Samsung Galaxy Tab 3 8″, varian terbaru dari Galaxy Tab, sekuel ke-3, yang menjadikannya pilihan untuk teman bekerja, yang dengan budget lebih berteman dengan spesifikasi lebih dari cukup. Itulah Galaxy Tab yang hadir dengan 2 ukuran, yaitu 10.1 inci ย dan 8 inci. Kali ini, saya berkesempatan menguji coba yang berukuran 8″ (inci).

Perlu diketahui sebelumnya, ada perbedaan cukup signifikan dengan Galaxy Note 8″. Jangan terpaku di ukuran layar yang sama dan bentuk yangย hampir sama. Tab 3 8″ lebih langsing (kanan ke kiri) 11.9 milimeter (mm), lebih pendek 0.8 mm, lebih tipis 0.5 mm dan lebih ringan 24 gram yang mengakibatkan sedikiiiiiiiiiiiit terasa lebih kecil. Kalau kita bayangkan, bentuk Galaxy Tab 3 8″ ini adalah seperti Samsung Galaxy S4 yang diperbesar. Frame sampingnya yang tipis dan bahan bagian muka yang bermotif titik-titik kecil, seperti S4, yang saya suka.

Bukan hanya bentuknya, tapi jeroannya juga berbeda. Note adalah generasi yang memiliki stylus, sedangkan Tab tidak. Selain itu, prosesor Tab sengaja dibikin lebih sederhana, tentu untuk segmen marketnya. Galaxy Tab 3 8″ berprosesor Exynos Dual Core 1.5Ghz, Jelly Bean 4.2.2, layarย 800 x 1280 pixels, 8.0 inches (~189 ppi). Agak signifikan lebih sederhana dibanding Galaxy Note 8″

Samsung memang mengeluarkan Galaxy Tab 3 untuk mid entry level. Dibanderol harga yang juga bersahabat tentunya. Galaxy Tab 3 8″ ini akan dijual di level harga Rp4.500.000,- belum dengan promo yang akan tentunya membuat Galaxy Tab 3 lebih affordable, Promonya dimana? Blibli.com tentunya.

Bila dibandingkan dengan iPad Mini? a whole different platform, iOS vs. Android, different experience. Semua kembali ke selera tentunya ๐Ÿ˜‰

Gambar: Tab 3 on top of Note 8″

ย Tab 3 & Note 8

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

1 COMMENT

  1. Kan sy prnah bc di bbrp artikel ttg galaxy tab 3 8.0 ini. Katanya ada 3 seri yaitu sm-t310, sm-t311 dan sm-t315. Apa disini jual semua seri?
    Bln januari ini apa ada kenaikan hrg?

LEAVE A REPLY