G Pro Front

LG memasuki pasar Smartphone premium dengan layar berukuran besar dengan LG Optimus G Pro. Dengan layar berukuran 5.5″, sangat akrab dengan ingatan kita yang otomatis langsung membandingkan dengan Galaxy Note II.

Keuntungan Galaxy Note II jelas berada di dua hal, yaitu (1) S-Pen-nya, yang luar biasa akurat dan nyaman digunakan, dan (2) kehadirannya yang jauh lebih dulu dibanding LG Optimus G Pro. Lalu, apa yang bisa ditawarkan LG Optimus G Pro bila tidak menawarkan stylus dan baru hadir sekarang? sabar dulu, mari kita jabarkan kelebihannya satu per satu jika dibandingan dengan Galaxy Note II.

LG Optimus G Pro sudah jauh memperbaiki spesifikasinya:

Layar
Layar LG Optimus G Pro memang berukuran sama-sama 5.5″, tapi resolusinya (1920 x 1080 px vs. 720 x 1280 px) dan pixel per inchnya (401 ppi vs 267 ppi) jauh lebih besar.

Prosesor
Prosesornya juga lebih kuat. G Pro hadir dengan 1.7GHz Quad Core, 0.1GHz lebih cepat. Ini akan memperkuat kemampuan multitaskingnya.

Kamera
Kameranya memiliki resolusi yang lebih padat (13MP vs 8MP), termasuk kamera depannya (2.1MP vs 1.9MP).

Baterai
Mungkin ini bisa diperdebatkan, karena hanya berbeda sedikit, namun memang G Pro lebih unggul (3,140 mAh vs 3,100 mAh). Kembali lagi, boros tidaknya baterai, tergantung setting pengguna, dan pemakaian.

Fisik
Secara body-nya, G Pro memang lebih pendek, ringan, langsung dan kecil.

Ada beberapa fitur bawaan LG yang menurut saya menarik. Sebagai phablet (phone + tablet), kecepatan dalam mengambil catatan dalam momen tertentu adalah krusial. G Pro hadir dengan tombol fisik, yang diletakkan di kiri atas, yang didedikasikan untuk mencatat di layar bagian manapun. Beberapa tombol di layar akan muncul untuk kita “mencoret-coret” dimanapun kita di layar, untuk disimpan dan di-share.

Contoh: bila kita sedang melihat peta dan hendak menunjukkan arah kepada teman, yang harus kita lakukan hanya tinggal menekan tombol tadi saat kita sedang melihat peta, coret-coretlah peta tersebut, lalu langsung di-share ke email, bluetooth atau sosial media manapun yang kita gunakan, atau sekadar disimpan.

Satu fitur lagi yang menarik adalah kekuatan G Pro untuk menjalankan 3 layar sekaligus, bahkan dalam keadaan transparan. Di Notification Center, yang kita tarik dari atas kebawah seperti kebiasaan kita menggunakan Android, terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan multi tasking ini.

Contoh, bila kita sedang membaca email, lalu menonton video sambil browsing, bisa menarik Notification Center, lalu mengaktifkan aplikasi-aplikasi tersebutΒ diatas email yang kita baca tadi. Seperti layaknya menggunakan PC. Ini bisa terjadi karena kekuatan 1.7Ghz QuadCore SnapDragon tadi.

Bila Anda penggemar phablet, dan menjadikan ini device yang penting untuk bekerja, LG Optimus G Pro adalah kandidat kuat, mungkin yang kita tunggu nanti adalah hadirnya stylusnya yang cukup akurat. Other than that, its a fine product πŸ™‚

Oh iya, jika tertarik membelinya, silahkan membuka website Blibli.com yang menawarkan produk ini sejak masa pre-order lhooo..


G Pro Side

 

 

 

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

3 COMMENTS

    • wah kalo ditanya pilih mana agak susah. ada kelebihan dan kekurangan masing2. Perbandingannya mungkin bukan S4, mungkin Note 2 lebih cocok karena ada sedikit fitur mencatatnya yang nyamang. Selain itu, yang lupa saya tambahkan, ini tahan air, tahan cipratan lebih tepatnya, πŸ™‚

LEAVE A REPLY