Challenge Seru untuk Ramadan Lebih Baik Bersama Anak

Photo via Shutterstock

Tahun ini, kita menjalani Ramadan lebih berat dari biasanya. Tidak lain tidak bukan karena Corona. Kita harus menjauhi keramaian, dan mengurung diri di rumah. Tetapi, hikmah yang bisa kita ambil pada Ramadan kali ini adalah kita punya waktu yang berkualitas untuk keluarga kita, dan bisa membimbing anak menjadi individu yang lebih baik.

Biar membimbingnya lebih seru dan menantang, kita kemas dalam bentuk challenge untuk para Bapak dan Ibu nih. Kalo denger-denger omongan tetangga, kan sekarang senengnya yang challenge-challenge nih, gampang-gampang susah nih ya challenge nya. Pak Haji siap? Zidan siap? 

  • Bikin Plan Bareng

Ajak anak untuk bikin to-do-list selama Ramadan, bisa isi jadwal sholat, jadwal ngaji, sampe sedekah setiap harinya. Dilengkapi dengan jam-nya juga ya, biar si anak jadi disiplin dan terorganisir! Semangat!

  • 1 Hari, 1 Kebaikan

Selanjutnya kita bisa kasih mereka challenge 1 hari 1 kebaikan. “Kaya gimana tuh min?” Jadi, kita ajarin dulu nih, dampak positif apa yang bakal mereka dapetin kalo mereka berhasil berikan 1 kebaikan di bulan Ramadan. Contoh bantu cuci piring, dampak positif nya adalah bisa bikin Ibu happy karena kerjaannya cepet beres, dan aura positifnya jadi kerasa seisi rumah. Harus konsisten ya!

  • Kultum sebelum Buka Puasa

Kultum enggak harus melulu tentang agama ya. Sesuai namanya yaitu Kuliah Tujuh Menit, kita bisa ngasih ‘kuliah’ ke anak kita sebelum adzan maghrib di meja makan, contohnya kita bisa ceritain gimana dulu waktu Bapak masih muda, gimana dulu Bapak dan Ibu bertemu, kenapa Ibu suka marah kalau adek bandel, kenapa Papa jadi sebel kalo pulang kantor mainan berantakan, dan sebagainya. Intinya mengenai pelajaran hidup yang bisa mereka cerna sesederhana mungkin. Jadi jangan hanya dikasih tau “Jangan bandel ya nanti Bapak marah!”, dia akan bingung karena dia gak tau kenapa itu perbuatan salah. Oke? Seru kan? Hmm gak sabar jadi Bapak..

  • Beliin Al Qolam Hafiz

Al Qolam Hafiz Junior Boneka Elektronik
Al Qolam Hafiz Junior Boneka Elektronik

“Apaan tuh pak?” Jadi ini boneka untuk nemenin anak-anak belajar AlQuran. Boneka ini membantu anak kita menghafal AlQuran dan mampu memberikan stimulasi tentang edukasi Islam dari kecil. Namanya anak-anak kan ya, harus dibikin seneng dulu biar semangat belajarnya. Very worth to buy!

Itu aja challenge-challenge yang menantang untuk para Bapak Ibu, apalagi bisa konsisten setiap hari sampe Idul Fitri. Selamat mencoba! Jangan lupa Bismillah ya!

*Artikel ini hasil kolaborasi dengan Bapak2ID

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY