Dua hari sebelum IFA Berlin, di acara Samsung Unpacked, 4 September 2013 kemarin, Samsung memperkenalkan 3 device baru: Galaxy Note 3, Galaxy Gear dan Galaxy Note 10.1 (edisi 2014). Kebetulan saya sudah mencobanya langsung sehari sebelumnya saat salah satu media cetak terbesar di Indonesia mengirim saya ke Berlin untuk mencobanya langsung. Lebih tepatnya lagi, saya mencobanya sehari sebelum Unpacked. Dan saya terkesima dengan kemampuan Galaxy Note 3.

Galaxy Note 3 hadir sebagai penyempurnaan yang signifikan dari pendahulunya, Galaxy Note II, yang diluncurkan di tempat yang sama, setahun sebelumnya. Sebagai awalnya, spesifikasi Note 3 sudah menunjukkan perubahan yang drastis. Dengan prosesor 2.3Ghz Quad Core (Note II 1.6Ghz), RAM 3GB (Note II 2GB), Kamera 13MP (Note II 8MP), Baterai 3200 mAh (Note II 3100 mAh) sudah akan sangat mempengaruhi kinerja Note 3 yang lebih memiliki banyak fitur.

Desain fisiknya juga mengalami penyempurnaan. Layarnya 2,25 kali lebih tajam dibandingkan pendahulunya dengan resolusi Note 3 adalah 1920 x 1080. Layar yang 0.2 inci lebih besar belum tentu mengharuskan Note 3 memiliki fisik yang lebih berat dan lebih besar juga. Note 3 lebih pendek 0.1mm, lebar yang lebih meramping 1.5mm, dan lebih tipis 1.1mm (13% lebih tipis). Ini berhasil dilakukan dengan lebih mengorbankan frame untuk layar. Yang paling menarik dari desain fisiknya adalah cover belakangnya yang terbuat dari semi kulit. Ini mengangkat kelas Note 3 ke level berikutnya, dan ini dapat diganti-ganti!

Itu baru bungkusnya. Sewaktu saya mencobanya, saya terpesona dengan banyak fitur barunya yang lebih memaksimalkan fungsi S Pen dan Multi Windownya. Samsung melakukan research untuk mendengar pelanggannya dan melakukan penyempurnaan berdasarkan hasil research itu. Air Command, adalah fitur terbaru yang dimiliki S Pen dari Note 3. Memberikan 5 sub-fitur seperti Action Memo, Scrap Booker, Screen Write, S Search dan Pen Window.

Action Memo memungkinkan pengguna untuk membuat memo dan melakukan action terhadap tulisan tangan tersebut. Galaxy Note 3 akan menangkap sebisa mungkin tulisan tangan untuk langusng kita action seperti mengirim email, menelfon, sms, dll.

Scrap Booker memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan apapun seperti video, link, tulisan atau gambar untuk di kumpulkan menjadi scrapbook (kliping) dan mengategorikan semaunya.

Screen Write memungkinkan pengguna untuk meng-capture screen dan menulis diatas hasil capture tersebut untuk langsung disimpan atau diemail atau di kirim ke chat, dll.

S Search adalah fitur search yang lebih mendalam, seperti menyediakan filter berdasarkan waktu, filter berdasarkan tag, bahkan bisa mencari isi di dalam file yang dicari, sampai ke tulisan tangan.

Pen Window memungkinkan kita untuk membuat Window yang melayang, yang bisa disesuaikan ukurannya untuk beberapa aplikasi yang krusial, seperti kalkulator. Sehingga kita bisa menggunakannya sambil masih mengerjakan yang lainnya di background.

air command

Fungsi multi windownya juga tidak kalah hebat. Note 3 menghadirkan lebih banyak aplikasi Multi Window, bahkan menggunakan 2 window dari 1 aplikasi yang sama, di 1 layar. Contoh, chat dengan 2 orang yang berbeda, di layar yang sama dengan aplikasi chat yang sama. Hal ini juga dilengkapi dengan begitu mudahnya melakukan drag and drop / cut/copy and paste dari 1 window ke window lainnya.

Galaxy Note 3 akan hadir di Indonesia bulan ini, September, dengan harga yang diperkirakan 8 – 9 juta rupiah (Ya, kurs berpengaruh). Suatu device flagship dari Samsung yang lagi-lagi berpikir out of the box dengan berawal dari mendengarkan penggunanya.

Tunggu promo dari Blibli.com.

 

Kadek

Kadek

Football for life, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

3 COMMENTS

  1. Note 3 di Indonesia dilengkapi dengan Octa Core processor (1.9GHz Quad + 1.3GHz Quad) dan tidak dengan Qualcomm 2.3Ghz Quad Core.
    Apakah itu berarti bahwa Note 3 di Indonesia lebih lambat dan tidak secepat Note 3 yang dijual di negara lain?

LEAVE A REPLY