Ini bukan review, tapi ini lebih ke arah banyak maunya!

Saya sudah punya PS3 generasi yang paling awal, tidak di Jailbreak, dengan hard disk hanya 40 GB. Saat itu memang terlihat besar. Tapi sekarang, siapa kira 40 GB itu adalah hard disk yang sangat kecil. Bahkan iPhone saya pun memiliki tempat penyimpanan yang lebih besar. Apalagi, semakin banyak game berkembang, semakin besar data yang harus diinstall di hard disk, beserta updatenya.

Ini bikin pusing. Mau mulai bermain game baru, harus menghapus sebagian isi hard disk. Oleh karena itu, saya butuh, teramat sangat, meng-upgrade PS3 saya. Tunggu! Apa tidak lebih baik menggantinya dengan membeli PlayStation baru? Nah….

Kebetulan, PS3 menghadirkan varian baru, varian yang untuk ke-400 kalinya kalau kita bedakan varian dari ukuran hard disk, fungsi, harga dan bentuk. Nah, PS3 yang terbaru ini nampaknya, feeling saya, adalah varian terakhir sebelum keluar generasi yang, well, PlayStation 4.

PlayStaion 3 Super Slim: Should I?

Varian baru ini menghadirkan bentuk yang sangat berbeda. Dari namanya, Super Slim, bikin saya iri akan program dietnya. Ini adalah generasi ke-3 dari segi bentuk. Dari Generasi pertama ke kedua, dietnya berhasil menguruskan sekitar 36%. Dari generasi kedua ke sekarang, super slim, PS3 bobotnya turun lagi sebanyak 24% menjadi sedikit diatas 2kg, sedangkan generasi pertama hampir menyentuh 5kg. Wow, saya mau rahasia dietnya!

Bukan cuma kurusan, tapi juga lebih hemat daya, dan  juga lebih lega! Lega ini menjadi alasan dasar saya untuk mempertimbangkan untuk membelinya. Varian ini mencapai 500GB. Ya, kalau dibandingkan dengan 40GB, berarti ini pembesaran lebih dari 10 kalinya. Berapa banyak simpanan game atau update yang bisa saya lakukan. Dan bukan hanya itu, jangan lupa ini berlaku untuk menyimpan foto, musik dan video. Ah, terlalu banyak yang bisa dipikirkan.

1 hal yang berubah dari mekanisme memasukkan gamenya, yaitu tidak lagi slot loading, tapi top-loading. Ini artinya ada tutup yang harus dibuka dibagian atasnya, dan game dimasukkan lewat atas, seperti halnya PS1, hanya ini tutupnya sliding.

Yang terakhir, bedanya adalah di bahan finishing. PS3 generasi 1 menggunakan Piano Black finish, generasi 2 menggunakan Matte Black, dan generasi 3 menggunakan Charcoal Black. Jujur, saya menyukai finishing Charcoal Black, Engadget membencinya, sedikit berbeda, tapi kita berdua setuju mengenai bentuknya, bentuknya bukan yang terbaik.

Hard disk yang lebih besar, bentuk yang lebih ringan dan tipis, daya yang lebih hemat serta bentuk loading yang berbeda bisa menjadi alasan untuk mengganti generasi pertama ke generasi ketiga. Jangan lupa, harganya pun semakin bersahabat dengan hanya berharga IDR. 3.500.000 termasuk 1 controller.

Tapi.. gosipnya PlayStation 4 akan diperkenalkan bulan Februari ini. Ah, labil yooo…

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

1 COMMENT

LEAVE A REPLY