blibli_nike-jordan-aj1-premium-503539-001_full01
Nike Air Jordan I Premium

Siapa yang tidak kenal Michael Jordan? Dia sebuah fenomena dalam dunia olahraga basket. Dia masuk ke National Basketball Association (NBA) di tahun 1984, dipilih oleh klub Chicago Bulls pada putaran pertama ‘NBA draft’ ditahun tersebut.

Pada tahun yang sama Nike sedang mengalami kesulitan untuk masuk ke dalam pasar bola basket. Michael Jordan yang mempunyai sejumlah prestasi sebelum masuk ke NBA, dia membawa sekolahnya North Carolina sebagai juara dan ikut memperkuat tim basket Amerika yang memenangi medali Emas di tahun 1984, dilihat Nike sebagai sebuah potensi yang dapat mengangkat nama Nike di dunia bola basket. Ditahun 1985, keluarlah “Air Jordan I” dan Michael resmi menjadi ikon marketing Nike. Dan sukses besar!

blibli_nike-jordan-aj1-premium-503539-200_full01
NIke Air Jordan I Premium

Sepatu Nike Air Jordan I ini menjadi perhatian tersendiri di NBA. Karena pada awal sepatu ini digunakan oleh Michael Jordan,  dia mendapat denda sebesar US$5000 per pertandingan karena dianggap melanggar peraturan NBA yang mengharuskan semua warna sepatu sama (putih polos) pada zaman itu. Sepatu Air Jordan I ini keluar dengan kombinasi warna Hitam dan Merah (warna klub Chicago Bulls). Tetapi Nike melihat hal tersebut dapat mendongkrak penjualan mereka dan rela membayar denda yang Jordan dapat disetiap pertandingan ketika memakai Nike Air Jordan I ini.

Designer yang berada dibelakang kesuksesan Air Jordan I adalah Peter Moore. Walaupun dalam perkembangannya nama Tinker Hatfield lebih dikenal sebagai Air Jordan designer, karena dia yang mengembangkan berbagai macam varian sepatu Air Jordan.

Saat ini sudah banyak sekali varian atau pengembangan dari Sepatu Air Jordan ini. Dimulai dari Air Jordan seri I hingga XXIII dan berkembang dengan Air Jordan Fusion. Diseri Fusion ini, sepatu-sepatu mendapat percampuran bahan dan features dari model-model sepatu Air Jordan yang telah ada sebelumnya.

Dan sekarang di blibli.com Anda dapat memiliki sepatu basket yang sangat fenomenal ini: Nike Air Jordan I atau Nike Jordan AJ1.

Sepatu berbahan berbahan synthetic leather upper yang didesain dengan EVA rubber mid sole, solid rubber out sole dan cushioning yang memberikan kenyamanan pada kaki serta fleksibilitas dalam bergerak. Tetapi menurut saya pribadi, dengan modelnya yang retro, sepatu ini lebih keren untuk dipakai jalan-jalan dibanding dipakai main di lapangan. Itu menurut saya, kalau Anda punya pendapat lain, silahkan…. 🙂


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY