A..khir…..nya, BlackBerry Q10 diluncurkan juga di Jakarta dan sudah bisa di pre-order di Blibli.com.

BlackBerry Q10 2

Hal yang lumayan amat sangat ditunggu oleh penggemar BlackBerry di tanah air. Indonesia adalah salah satu market terbesar BlackBerry, yang dulu juga dikenal dengan nama Research in Motion atau RIM. Bila penggemar BlackBerry melewatkan atau sengaja menahan untuk tidak membeli BlackBerry Z10, sangat mungkin salah satu alasan terbesarnya adalah menunggu hadirnya Q10.

Mengapa? hanya 1 jawaban yang sangat krusial, QWERTY keyboard! Tidak ada yang bisa memungkiri kenyamanan mengetik di QWERTY keyboard. BlackBerry menyadari itu dengan menghadirkan mayoritas lineup smartphonenya memiliki QWERTY keyboard. Dan ini, Q10 adalah raja dari semua smartphone QWERTY keyboard.

BlackBerry Q10 memiliki sistem operasi BlackBerry 10, sama persis dengan pendahulunya, Z10. Ingat, jangan lupa mengupdate ke 10.1 untuk perbaikan umur baterai, dan perbaikan sistem kursornya. BlackBerry 10 sudah merupakan lompatan yang sangat jauh dari OS 6 dan 7. Hanya perlu waktu untuk membiasakan, seperti layaknya banyak hal baru. Rumah baru, kerja baru, pasangan baru…

Selain di QWERTY keyboard, perbedaan mencoloknya dalah di bentuknya (tentu saja) dan layarnya. Blackberry Q10 memiliki layar yang lebih kecil karena harus mengorbankan tempat untuk keypadnya. Layarnya berukuran 3.1″ dengan resolusi 720 x 720 (328 pixel per inch). Layarnya kotak, bujur sangkar, bukan persegi panjang seperti BlackBerry Dakota. Kali ini, sedikit lebih tinggi dan lebih tajam.

QWERTY keyboardnya agak berbeda dengan pendahulunya. Dakota mempunyai keyboard yang melengkung, sedangkan Q10 memiliki bentukan papan ketik yang datar. Ini kembali masalah preferensi.

Perbaikan yang signifikan bila dibandingkan dengan Dakota tentu juga bisa dilihat dari kameranya. Kali ini, snap & send terasa lebih nyaman dengan menggunakan BlackBerry Q10 berkamera 8MP, 3264 x 2448 pixels, sama dengan BlackBerry Z10. Melaporkan kejadian, gosip ke BlackBerry Messenger  Group terasa lebih nyaman,.. dan jelas!

Apalagi ya alasan untuk tidak menunda membeli BlackBerry Q10? Bagi saya cuma 1 dan itu sangat penting. Kenyamanan dalam berkomunikasi (email & chat) menggunakan QWERTY keyboard. 1 alasan, tapi lebih dari cukup. 🙂

 

 

 

Kadek

Kadek

Kadeko - Football for live, listen to Punk Rock and a "Red blood and White bones" person. A day without laughs is wasted for me.
Kadek

8 COMMENTS

  1. Kenyamanan dalam berkomunikasi (email & chat) menggunakan QWERTY keyboard. 1 alasan, tapi lebih dari cukup.

    Apakah tidak terlalu mahal harga yang harus dibayar untuk sebuah kenyamanan ^.^

  2. too much price nya untuk sebuah kenyamanan chat & e-mail. BB versi lawas juga uda bisa.. Kalo saja dr segi apps ada perbaikan (WhatsApp, Path, Instagram, UberSoc, Waze, dan ribuan game asik buat teman di kala menunggu kekasih) mungkin lain ceritanya. andaikan andaikan……. ah but I’m happy enough with my Nexus 4. Sounds cool too.. “NEXUS” compared to “Oppo” toh mas??

    • Tapi BB lama hang terus om. Gw sih gitu. Betul tuh kalo Path, Instagram, dll, akan lebih enak.
      Andaikan.. andaikan 😉
      Nexus 4 is a brilliant product as well. Plus minus against Oppo mas.. 😀

  3. saya sebetulnya bukan penggemar BB, tapi memakai BB karena untuk kepentingan bisnis online saya, krn bbrp fitur BB menarik utk dipakai sbg mobile marketing 🙂

    jadinya tidak sabar nunggu Q10, akhirnya ambil Z10 dulu, begitu Q10 nongol maka sepertinya saya perlu beralih ke Q10 karena betul kata mas Ario dengan reviewnya & kenyamanan keyboard fisik QWERTYnya merupakan value tersendiri yg sulit dibandingkan dengan iphone & galaxy note2 yang juga saya gunakan sehari-hari 🙂

    ya… sometimes utk sebuah kenyamanan tidak ada yang terlalu mahal kok … terutama jika sesuai kebutuhannya, cheers… 🙂

  4. BB belagio sy rusak. Smgg yll sy beli android yg touchscreen. Sy suka androidnya. Tp sy ga suka touchscreen nya. Apa mas ada refrensi android yg qwerty? Krn skrg sy jd malez n susah ngobrol krn susah ngetikny di hp. Kl andrpid qwerty yg speknya bagus apa ya mas? Kyknya kudu buru2 ganti hp kdn kerjaan sy jd tganggu gara2 sy susah ngetiknya. Tq bgt.

LEAVE A REPLY