Mengembangkan sayap ke industri smartphone bukanlah hal mudah. Persaingan yang sudah sangat ketat membuat pemain baru harus agresif dan juga inovatif. Tak heran kalau Acer yang sejak 3,5 tahun lalu telah memproduksi smartphone terlihat semakin gencar meluncurkan model-model terbarunya.

Buktinya, perusahaan asal Taiwan satu ini berani merambah semua segmen. Melalui smartphone andalannya, Liquid Jade, Acer pun berusaha menarik perhatian pasar kelas atas. Yap, harus diakui jika Acer Liquid Jade bisa dikatakan bakal menjadi smartphone segmen kelas atas karena dilengkapi dengan performa dan spek yang mumpuni.

Mau tau bagaimana review saya setelah coba menggunakan Acer Liquid Jade? Check this out!

 

Desain

Acer S55-Depan

Desain cantik dan mewah menjadi andalan Acer untuk Liquid Jade. Saat pertama kali melihatnya, Anda bisa langsung merasakannya. Untuk memberikan kesan mewah, Acer memasang warna hitam glossy pada tubuh Liquid Jade yang bermaterial polikarbonat. Bagian pinggirnya juga diberi aksen logam perak agar tidak membosankan. Saat memegang smartphone ini, Anda perlu hati-hati karena bahannya agak licin. Khususnya jika terkena keringat yang menempel di telapak tangan Anda.

Dengan dimensinya yang 140,5 x 69 x 7,5 mm, Acer Liquid Jade mantap dipegang. Ketebalannya yang 7,5 milimeter serta bodi belakangnya yang melengkung berhasil membuat ponsel ini terlihat tipis dan nyaman digenggam. Berkat desainnya yang melengkung ke belakang, Anda juga dapat mengoperasikannya dengan satu tangan. Sementara ujung-ujungnya yang membulat menjadikan Acer Liquid Jade tidak terkesan kaku.

Ponsel mengusung desain unibody sehingga tutup belakang tidak bisa dibuka. Untuk memasukkan kartu SIM, Acer menyediakan sebuah tray khusus di sisi kiri atas yang dapat menampung satu buah kartu SIM dan satu kartu Nano SIM. Bila hanya ingin menggunakan satu kartu SIM, Anda bisa mengganti kartu Nano SIM dengan kartu microSD. Ini merupakan salah satu keunikan Acer Liquid Jade.

Pada bagian samping kanan ponsel, Acer menempatkan tombol pengatur volume. Lalu sisi atas menjadi tempat tombol Power dan 3.5 mm headphone jack untuk menyambungkan ponsel dengan headphone. Di sisi bawah tersedia sebuah micro USB connector untuk menghubungkan ponsel dengan kabel USB atau charger.

Bagian depan Liquid Jade tampak bersih. Di atas layar sentuh terdapat sebuah speaker berbentuk lingkaran perak yang berguna untuk memperdengarkan suara lawan bicara saat Anda sedang menelepon. Speaker ini posisinya bersebelahan dengan ambient light, proximity sensors dan kamera depan 2 megapiksel yang bisa dipakai untuk video chat serta selfie. Di bagian belakang ada sebuah kamera utama beresolusi 13 megapiksel yang tampak menonjol, mikrofon, lampu kilat LED untuk pengambilan foto pada kondisi kurang cahaya, serta sebuah speaker berteknologi dts-HD.

Layar

Layarnya berukuran 5 inci dan sudah dilapisi Gorilla Glass 3 yang cukup berguna untuk mengurangi kotoran dan keringat dari jari. Acer membekali layar Liquid Jade ini dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan teknologi Zero Air Gap. Hasilnya, gambar dan tulisan yang dilihat pada layar tampak tajam dan detail baik saat dilihat di dalam ruangan maupun di bawah cahaya matahari. Kualitas layarnya juga amat baik saat dilihat dari berbagai sudut. Layar Liquid Jade s55 juga nyaman saat dipakai untuk menonton film yang ada di YouTube.

 

Software dan antarmuka

Acer Liquid Jade mengadopsi sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Pemakaian Android KitKat pada ponsel ini menghasilkan performa yang cepat, termasuk ketika kita melakukan multitasking. Di samping itu tersedia pula Acer custom UI modifications. Tampilan antarmukanya ini amat rapi, responsif serta mengikuti tren yakni memiliki tampilan ikon yang simpel.

Navigasi menggunakan kendali sapuan layar. Sapukan layar untuk membuka kunci layar. Jika menyapukan layar ke kiri, Anda bisa mengecek pemakaian data. Fungsi kendali pada layar sentuhnya juga dapat memakai satu atau dua jari dengan gerakan seperti mencubit layar.

Salah satu aplikasi yang menarik pada smartphone ini adalah Acer EXTEND yang memungkinkan kita mengontrol ponsel dari laptop. Kemudian tersedia pula aplikasi Acer Cloud serta aplikasi buatan Acer lain seperti Acer Music, Acer Photo dan Acer Video. Jika memakai aplikasi-aplikasi tersebut, kita bisa mengakses file yang ada di laptop via koneksi Wi-Fi. Kita juga tidak perlu menyimpan file lagi di smartphone karena hanya akan menghabiskan memori. Dengan Acer Cloud, kita dapat menyimpan file dengan kapasitas 1TB sampai 2TB secara gratis.

Liquid_Jade_black_LK_WP-02
Performa

Berdasarkan data dari aplikasi benchmark AnTuTu, Acer menyematkan chipset MT6582 dari MediaTek. Prosesornya mempunyai 4 inti dengan clock 1,3GHz GHz, sementara GPU memakai Mali-400 MP. Memori RAM-nya sendiri 1GB saja. Namun smartphone Android terbaru dari Acer ini lumayan stabil performanya, dalam artian jarang terjadi lag atau bug ketika dipakai. Di AnTuTu Benchmark ini Acer mendapatkan angka 18022 poin. Sedangkan di Quadrant Standard nilainya 7145 poin.

Baterai yang tersedia berkapasitas 2150mAh. Jika dipakai untuk browsing, menonton satu buah film berdurasi 45 menit di YouTube, memotret, dan memotret video singkat Acer Liquid Jade dapat bertahan sekitar 7-8 jam.

 

Kamera

Acer membekali Liquid Jade Duo dengan kamera belakang beresolusi 13 megapiksel dan f/1.8 aperture. Fitur pemotretan cukup banyak, yaitu Panorama, High Dynamic Range atau HDR, Bright Magic, Multi Angle View, Presentation dan AEB. Hasil foto mode HDR ini bagus dan bayangan menjadi tidak terlalu gelap.

Bright Magic cukup menarik. Bisa dipakai saat memotret pada kondisi pencahayaan rendah. Potret yang dibuat dengan mode ini cukup tajam dan detail. Kamera juga bisa digunakan untuk merekam video. Rekaman video cukup mulus dan tetap jelas bila dilakukan pada malam hari. Hasil kamera dari ponsel ini cukup menjanjikan, baik pada kondisi terang maupun kurang cahaya. Pemotretan pada malam hari juga bisa tetap jelas dan detail.

 

Hasil Foto

1. Pemotretan pada malam hari dengan ISO 800 dan lampu kilat

Acer S55-Kamera 1

2. Pemotretan pada siang hari dengan ISO 400

Acer S55-Kamera 2

 

 

Kesimpulan

Acer Liquid Jade merupakan smartphone kelas atas dengan performa prima dan desain mewah serta tipis. Bagi yang membutuhkan smartphone dengan performa bagus, Acer Liquid Jade layak dipertimbangkan. Apalagi pada Senin, 20 Oktober ini, ponsel ditawarkan dengan harga hanya Rp10 ribu di blibli.com.

 

Keunggulan:

(+) Desain berkelas dengan bezel tipis
(+) Tombol volume mudah dijangkau
(+) Hasil kamera bagus, baik kondisi terang maupun temaram
(+) Hasil video mulus

Liquid_Jade_white_HS_WP-06

Kelemahan:
(-) Bodi mudah kotor tapi dapat disiasati menggunakan sarung smartphone

 

Bagaimana, tertarik memilikinya?

Simak langsung penawaran spesial Acer Liquid Jade di blibli.com hari ini!

640x384xAcer-Liquid-Jade-carousel-r.jpg.pagespeed.ic.7jLCOjivVh

Mau Acer Liquid Jade  seharga Rp.10ribu? Klik disini!

 

Lebih jelasnya, lihat video promo Acer Liquid Jade berikut

1 COMMENT

LEAVE A REPLY