Bahwasanya External Harddisk menjadi hal yang krusial, berbanding terbalik dengan kecilnya laptop. Kalau kita perhatikan, banyak sekali laptop, notebook, netbook atau apapun sekarang sebutannya menggunakan SSD (Solid State Drive). SSD adalah disk tempat menyerupai HDD (Hard Disk Drive), berfungsi Β sebagai tempat penyimpanan data yang menggunakan nonvolatile memory sebagai media, dan tidak menggunakan cakram magnetis.

SSD tipikalnya menggunakan NAND-based flash memory. Karakternya tidak volatil, artinya tidak “lupa” isinya walaupun listrik tidak terhubung. Ciri dari SSD biasanya lebih kecil ukurannya untuk uang yang sama. Mungkin perbandingannya 1:2, kira-kira, tapi Anda mengertilah maksud saya. Salah satu kehebatan SSD lainnya adalah kecepatannya. Karena SSD tidak “lupa”, otomatis SSD akan memulai duluan, sampai duluan. Lebih cepat.

Kalau SSD begitu bagusnya, apa guna HDD?

SSD baik digunakan untuk Sistem Operasi atau libraries dan data-data yang perlu diakses lebih sering, atau anggap saja, SSD cocok untuk sesuatu yang bersifat penting (krusial). Di sisi lain, HDD bisa digunakan untuk menyimpan data yang lebih jarang diakses. Contoh: Media (musik, foto atau film). HDD menjadi berguna karena HDD biasanya lebih besar ruang penyimpanannya dan lebih… murah.

Cara orang bekerja sekarang lebih efektif dengan menggunakan laptop yang menggunakan SSD, dengan menaruh data yang sering di akses (namun kecil) di awan (cloud), dan media, di external HDD, external Harddisk. Jadi bisa efektif dan cepat bekerja, dan semacam bisa memisahkan pekerjaan dan pribadi. Well, setidaknya, itu saya.

Transcend drop tested

Salah satu contoh yang bisa disarankan adalah Transcend External Harddisk ini. Sudah menggunakan USB 3.0 yang lebih cepat dari USB 2.0 tentunya, dan memberikan harga yang terjangkau. Harga dari external harddisk ini adalah Rp1,199,000,- untuk 1TB. Selama masa promo di Blibli, pembeli akan mendapatkan bonus USB thumb drive berukuran 8GB dengan merek yang sama.

 

Transcend External Harddisk ini juga teruji tahan goncangan, mereka menyebutnya “military tested”. Ia juga kompatibel dengan Windows & Mac.

Kalau itu semua belum cukup untuk membuat Anda membelinya, Trancend External Harddisk ini berwarnaa… ungu! x)

 

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY