Buah Kurma, Kudapan Khas Ramadan Dengan Banyak Manfaat Kesehatan

Setiap memasuki bulan Ramadan, buah kurma selalu menjadi primadona. Bubu dapat dengan mudah menemukan buah yang satu ini. Kurma yang diketahui memiliki lebih dari 30 jenis varian dari berbagai negara ini memiliki bentuk, tekstur, dan rasa yang berbeda-beda. Hal ini menjadi ciri khas masing-masing varian. Namun sebagian besar varian kurma memiliki rasa yang manis dan legit, sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Ternyata selain rasanya yang lezat, kurma juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh kita lho. Yuk, cek berbagai manfaat kurma bagi kesehatan berikut ini!

  • Sumber Asupan Gula Alami

Kurma adalah sumber gula alami atau fruktosa yang baik.  Gula alami ini memberikan rasa manis mirip karamel yang lezat. Kandungan gula alami pada kurma dapat menjadi alternatif gula putih yang lebih sehat. Oleh karena itu, kurma cocok dijadikan hidangan berbuka puasa karena dapat membantu menaikkan kadar gula yang sedang turun setelah seharian berpuasa.  Selain dimakan langsung, kurma juga cocok dijadikan topping kue atau dibuat minuman seperti susu kurma.

  • Mencegah Sembelit

Selama berpuasa, tubuh mengalami perubahan kebiasaan dan waktu makan yang dapat mempengaruhi fungsi pencernaan. Selain mengonsumsi banyak cairan saat sahur dan berbuka (air mineral, susu, jus buah) agar pencernaan tetap lancar, Bubu juga bisa mengkonsumsi makanan berserat seperti kurma. Dalam 3,5 ons kurma, terdapat hampir 7 gram serat yang baik untuk kesehatan pencernaan dan dapat membantu mencegah sembelit.  Serat dalam kurma juga membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga walaupun mengandung gula, konsumsi kurma dalam jumlah normal akan mencegah kenaikan kadar gula yang terlalu tinggi.

  • Kaya Protein dan Vitamin

Jika Bubu membutuhkan tambahan asupan protein nabati, kurma bisa menjadi jawabannya. Kurma adalah sumber protein yang baik. Mengkonsumsi kurma dapat membantu kita tetap bugar dan menjaga otot kita tetap kuat, bahkan saat berpuasa. Selain protein, kurma juga mengandung vitamin seperti B1, B2, B3, B5, dan C. Konsumsi kurma setiap hari dapat menggantikan konsumsi suplemen vitamin, lho.

  • Menjaga Kesehatan Wajah

Manfaat kurma ternyata tidak hanya terbatas untuk kesehatan tubuh saja, Bubu. Kandungan vitaminnya juga memberikan manfaat bagi kulit wajah.  Vitamin C dan D pada kurma bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga kulit tetap halus. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan antioksidan dengan manfaat anti-aging dan mencegah penumpukan melanin terutama pada wajah.

Selain manfaat di atas, tentu masih banyak manfaat lainnya dari buah kurma. Jadi tidak ada salahnya jika selama bulan Ramadan ini Bubu menyiapkan buah kurma untuk berbuka di rumah. Berbagai jenis kurma berkualitas bisa Bubu temukan di Bliblimart ya!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY