Halo BlibliFriends readers, pertama-tama, saya atas nama diri sendiri dan Blibli.com mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin dulu ya, mohon maaf lahir dan batin. Mari kita memulai lembaran baru dengan saling memaafkan yang sebelumnya. Mari kita mulai lembaran baru ini dengan me-review BlackBerry Q5,  suatu perangkat dilengkapi sistem operasi BlackBerry 10 operating system yang bisa lebih masuk ke budget.

 

Q5 vs Q10

Masih ingat tulisan saya mengenai BlackBerry Q10 2 bulan lalu? Ada dua komentar yang mengatakan bahwa hanya demi kenyamanan, harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan Q10, terlalu tinggi. Well, tidak salah memang untuk banyak orang. Memang Q10 (dan Z10) memiliki banderol harga yang cukup tinggi. Kedua device itu diperuntukkan untuk kalangan yang sudah gerah dengan BlackBerry mereka yang memang sudah terbaik yang ada di pasaran dan mereka rela atau mampu mengeluarkan uang sebesar itu demi mendapatkan kenyamanan. Untuk BlackBerry, market ini ada, tapi tidak besar. Pengguna BlackBerry Curve, lebih banyak dibandingkan Bold. Semua kembali kepada harga.

Begitu juga dengan Q5. Dengan bentuk lebih sederhana, tempat penyimpanan lebih kecil (8GB dibandingkan dengan 16GB), kamera yang lebih rendah megapixelnya (5MP dibandingkan 8MP), Q5 bermaksud menyambar pasar middle low. Sebenarnya, setelah memegangnya, ada beberapa perbedaan yang bisa terasa sehingga banderol harganya berjarak hampir setengahnya. Kalau Q10 Rp7  juta-an, maka Q5 Rp4 juta-an. Desainnya terasa lebih murah dengan bahan-bahan dan bentuk yang dipilih. BlackBerry Q5 pun hadir dengan warna hitam, putih dan merah dengan arti menuju ke warna yang lebih berani, lebih playfull. Hal yang subjektif, ini penilaian saya.

Kunci dari BlackBerry adalah keyboard-nya. Saya merasakan Q10 masih lebih nyaman untuk mengetik dibandingkan dengan Q5. Bagi sebagian orang ini penting, bagi sebagian orang ini tidak, masalah jika dihitung perbedaan harganya yang cukup signifikan. Lagi-lagi, ini subjektif, saya kembalikan kepada Anda. 🙂

Secara keseluruhan, sebelum BlackBerry Messenger (BBM) hadir di iOS atau Android, kebutuhan untuk BBM masih ada di BlackBerry dan bagi saya kebutuhan itu krusial, apalagi kalau bisnis, usaha dan teman-teman sebagian besar ada di BBM. Dan untuk Rp4 juta, BlackBerry Q5 bisa dijadikan konsiderasi yang lumayan, bukan

 

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY