Semakin berkembangnya produsen gadget (smartphone) di dunia membuat jenis produk yang dirilis menjadi semakin beragam. Yap, jika pada perkembangannya para produsen tersebut hanya intens merilis handphone dan belakangan yang menjadi tren adalah smartphone, saat ini marak juga para produsen tersebut merilis phablet.

Sebenarnya, phablet bukanlah terobosan baru. Mengacu pada sejarah konsep phablet yang dirilis oleh PC Magazine, di tahun 1993 telah dirilis AT&T EO 440 yang merupakan phablet pertama yang sebenarnya. Hingga akhirnya, Samsung Galaxy Note yang dirilis pada 2011 menggugah market phablet di dunia.

Tidak hanya Samsung, saingan berat mereka asal China yang juga mengembangkan sayap bisnisnya di Negeri Paman Sam yaitu Lenovo juga dikenal berperan untuk membesarkan market Phablet saat itu. Nggak main-main, Lenovo yang ikut berdiri di garda depan market phablet dunia bersama dengan beberapa produsen gadget dilaporkan IHS telah menjual lebih dari 25.6 juta phablet pada 2012.

IMG_3252
Perbandingan ukuran dengan iPad 2

Dan seperti yang diketahui khalayak umum, phablet memang kembali naik daun. Hal itu bisa dilihat dari langkah Apple yang (terpaksa) ikut arus untuk merilis phablet mereka iPhone 6 Plus di September tahun lalu. Karena, harus diakui jika phablet memang punya pasar tersendiri.

Yap, gabungan dari smartphone dan tablet tersebut banyak menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan gadget tidak hanya untuk telekomunikasi melainkan juga untuk mendukung produktivitas.

IMG_3243

Nah, berkesempatan untuk mencicipi Phablet teranyar dari Lenovo yang diberi nama Lenovo PHAB Plus, saya yang sehari-hari menggunakan iPhone 5s pun sedikit-banyak jadi mengetahui bedanya memakai smartphone dan phablet dalam penggunaannya sehari-hari. Diusung untuk memaksimalkan fungsi multimedia, jika dilihat sekilas Lenovo PHAB punya kesan layar Full HD dibungkus dengan unibody metal case yang stylish.

Nyatanya setelah ditelisik, PHAB Plus memang punya kemampuan mumpuni karena dibekali dengan prosesor Qualcomm’s Snapdragon 615, Dolby ATMOS sound technology dan kamera depan 13Mp dengan kualitas tajam dengan dual-color LED Flash. Bagi saya, itu lebih dari cukup untuk memaksimalkan performa perihal multimedia.

IMG_3246

Menurut saya, berikut adalah beberapa hal yang menjadi keunggulan PHAB Plus dibanding tablet lain:

Besar, Tapi Ringan

Meskipun memakai alumunium untuk bodinya, PHAB Plus punya bobot hanya kurang dari 8 ounces! Yap, bagi Anda yang belum pernah memakai phablet (seperti saya) mungkin Anda akan mengira jika memakai phablet akan menyusahkan.

Namun imej tersebut ternyata sirna ketika saya mencoba PHAB Plus.

Selain nyaman digenggam dengan satu tangan, PHAB Plus ternyata juga didesain untuk penggunanya agar bisa mengoperasikan PHAB Plus dengan satu tangan. Hal itu saya rasakan karena PHBA Plus punya fitur One-Handed Smart Menus yang sangat meringankan perihal operasional.

Ditambah menonton film ataupun game Full HD bakal jadi semakin ringan karena PHAB Plus dibekali dengan layar 6,8 inch, beresolusi high pixel 326 PPI. Untuk user interface, PHAB Plus yang dipersenjatai Android 5.0 tampil ringan berkat Bahasa Desain dengan material dari Google. Dimana hal itu membuat pemakaian jadi ringan, clean dan efisien dalam penggunaannya.

Well, perihal kinerja, prosesor Qualcomm’s Snapdragon 615 yang diusung bisa menampilkan arsitektur CPU 8 core, 64-bit sama maksimalnya dengan fungsi 4G LTE yang sekarang marak digunakan untuk streaming. Aplikasi pun jadi semakin ringan untuk dibuka.

IMG_3265

Berasa Naik Kelas

Saya nggak muluk-muluk untuk memberi sub-judul seperti diatas. Pasalnya, teknologi Dolby ATMOS® yang ditanamkan pada PHAB Plus benar-benar disiapkan sedemikian rupa agar bisa memberikan output maksimal. Nggak hanya teknologi, Lenovo membekali bodi PHAB Plus dengan ruang untuk suara yang maksimal.

IMG_3261
Perbandingan ukuran dengan Asus Zenfone 6

Enhanced Audio with Soundbox

Hal ini pun membuat pemakai PHAB Plus merasa naik kelas karena ruang ini tidak ditemui di gadget sebelumnya. Alhasil, membuat saya yang hobi bermain game balap macam asphalt, menonton film ataupun streaming pertandingan sepak bola menjadi lebih seru dan terasa sensasinya.

IMG_3244
Speaker mumpuni

Memiliki spesifikasi yang sama dengan smartphone yang saya gunakan saat ini, kualitas foto yang dihasilkan oleh PHAB Plus ternyata semakin tajam saja! Pasalnya, PHAB Plus telah dibekali kamera depan 13MP dengan lima lensa. Ditambah, dual-color temperature flash untuk menaikan kelas Anda dalam permasalahan mengatur white balance.

Sedangkan, kamera depan menggunakan kamera berkualitas 5MP dengan lensa wide yang memungkinkan saya untuk mengambil selfie yang lebih baik. Pun dengan mengambil video. Mau shoot dengan kualitas 1080p HD video dalam 60 frame per second? Bisa!

Lebih jelas tentang spesifikasi Lenovo PHAB Plus? Silahkan lihat tabel dibawah!

Processor Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939 (up to 1.5Ghz)
Operating System Android 5.0 (Lollipop)
Display 6.8” Full HD (1920×1080), 326 PPI
Storage 32GB
Memory 2GB LPDDR3
Audio Support 1 Speaker, Dolby ATMOS, Mic Array
Communications 802.11ac, LTE
Ports/Slots Micro-USB, Micro-SD
Camera 13MP auto-focus rear camera, 5MP front camera
Battery 3500 mAh
System Weight 220 grams (7.7 ounces) (94% Aluminum body)
System Dimensions 186.6 x 96.6 x 7.6 mm (7.35 x 3.8 x .29 inches) (Silver & Grey color)
Supported Bands (outside of PRC) GSM: Band 2,3,5,8

UMTS: Band 1,2,5,8

FDD LTE: Band 1,3,7,8,20

TDD LTE: Band 3,8,40

Nggak sabar untuk menggenggam Lenovo PHAB Plus? Buruan atur jadwal untuk datang ke Indocomtech di Jakarta Convention Center pada 27 Oktober mendatang. Karena, Lenovo PHAB Plus bakalan launching dengan harga yang dijamin mencengankan!

homecarousel-huawei-indocomtech-r

Nah, bagi kalian yang berada di luar daerah nggak usah kecewa! Karena untuk pertama kalinya, Indocomtech juga hadir dalam format online, nih! Klik disini untuk lebih jelasnya

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY