Ide Ngabuburit Bareng Anak

Seperti yang udah kita pahami, Ramadan kali ini sangat jauh berbeda dari biasanya, gausah dijabarin lagi tapi kamu semua pasti paham ya Friends akibat pandemi ini. Sedih ya? Tapi jangan khawatir, selalu ada hal baik kok! Contohnya bisa habisin waktu bareng anak. Ya gak nih Bapak-bapak? Apalagi momen Ramadan, yang sebelumnya kita kerja sampe malem dan cuma bisa ngabuburit saat weekend doang. Worry not kita bisa full bahkan sampe Ramadan usai untuk bareng terus sama anak kita! Bingung dong ngabuburitnya ngapain lagi?

Dari yang biasanya kita keliling komplek nyari angin sampe nyari takjil bareng anak. Nah, karena sekarang gak bisa keluar mending waktunya untuk ngelatih karakter anak pake cara seru! Dengan harapan, semoga ini bisa jadi momen #RamadanLebihBaik untuk bapak dan anak buat ngasah kemampuan anak dan bapaknya juga yang udah agak-agak tumpul kayak pensil belum diraut. Ini tips-tips nya ya!

  • Membantu Menghapal Doa Harian

Quanta Kids 50 Doa Harian Anak
Quanta Kids 50 Doa Harian Anak

Gak cuma buat si anak ngapalin aja, tapi kita juga bisa ngajarin arti dan konsep dari doa itu sendiri kayak gimana. Apa sih fundamental dari berdoa ini? Kenapa kita harus berdoa dan kapan waktu nya untuk berdoa yang paling mujarab. Ini kegiatan yang secara gak langsung bakal membekas di hati anak sampe mereka dewasa karena ketika mereka mau berdoa, mereka jadi tau dan inget kalo fundamentalnya kita yang ngajarin, bukan orang lain.

  • Main Monopoly

Hasbro Disney Frozen 2 Edition Monopoly Game
Hasbro Disney Frozen 2 Edition Monopoly Game

Dengan main Monopoly, bisa bikin kita dan anak terasah keterampilan untuk mengatur strategi, menggunakan uang, dan pengambilan keputusan dengan bijak! Anak juga akan terlatih untuk memahami dan bereaksi terhadap situasi yang macem-macem. Kita juga kangen kan waktu dulu kecil kita diajak main monopoly sama keluarga sebelum adanya gadget. Jadi jangan biarin anak asik sendiri ya!

  • Main Jenga

Hasbro Classic Jenga Mainan Anak
Hasbro Classic Jenga Mainan Anak

Next ada Jenga Classic. Game yang killing time ini bisa ngelatih anak kita untuk lebih pinter ngontrol emosi, analisa faktor resiko, dan ngembangin sensor motoriknya juga friends! Namanya permainan, bisa melatih si anak untuk lapang dada kalo kalah dan gak sombong kalo menang. Bisa main rame-rame juga dijamin #RamadanLebihBaik.

  • Main Lego

LEGO Classic 11004 Windows of Creativity Blocks Stacking Toys
LEGO Classic 11004 Windows of Creativity Blocks Stacking Toys

Kalo si anak udah nunjukin bakat-bakat kreatifnya, kita kasih mainan ini cocok banget untuk ngasah imajinasinya, sensor motorik untuk ngambil bagian-bagian yang kecil dan cocokin ke bagian yang punya ukuran yang pas, ngelatih disiplin, kesabaran, dan ketekunan. Tapi yang harus diajarin tentunya untuk beresin setelah main Lego. Karena kalo udah keinjek tuh mainan,  tau kan Friends lanjutannya?

Nah berikut tips dari aku, intinya kita gak boleh biarin dia asik sendiri dengan gadget nya, mumpung banyak waktu kita harus bonding biar kedepannya jadi ‘bro banget’ atau jadi ‘konco kentel’. Semangat ya ngabisin waktu bareng si kecil, dijamin berharga banget buat mereka!

*Artikel ini hasil kolaborasi dengan Bapak2ID

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY