abba tie agfna red

For you guys out there, terkadang menyimpul dasi dengan baik dan benar bisa jadi tidak semudah itu, lho. Atau terkadang, Anda bahkan tidak tahu bahwa terdapat lebih dari satu cara untuk menyimpul dasi dengan berbagai gaya. Berikut saya berikan dua cara dan teknik menyimpul dasi untuk Anda yang ingin bereksplorasi. Pada artikel berikutnya akan saya berikan dua teknik lagi yaitu Windsor Knot dan Half Windsor Knot, makanya Anda harus tetap setia membuka halaman saya untuk artikel selanjutnya. Sadarilah juga dengan baik, tipe simpul dasi apa yang paling cocok dengan bentuk leher Anda.

Four Hand Knot

Simpul dasi ini berbentuk asimetris dan cocok untuk kemeja button-down. Celah simpulnya lebih sempit dan kecil sehingga cocok untuk berbagai jenis dasi yang lebar dan dibuat dari bahan-bahan yang berat. Walaupun simpul jenis ini bisa dikenakan oleh siapapun, namun pria dengan bentuk leher yang lebih pendek akan terlihat lebih baik dengan simpul Four Hand Knot ini karena bentuk simpulnya yang lebih kecil dan ‘langsing’ akan memberi ilusi ‘memanjangkan’ leher. Berikut adalah step by step membuat simpul dasi Four Hand Knot dengan berdiri dihadapan cermin:

fourinhand1

1. Mulailah dengan ujung dasi yang lebar (W) di bagian kanan di hadapan cermin. Posisikan bagian ujung yang lebar sekitar 12 inchi lebih panjang dibanding ujung yang sempit (N) di bagian kiri.
fourinhand2

2. Lalu silangkan ujung yang lebar diatas ujung yang sempit.
fourinhand3

3. Putar kembali ujung yang lebar di bawah ujung yang sempit.
fourinhand4

4. Lanjutkan dengan meletakkan kembali ujung yang lebar di depan ujung yang sempit.
fourinhand5

5. Lalu, tarik ujung yang lebar ke atas dan masukkan ke belakang lingkaran celah dasi yang memutari leher.
fourinhand6

6. Tahan bagian depan simpul, agak longgarkan dengan jari manis dan letakkan ujung yang lebar ke arah bawah melewati lingkaran celah dasi di bagian depan.
fourinhand7

7. Akhirnya, ketatkan simpul dengan perlahan menekan ke arah kerah kemeja dengan memegang ujung dasi yang sempit sehingga simpul tertarik ke atas.

 

Pratt Knot

Cocok untuk beragam dress shirt yang resmi, Pratt Knot juga dikenal dengan nama Shelby Knot. Simpul dasi yang rapi ini cendrung terlihat lebar walaupun tidak selebar Windsor Knot. Simpul Pratt Knott ini cocok untuk berbagai dress shirt resmi dan cocok untuk jenis dasi yang lebih lebar yang menggunakan bahan yang tidak terlalu tebal. Berikut adalah step by step membuat simpul dasi Pratt Knot dengan berdiri dihadapan cermin:

pratt1

1. Mulailah dengan meletakkan dasi secara terbalik (bagian belakang diletakkan di depan), dengan bagian ujung yang lebar (W) di bagian kanan dan diletakkan lebih panjang sekitar 12 inchi di bawah ujung yang sempit di bagian kiri.
pratt2

2. Silangkan bagian ujung yang lebar di bawah ujung yang sempit.
pratt3

3. Letakkan ujung yang lebar ke atas lalu ke bawah ujung yang sempit.
pratt4

4. Tarik lingkaran ke bawah dan ketatkan.
pratt5

5. Lalu, letakkan ujung yang lebar ke atas ujung yang sempit dan ke arah kanan.
pratt6

6. Tarik bagian ujung yang lebar ke atas, di belakang celah dasi yang melingkari leher.
pratt7

7. Lalu akhirnya, letakkan ujung yang lebar melewati simpul dan ketatkan perlahan.

 

Well, semoga berguna dan menambah ketrampilan Anda dalam berpenampilan. Ingatlah bahwa detil penampilan seperti simpul dasi yang bervariasi akan menambah nilai plus dalam keseluruhan look Anda.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY