Bicara mengenai Lumia selalu memberikan momen spesial di saya. Nokia Lumia tidak pernah mengecewakan secara hardware, kadang kelengkapan sistem operasi yang menjadi kendala. Tapi begitu bagusnya hardwarenya, bisa mengalahkan kekurangan softwarenya. Kali ini, Nokia meluncurkan Lumia 625.

Lumia 625 adalah adik dari Lumia 620. Ada beberapa perbedaan spesifikasi, tapi ukuran fisik dan layarlah yang menjadi pembeda yang signifikan. Lumia 625 adalah adik yang lebih besar fisiknya. Dengan layar 4.7” (inci), terasa sangat jauh dengan 3.8”nya Lumia 620. Perbedaan ukuran layar juga mempengaruhi ukuran fisiknya. Lumia 620 lebih ringan dan lebih kecil, namun Lumia 625 lebih tipis.

Lumia 625

Lumia 625 dibungkus polycarbonate dengan warna yang “mentereng” (begitu kata zaman orang tua saya), yaitu hitam, putih, orange dan kuning. Lumia dengan layar 4.7” adalah yang terbesar diantara semua Lumia yang sudah diluncurkan di Jakarta sampai tulisan ini keluar. Tentu kita masih menunggu 1020, 1520 dan 1320, tapi belum kan.. Layar 4.7” sangat nyaman tentunya, seperti berkali-kali saya bilang, untuk menonton video dan browsing. Apalagi untuk yang jempolnya agak sedikit besar, maka layar besar nyaman untuk mengetik.

Tapi Lumia 625 tidak bisa disejajarkan dengan Lumia 1020, 1520 & 1320. Kelasnya beda, harganya juga beda. Lumia 625 akan bisa di pre-order di blibli.com dengan harga dibawah Rp 2.500.000,- mulai tanggal 25-31 Oktober 2013. Harganya sangat bersahabat untuk kelas Lumia. Harga ini sudah memberikan kita layar yang besar, desain yang cantik, prosesor 2 x 1.2 Ghz, RAM 512MB, Corning Gorilla Glass, Bluetooth v. 4.0 dan kemampuan merekam video 1080p dengan frame 30fps.

Tantangan yang dimiliki Lumia sampai sekarang adalah kurangnya jumlah aplikasi yang ada di Windows 8. Padahal User Interface Windows Phone sangat cantik, bersih, dengan warna-warna yang tegas serta User Friendly. Boleh dibilang, iOS 7 sangat mirip dengan Window Phone. Ingat kelebihan utama Windows Phone adalah integrasinya dengan Microsoft Office 365. Setiap Lumia Windows Phone sudah diinstallkan Office Mobile, aplikasi office mobile yang paling banyak penggunanya di dunia.

Naah, ingat lagi, sesudah Nokia Event di Abu Dhabi tanggal 22 Oktober 2013 kemarin, Nokia secara resmi mengumumkan bahwa setidaknya Instagram, Vine dan Flipboard akan diluncurkan sebelum akhir tahun. Untuk Path, diumumkan di acara Microsoft Tech Day kemarin, 24 Oktober 2013, juga akan diluncurkan sebelum akhir tahun. Kenapa terpisah pengumumannya? Karena pengguna Path mayoritas adalah di Indonesia.

Jadi, hanya perlu sedikit lagi bersabar untuk menunggu hadirnya kelengkapan aplikasi di Windows Phone 8.1 ini. Ingat juga bahwa Nokia sudah dibeli Microsoft. Bisa juga diartikan bahwa Microsoft akan all-out untuk kemajuan Nokia. Bisa kita beli sekarang, belajar, membiasakan menggunakan Windows Phone sambil menunggu adanya aplikasi-aplikasi tadi. Saya sih begitu, kamu?

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

1 COMMENT

LEAVE A REPLY