Siapa yang tidak tau travelling? Faktanya, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang suka dengan aktivitas berkeliling, menjelajah suatu tempat atau daerah yang biasanya diambil ketika libur ini.

Namun sayangnya, banyak yang memandang sebelah mata bahwa persiapan yang matang diperlukan ketika hendak bepergian. Hal sekecil apapun haruslah dipersiapkan sebelum hari H liburan akan tiba, salah satunya adalah mempersiapkan dokumentasi baik itu berupa video maupun foto.

Ketika era 2000-an, kamera video dan foto masih belum bisa digabungkan menjadi satu benda elektronik yang ringkas dan praktis di bawa bepergian, sehingga tidak sedikit masyarakat yang membawa tas berukuran besar yang berisikan sebuah kamera video dan sebuah kamera foto.

Sampai ketika masuk ke era ponsel yang sudah dapat merekam video dan foto tetapi dengan kualitas yang kurang baik sehingga banyak moment – moment berharga pada saat perjalanan pun terlewatkan. Nah, memasuki era tahun 2009-2010 munculah sistem DSLR atau kamera digital single lens reflex yang sudah dapat merekan video dan mengambil photo dengan kualitas sangat baik dalam sebuah kamera DSLR.

Aneka pilihan lensa dan aksesoris pun banyak bisa dipilih dan memiliki efek yang berbeda-beda. Namun, kekurangan pada era ini karena aksesori yang terlalu banyak, membuat DSLR sangat tidak ringkas di bawa ketika bepergian.

Perkembangan Teknologi Mirrorless Camera

Produsen kamera terkini terus menciptakan inovasi-inovasi yang terus menjawab kebutuhan masyarakat terutama kamera ukuran mungil tapi kualitas yang dihasilkan tidak semungil ukuran nya. Maka dari itu, hadirlah mirrorless camera yang ditunggu seluruh masyarakat.

Samsung sebagai produsen teknologi seperti gadget dan kamera sangatlah tanggap menjawab kebutuhan masrakat akan kamera berkualitas tinggi tetapi dengan ukuran yang tidak terlalu besar, lahirlah samsung NX series (NX 300, dll) dan terakhir samsung mengeluarkan NX3000 dan NXmini yang seketika mendapat perhatian masyarakat akan ukuran dan teknologi yang terdapat pada dua kamera ini.

Impresi Pertama

Ketika NX3000 pertama kali berada di tangan saya, tidak sabar saya hendak mencoba langsung keunggulan kamera mirrorless ini, dengan ukuran yang kecil, dan lensa 16-50mm merupakan keunggulan tersendiri dibandingkan kamera – kamera lain, layar yang bisa diputar ke bagian depan dan letak tombol yang mudah di jangkau seakan menjadi jawaban bagi penggemar ‘selfie’ mania yang kini sedang banyak di kalangan masyarakat ibukota.

Bahkan, ketika selfie tidak perlu menekan tombol shutter, cukup dengan memberi isyarat kedipan mata atau gerak mimik wajah lainnya otomatis kamera pintar ini langsung menghitung mundur untuk mengambil gambar, sungguh Samsung telah menjawab kebutuhan selfie masyarakat.

blibli_samsung-nx-3000_full01

Lihat Harga Samsung NX3000

 

Ukuran kecil dengan hasil maksimal,

Dahulu ketika hendak bepergian, saya harus membawa sebuah tas punggung yang berukuran besar untuk membawa semua peralatan saya, kini saya hanya membawa sebuah tas kecil berukuran tablet yang biasa saya bawa dan NX3000 siap untuk di bawa kemanapun tanpa kuatir berat berlebih tas kamera.

Startup loading atau proses ketika kamera baru dinyalakan dapat dikategorikan cepat, lensa secara otomatis keluar dan kamera siap untuk dipakai, LCD live view yang dimiliki samsung NX3000 juga merupakan teknologi terkini yang kaya akan warna dan jernih, seringkali jika kita menggunakan teknologi live view di kamera lain, live view seringkali buruk dan hasil yang kita inginkan seringkali meleset karena teknologi LCD yang kurang baik.

NX3000_3__S__Small NX3000_11__S__Small

Problem pada kamera lain tidak saya temui ketika membawa Produk keluaran Samsung ini. Live view yang kaya akan warna dan akurat membuat moment apapun yang saya bidik sesuai dengan apa yang saya inginkan, warna, kontrast, details yang dihasilkan NX3000 sungguh tidak mengecewakan.

 

Ketajaman gambar 20.3 megapixel

Kamera sekecil ini dengan angka sensor besar apakah bisa? Pertanyaan itu sempat terlintas di pikiran saya ketika menenteng NX3000 dalam perjalanan saya.

NX3000_8__S__Small NX3000_15__S__Small

Ketika saya memutuskan untuk memakai file ukuran besar 20,3 megapixel kualitas gambar yang dihasilkan sangatlah mengesankan, warna, ketajaman, kontrast sangatlah baik, dan ketika saya zoom di kamera maupun komputer, ketajaman yang dihasilkan sangatlah baik. Fokus yang tepat dan cepat seakan NX3000 sangat mengerti gambar apa yang mau saya hasilkan sebelum gambar diambil.

 

Fokus yang cepat dan tepat

Masalah ini seringkali saya temukan ketika saya memakai kamera dari produsen lain, fokus seringkali lambat dan fokus tidak tepat sehingga saya perlu mengambil beberapa gambar untuk memastikan fokus tepat seperti apa yang saya inginkan. Tidak ketika saya menenteng NX3000, dengan body mungil, NX3000 memiliki fokus yang cepat dan tepat, sangat memudahkan pekerjaan saya ketika mengambil gambar.

NX3000_14__S__Small NX3000_16__S__Small

Well, pada akhirnya, memang harus diakui jika perkembangan teknologi yang semakin maju membuat kemudahan demi kemudahan masyarakat dapatkan.

Jika dahulu masyarakat perlu membawa kamera ukuran besar ketika berlibur kini masyarakat hanya perlu membawa kamera ukuran mungil dengan hasil yang tidak kalah dengan kamera DSLR, NX3000 merupakan pembuktian dari produsen kamera Samsung bahwa perusahaan ini mampu bertanding dengan produsen kamera lain dengan Samsung sendiri mengeluarkan produk-produk yang inovatif dan yang mengerti akan kebutuhan masyarakat saat ini.

 

Product Review, Photo and Article by: Yohanes Tanwijaya, Photographer @Blibli.com

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY