Bukan rahasia lagi jika dalam proses pengerjaan 3 album teranyarnya (Uno, Dos, Tre), Billie Joe yang merupakan vokalis dari Green Day sedang “galau” karena ketergantungannya pada narkoba. Alhasil, menurut saya konsep 3 album yang dikeluarkan band asal Negeri Paman Sam tersebut kurang berhasil secara materi.

Punya kesan monoton alias kurang variatif, membuat saya sebagai penggemar Green Day dan Billie Joe secara khususnya merasa rindu akan produktifitas sang idola dalam menggodok sebuah lagu dan album. Nah, saat mendengar Billie Joe masuk panti rehabilitasi, saya pun merasa bahagia. Apalagi, setelah menjalani perawatan, pria kelahiran 1972 punya rencana tokcer untuk kembali menelurkan album.

Yang bikin penasaran, album yang akan dibuatnya kali ini bukan bersama band-nya, Green Day. Melainkan album duet bersama Norah Jones, seorang penyanyi Jazz yang notabenenya merupakan peraih 9 Grammy Award. Well, saat mendengar album berjudul Foreverly yang memakan waktu 9 hari rekaman di New York ini, kesan fresh memang hadir di semua lagunya.
Pasalnya, dalam album kali ini duet Billie Joe + Norah memang punya konsep remake dari lagu dari The Everly Brothers.
norah-jones_4530768
Alhasil, lagu-lagu beraliran folks yang merupakan gambar dari keseharian masyarakat Amerika Serikat ini pun punya kesan merdu saat dinyanyikan dua penyanyi ini. Yang menarik, tadinya Billie Joe yang punya rencana untuk melesarikan alunan nada folks dalam sebuah album ini tidak tahu siapa yang ingin diajaknya untuk duet.
norah
“Lalu istri saya berujar kalau, “kenapa tidak dengan Norah Jones?“ Saya pun langsung berpikir jika, okay, saya agak kenal dengan dia. Maksud saya, kami punya kesamaan untuk mendengar Stevie Wonder. Jadi, saya meneleponnya dan dia bilang iya. Jadi, ya album ini agak seperti blind date sih,” ungkap Billie Joe dalam sebuah wawancara mengenai album yang berisikan 12 lagu kali ini.
photo (3)
Well, menurut saya, album ini punya nilai lebih dari sekedar blind date yang diungkapkan oleh Billie Joe. Entah karena kesamaan taste “Stevie Wonder” dengan Norah Jones yang diungkapkan Billie, tapi duet yang mereka lakukan di album ini punya rasa yang sangat harmonis di telinga. Bahkan jika menghayati alunan suara dan instrumen gitar akustik yang kental pada setiap lagu di album ini, dapat membuat perasaan rileks datang di otak.
MI0003670073
Nggak percaya? Nyatanya, dengan debut berada di nomor 40 Billboard 200 Chart, penjualan album yang rilis 25 November 2013 ini tercatat terjual sebanyak 18.120 kopi di minggu pertama di Amerika Serikat. Bahkan, setelah kematian Phil Everly yang menginspirasi dibuatnya album ini pada 3 Januari 2014, album ini pun naik ke nomor 19 di Billboard 200.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY