Tubuh kita perlu kalori agar tidak lemas dan lesu. Kalori bisa kita peroleh dari buah-buahan, termasuk buah kering. Selain kalori, buah-buahan kering merupakan sumber mineral, phytonutrients, serat dan vitamin yang kamu perlukan setiap hari. Satu lagi, kandungan kalori pada buah kering lebih besar daripada buah segar. Mengapa? Karena kandungan air pada buah-buahan yang dikeringkan sudah dibuang melalui proses pengeringan.

Sebagai gambaran, 100 gram plum segar hanya mengandung 46 kalori. Sementara prunes atau plum kering memiliki kalori sebesar 240 kalori. Kalori ini kita butuhkan untuk menunjang aktivitas. Tanpa kalori, tubuh kita akan lemah dan lesu. Ujung-ujungnya, kamu bisa sakit. Nah, jadi, apa saja ya buah kering yang bisa menjadi penyuplai kalori bagi tubuh kita? Yuk Kenali Aneka Buah Kering Penyuplai Kalori!

house-of-organix_house-of-organix-pitted-prunes-plum-500-g_full01

  1. Prunes

Ini adalah plum kering. Setengah cup prunes mengandung 223 kalori. Prunes juga bagus buat Anda yang sering sembelit. Sebab, plum kering ini memiliki efek laksatif atau pencahar. Dengan mengonsumsi setengah cup prunes, kamu bisa memenuhi kebutuhan 2,5 gram protein dan 13% kebutuhan zat besi harian.

sunmaid_sunmaid-kismis_full01

  1. Kismis

Dibandingkan prunes, kismis mengandung kalori yang lebih rendah, yakni 217 kalori. Namun, seratnya lebih tinggi. Kismis juga merupakan sumber mineral seperti potassium dan mangan serta protein. Setengah cup kismis mengandung 2 gram protein. Kamu bisa menambahkan kismis pada menu sarapan atau untuk camilan saat di rumah atau kantor.

1cd

  1. Cranberry

Setengah cup cranberry kering mengandung 185 gram kalori dan 3 gram serat. Semakin tua warna buahnya, semakin kaya kandungan phytonutrients yang ada di dalamnya. Bila menghindari gula, kamu sebaiknya membeli cranberry kering yang tidak mengandung tambahan gula.

Apricots with leaves on a white background.

  1. Apricot

Apricot juga banyak dijumpai dalam bentuk buah kering. Setengah cup apricot kering memiliki 156 kalori dan 4,5 gram serat. Apricot bisa memenuhi 47% kebutuhan vitamin A dan sarat potassium serta vitamin E!

Ingin membeli buah kering yang telah disebutkan di atas? Biar gampang, pesan saja di blibli.com. Soalnya, gak semua supermarket menjual buah kering.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY