

Ferrie Woen, Co-Founder Bakmi Tiga Marga, mengungkapkan, “Kami senang Bakmi Tiga Marga dapat bergabung pada kategori Menu Restoran yang dihadirkan Blibli. Dari awal berjualan di 3 bulan yang lalu, Blibli sudah sangat mengakomodasi kehadiran kami, termasuk dengan mendukung kegiatan pemasaran online. Hal ini mendorong peningkatan signifikan sebesar 6 kali lipat pada penjualan Bakmi Tiga Marga selama 3 bulan terakhir ini.”

Blibli melakukan kurasi yang ketat untuk memastikan bahwa seller F&B yang tergabung di Menu Restoran dapat menyediakan produk dan layanan berkualitas bagi para pelanggan. Selain itu, Blibli juga memastikan bahwa para seller merupakan pelaku usaha F&B yang merupakan brand principal, distributor resmi, dan peritel yang sudah berpengalaman dalam melayani pelanggan.

Pengembangan layanan dan inisiatif ini sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap kepuasan pelanggan #KarenaKamuNo1. Lebih jauh, inisiatif ini juga merupakan bentuk kesiapan BlibliMart untuk terus mengakomodasi kebutuhan para seller F&B dan pelanggan dalam menghadapi situasi pandemi dan era new normal.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi tautan berikut ini: BlibliMart-Menu Restoran

###

Tentang Blibli.com 

Blibli berdiri tahun 2011, merupakan e-commerce Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, B2B2C (Business to Business to Customer). Sebagai mal online terbesar dan terpercaya, Blibli menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas yang disediakan oleh lebih dari 100.000 mitra usaha, mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik & gadget, kebutuhan sehari-hari, hingga produk untuk keperluan gaya hidup.

Kecepatan pengiriman barang di Blibli didukung oleh armada Blibli Express Service (BES) dan 15 mitra logistik, serta memiliki 20 gudang barang dan 32 hub yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan visi menjadi e-commerce nomor satu yang memiliki jumlah pelanggan setia terbanyak di Indonesia, Blibli berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan belanja melalui 24/7 layanan customer care, kepastian 15 hari pengembalian barang, serta pilihan pembayaran yang lengkap dan aman kepada pelanggan.

Kunjungi laman kami di www.blibli.com atau unduh aplikasi Blibli.com di Android, dan iOS.