Masih ingat pembahasan tentang Galaxy Grand? Kali ini kita harus kenalan dengan adik-adiknya, yang umurnya lebih muda, tapi ukuran lebih bongsor. Kita ingat bahwa Galaxy Grand berukuran layar 5 ” (inci), dari mari kita berkenalan dengan Galaxy Mega. 5.8″ dan 6.3″. Jadi, untuk melengkapi koleksinya, Samsung ada:..

1. Galaxy Grand berukuran: 5″
2. Galaxy Note II berukuran: 5.5″
3. Galaxy Note 3 berukuran: 5.7″
4. Galaxy Mega berukuran: 5.8″ dan 6.3″
5. Galaxy Tab berukuran: 7″
6. Galaxy Tab 7.7″
7. Galaxy Tab 3: 8″
8. Galaxy Note 8″.

Galaxy Mega Compared

Perhatikan perbedaan ukuran varian Galaxy dalam rentang 0.1-0.7 inci, jadi hanya 0.1″ sampai paling besar berbeda hanya 0.7″. Samsung menyediakan segala ukuran smartphoneWell, boleh juga dibilang phablet? atau sekalian tablet? Perlu diketahui pemberian nama di belakang kata Galaxy juga memiliki arti tersendiri. Grand berarti besar, untuk ukuran smartphone. “Note” artinya menggunakan S-Pen. “Mega” artinya lebih besar daripada Grand, untuk ukuran smartphone. “Tab” artinya tablet.

Kemampuan disiapkan juga berbeda. Untuk flagship, kategori Note dan S masih yang terdepan bila dilihat berdasarkan spesifikasi. Kemampuan Mega bukan yang paling atas, menjadikannya harganya juga bukan yang tertinggi (bila dibandingkan dengan ukuran layarnya).

Mari kita telaah satu aspek yang menjadi perhatian utamanya, layarnya. Layarnya hadir dalam 2 pilihan ukuran, 5.8″ dan 6.3″. Layarnya memang tidak setajam S4 dan Note 3. Ia memiliki 233 dpi sedangkan Note 3 adalah 386dpi. Resolusi mega adalah 720 x 1280, bukan 1080p dimana kebanyakanflagship ponsel pintar dari brand-brand manapun menggunakannya.

Tapi memang yang ditawarkan oleh Galaxy Mega bukan performance atau ketajaman layar, tapi: ukuran. Hanya itu. Ukuran menjadi penting tergantung kebutuhan dan kegiatan kita sehari-hari. Layar besar sangat enak untuk browsing, menonton video, bermain game dan (kalau niat) mengedit dokumen spreadsheet (excel). Yang ditawarkan Galaxy Mega melalui layar besarnya, dan software yang mumpuni adalah kemampuan multi window-nya. Contoh, dalam bermain game, kita bisa sambil chatting. Boleh tuh.

Bila kamu memang mencari dan menyukai layar besar karena alasan-alasan diatas atau hanya karena tangan terlalu besar untuk mengetik di iPhone, mungkin Galaxy Mega ini bisa menjadi pilihan. Bisa juga kamu mencari telepon yang cukup besar, tapi tidak mau tablet, mungkin Galaxy Mega ini bisa menjadi pilihan. Galaxy Mega dijual dengan harga agak signifikan dibawah S4 dan Note 3, yaitu Rp4.349.000,- untuk yang 5.8 inci dan Rp5.349.000,- untuk yang 6.3 inci. So? Gimana? Sikat?

 

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY