Malaikat diatas sana (dan Nokia) berbaik hati untuk meminjamkan saya the Amazing Nokia Lumia 1020. Lumia sudah saya dengar sebagai smartphone dengan kamera terbaik hingga saat ini. Sebaik apa? Mari kita jajal.

Sebelum menyentuh langsung bagian kameranya, saya mau mengomentari penampilan dari Lumia 1020. Terlihat, Lumia 1020 hadir dalam tiga warna: kuning, merah dan putih. Ciri warna Lumia yang semuanya berani, tidak ada lagi warna klasik seperti hitam, abu-abu atau gold. Lumia memang pelopor smartphone yang berwarna-warni. Lumia 1020 terasa sedikit lebih ringan daripada 920. Lapisan casingnya juga terasa lebih enak di genggam tangan karena bahannya, matte, tidak selicin iPhone dan Lumia 920. Sebenarnya, 1020 lebih tipis dibandingkan 920, dan hampir setipis iPhone 5/5S, kalau tidak ada tonjolan kamera. Kalau kita taruh di permukaan yang rata dengan layar menghadap keatas, bengkak lensa itu sangat terasa, Lumia 1020 saya terasa “ngetril”.

Layarnya terbuat dari Gorilla Glass 3 yang anti gores terhebatnya. Tapi sejujurnya sih saya tidak berani menjajal kebenarannya, maklum, pinjaman. Jadi untuk urusan ini, kita percaya saja lah yaa. Nah, antara layar dan casing ini yang saya suka. Layar seolah-olah adalah bagian dari casingnya. Tepiannya kaca melengkung, hampir tidak terasa ada pemisah dan hitamnya sangat pekat hampir tidak terlihat yang mana layar yang mana yang bingkainya. Resolusi layar adalah 768 x 1280 pixels dengan ukuran 4.5 inci dan kepekatan pixel di 332 ppi.

Nah, mengenai kamera, sebagus apa sih, si 41 MP ini? yang menyebabkan bengkak yang lumayan di bagian belakang casingnya. Benar segitu bagusnya?

Ini adalah hasil foto saya saat meeting malam beberapa waktu lalu tepatnya akhir Januari (tanpa edit). Cukup oke?

WP_20140128_21_24_24_Pro

Dan ini adalah foto tadi pagi istri membuat smoothies (tanpa edit)

Smoothies

Saya merasa fotonya cukup tajam. Kita bisa menjajalnya dengan menggunakan apps Nokia Pro Cam, dan melakukan fokus manual. Fokus manual ini memungkinkan kita untuk selayaknya mengatur secara manual seperti menggunakan DSLR. Bukan hanya fokus, tapi juga shutterspeed, aperture, white balance dan ISO, semua bisa diatur secara manual.

Kekuatan 41mp-nya bisa diukur secara berbeda dengan menggunakan reframe. Coba ambil gambar dengan menggunakan Zoom In, ambil fotonya, lihat hasilnya, nanti di sisinya, akan ada tombol reframe. Dari hasil yang sudah jadi, kita masih bisa mengeditnya dengan reframe untuk Zoom Out. Zoom Out sesudah mengambil foto! Harus diakui sih, useful!

Masih banyak fitur kamera yang sudah diberikan dari sananya. Seperti kamera 360 yang bisa “menjahit” gambar menjadi seperti foto 360 derajat. Ada juga cinemagraph yang bisa membuat animasi sebagian dari foto. Hal yang sudah ada memang dari Lumia 920, tapi Lumia 1020 lebih hebat kualitas gambarnya “saja”.

Saya bukan fotografer, bukan ahlinya. Arbain Rambey, salah satu fotografer handal Indonesia pernah menceritakan perjalanannya menggunakan Lumia 1020 ke Raja Ampat dan beliau sangat cocok “menjajal” 1020. Sambil memamerkan hasil fotonya, beliau menjelaskan bahwa dalam lensa foto yang bagus, bagian terputih dan bagian terhitam dari suatu foto akan masih terlihat motifnya serta karakternya. Beliau membuktikannya dengan foto putih pada ombak dan hitam pada bola mata orang Indonesia. Terpampang nyata buktinya.

Besaran file, secara tidak terasa, sudah sangat bersahabat untuk social media, dibawah 150KB. Dan berbicara mengenai media sosial, saya pernah menulis kekurangan dari Lumia adalah karena tidak lengkapnya aplikasi sistem operasi Microsoft Windows Phone. Tapi sekarang jauh lebih mending. Setidaknya, Windows Phone sudah ada Instagram (Beta), FlipBoard dan Path (Beta). Beta artinya sudah bisa digunakan, tapi mungkin masih ada sedikit masalah. Ini kemajuan besar dong!

Ini adalah foto dengan objek yang sama, Escargot.

Ini dengan iPhone 5:

Escargot iPhone 5

Dengan Lumia 1020:

Escargot Lumia 1020

Berani Coba Lumia 1020?

 

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY