Sekuel dari Sony Xperia Z ini semakin luar biasa lagi. Iya, Xperia Z1 adalah kelanjutan dari Xperia Z. Lebih apanya? Kameranya? Tahan airnya? Powernya? banyaaaak. Salah satu Android paling sempurna dalam urusan kamera. Flagship dari Sony yang diluncurkan di IFA Berlin 2013, yang kebetulan saya ada disana untuk mencobanya langsung, ini dulu pernah diberi codename Honami sebelum peluncurannya. Sekarang, dengan nama resmi Z1, Sony siap membuktikan bagaimana sebuah kamera seharusnya.

Kamera

Kita langsung saja ke keunggulan utamanya, kamera. Perlu diingat lagi bahwa Sony adalah “pendendang lagu” berjudul “Carl Zeiss”, salah satu lensa fotografi terbaik yang ada di pasar. Kali ini, lensanya bernama G, dengan sensor bernama Exmos RS dan dijodohkan dengan Bronz imaging processor dengan resolusi 21MP. Bahwasanya tidak hanya untuk dicetak sebagai poster bioskop, tapi juga bisa digunakan untuk digital zoom. Maksud saya disini adalah biasanya bila kita mengambil foto dengan ukuran maksimal, lalu melihat hasilnya dengan kita zoom untuk melihat detailnya, maka terlihat akan pecah. Ini beresolusi 21MP (20.7MP tepatnya) dan masih cukup detail setelah zoom in. Jangan lupa, sekali lagi, lensa Carl Zeiss.

Salah satu fitur kamera yang saya sudah pernah coba sendiri sewaktu di IFA Berlin adalah kemampuannya melakukan burst shot. Kemampuannya mengambil sedikit lebih dari 60 gambar dalam 1 kali tekan tombol shutter, memberikan keleluasaan kita untuk memilih gambar dengan momen terbaik. Fitur ini juga ada di BlackBerry Z10, tapi Z1 menghasilkan jumlah gambar yang jauh lebih banyak.

Perbandingannya yang setara adalah Nokia Lumia 1020, yang beresolusi 41MP dengan image stabilizer. Beberapa reviewer memenangkan Z1 tapi juga ada yang menempatkan Nokia Lumia 1020 lebih unggul.

Lumia 1020 sedikit lebih unggul dibanding Z1 memang dari segi kamera. Tapi jangan lupa perbandingan yang menguatkan juga adalah sistem operasi. Lumia 1020 menggunakan Windows Phone 8 sedangkan Z1 menggunakan Android 4.2 Jelly Bean. Tentunya ini akan memberikan pilihan aplikasi yang berbeda secara signifikan. Dan ingat juga bahwa memang 1020 investasi lebih banyak di kameranya, yang mengorbankan ukuran jadi yang sedikit lebih tebal. Saya kembalikan ke Anda untuk memilih preferensi alias lebih suka yang mana.

Water & Dust Proof

Semua kehebatan kamera itu juga masih dibungkus dalam wadah yang tahan air dan tahan debu. Seperti pendahulunya, Z1, semua port (colokan) ada tutup rapatnya, untuk membantu melindungi komponen bagian dalam Z1.

Dan dibandingkan Xperia Z, maka Z1 memiliki prosesor lebih baik, kamera lebih baik, layar yang lebih baik, ketahanan air yang lebih baik dan baterai lebih baik. Jika Anda mencari penerus Z, Z1 lah jawabannya. Jika Anda fan Android yang mencari smartphone dengan kamera terbaik (sejauh ini), pilihan harus jatuh ke Z1. Masih banyak fitur-fitur kameranya yang wajib Anda alami sendiri.

Z1 dijual di blibli.com dengan harga mulai dari Rp. 7.749.000,- dengan 3 pilihan warna, hitam, putih dan ungu.

Xperia Z vs. Z1

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY